alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Selasa depan, pemerintah tawarkan lebih banyak SUN bertenor panjang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b379eff582b2e555d8b4567/selasa-depan-pemerintah-tawarkan-lebih-banyak-sun-bertenor-panjang

Selasa depan, pemerintah tawarkan lebih banyak SUN bertenor panjang

Selasa depan, pemerintah tawarkan lebih banyak SUN bertenor panjang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam lelang Surat Utang Negara (SUN) yang akan berlangsung, Selasa (3/7), pemerintah tidak kembali menawarkan seri FR0064 yang bertenor 10 tahun. Pemerintah pun fokus menawarkan seri dengan tenor yang lebih panjang.
Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR), Kamis (28/6) terdapat lima seri SUN yang akan ditawarkan.

Pertama seri SPN12181004 yang akan jatuh tempo pada 4 Oktober 2018. Kedua, seri SPN12190704 yang akan jatuh tempo pada 4 Juli 2019.
Ketiga, seri FR0063 dengan tenor lima tahun ditawarkan dengan tingkat kupon sebesar 5,63%. Keempat, seri FR0065 memiliki tenor 15 tahun pemerintah menawarkan tingkat kupon sebesar 6,63%.

Terakhir, seri FR0175 dengan tenor 20 tahun pemerintah akan tawarkan dengan tingkat kupon sebesar 7,5%.
Analis Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management Indonesia Anil Kumar menilai langkah pemerintah fokus melelang seri tenor yang lebih panjang sudah tepat.

"Selama ini pemerintah keliru, kemarin-kemarin banyak menerbitkan seri tenor jangka pendek atau 10 tahun kebawah di saat imbal hasil dalam tren rendah jika dibandingkan dengan imbal hasil saat ini," kata Anil. 
Menurut Anil ketika imbal hasil renah harusnya pemerintah ambil kesempatan untuk menerbitkan obligasi jangka panjang. Namun, perkiraaan pemerintah ternyata kurang tepat karena kini imbal hasil dalam tren naik bukan malah turun.
Jika pemerintah tetap menerbitkan lebih banyak obligasi jangka pendek maka imbal hasil akan bergerak flat. Diharapkan dengan fokus menawarkan surat utang tenor panjang imbal hasil akan lebih menarik buat investor asing masuk.
Ditengah rupiah yang melemah maka pemerintah membutuhkan cadangan devisa untuk menstabilkan rupiah. Cadangan devisa bisa diperoleh dengan masuknya investor asing melalui surat utang. Penawaran obligasi jangka panjang dengan imbal hasil tinggi akan menarik investor asing, dana pensiun dan perusahaan asuransi untuk masuk ke pasar surat utang Indonesia.
"Kalau pemerintah butuh uang untuk defisit APBN saya rasa obligasi jangka panjang cocok ditawarkan asalahkan juga memberikan imbal hasil tinggi agar investor tertarik, kalau imbal hasil tidak tinggi nanti investor akan banyak masuk di obligasi jangka pendek," kata Anil.

sumur

lagi butuh uang emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
uangnya (sudah tidak) ada, tinggal kita mau (ngutang) apa tidak emoticon-Traveller
investor demennya sukuk, hahaha
Banyak penawaran.
Lebih dari 90 persen modal sektor perbankan bisa dikuasai asing. 40 persen surat utang pemerintah dipegang asing dan porsi investor asing di pasar saham sekitar 60 persen.
kalo kupon cuma segitu
mending belikan emas atau us dollar
mending beli emas kemana2
uangnya ada tinggal mau kerja apa ndak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Bacot asal jeblak ndak mikir emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Lanjut 100 periode di planet namec emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


ya, kenapa ya om? gw aja bingung. sukuk laku keras. giliran SUN memble. emoticon-Bingung


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di