alexa-tracking

Wacana Prabowo Pindahkan Makam Pahlawan Malah Kotak-kotakkan Warga

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3768f3d675d4d6788b4568/wacana-prabowo-pindahkan-makam-pahlawan-malah-kotak-kotakkan-warga
Wacana Prabowo Pindahkan Makam Pahlawan Malah Kotak-kotakkan Warga
Rencana Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memindahkan makam pahlawan nasional ke daerahnya masing-masing ditentang sejumlah pihak. Pemindahan ini dinilai hanya akan mengkotak-kotakkan masyarakat di tengah nasionalisme yang terus digelorakan.

Sejarawan dan dosen Universitas Indonesia Abdurakhman menilai, rencana itu justru akan menurunkan rasa nasionalisme masyarakat. Para pahlawan nasional merupakan milik masyarakat Indonesia bukan semata milik daerah mereka.

"Sebenarnya tidak perlu karena kita Indonesia. Ini Indonesia sehingga pahlawan Diponegoro tidak dimiliki Jawa doang, Imam Bonjol bukan dimiliki Padang doang. Tapi juga merasa dimiliki oleh wilayah Indonesia lainnya," kata pria yang karib disapa Maman saat dihubungi kumparan, Jumat (29/6).

Maman menilai, keberadaan makam pahlawan bukan di daerah asalnya akan mempererat rasa nasionalisme dan kecintaan masyarakat terhadap pahlawan nasional. Pemindahan makam ini malah akan mengkotak-katakkan masyarakat.

"Jadi bukan sebuah satu primordial lagi, tapi menjadi satu unity kesatuanlah bahwa Indonesia ini tidak lagi ketika ditanya lagi Jawa, Sumatera, tapi ketika bicara itu Indonesia satu," jelas dia.

"Iya jangan terkotak-kotaklah nanti terlalu sempit memaknai Indonesia," ujar dia.
Maman mengatakan, keberadaan para pahlawan di wilayah pengasingan tidak bisa dilihat sebelah mata. Perjuangan mereka membela daerahnya juga bisa dirasakan meski mereka berada di wilayah pengasingan. Semangat ini juga dirasakan di wilayah yang jadi tempat para pahlawan diasingkan.

"Bukan semata dibuang. Di sana proses perjuangan tetap berjalan, komunikasi mereka dengan masyarakat itu juga berjalan," tutur dia.

Alasan yang digunakan Prabowo untuk memindahkan makam para pahlawan juga dinilai tidak tepat. Bagi Maman, yang paling penting justru menanamkan nilai-nilai perjuangan, patriotisme, dan nasionalisme tidak perlu harus memindahkan fisik sang pahlawan.

"Yang kita butuhkan semangat nasionalismenya. Jangan lagi terkotak-kotak. Pengkotak-kotakan suku, ras agama enggak usahlah, jangan diributin. Kalau begini diributin, Indonesia kapan majunya," kata dia.

"(Semangat) yang ada dirawat, dikembangkan, ditanamkan semangat juangnya. Bukan fisiknya semata, tapi semangatnya nilai juangnya," tegas Maman.

Maman menyarankan, Prabowo lebih baik mendorong pemerintah untuk melakukan perbaikan dan pengembangan makam para pahlawan. Bisa saja, makam para pahlawan dikembangkan menjadi wisata sejarah yang bernilai.

"Itu kan di bawah Kemeterian Sosial, itu ada sebenarnya dananya tinggal mau dirawat sebagai satu tempat wisata untuk menanamkan semangat nasionalismenya. Kan pemerintah yang punya dana, masyarakat juga dilibatkan," ucap dia.

https://kumparan.com/@kumparannews/w...31110790535567

Politik gaduh.. suka fitnah, nakut2in dan kotak-kotakkan warga
Tobat kamu wo, nasib partaimu di pilgub mengenaskan..

Wacana Prabowo Pindahkan Makam Pahlawan Malah Kotak-kotakkan Warga
image-url-apps
wah saya jelas SANGAT TIDAK SETUJU....katene di gawe opo makam tokoh pahlawan kok di pindah2??
gak usah aneh2 lah pak,gobloknya itu di ilangin !!
gak terimo aq cuk emoticon-Leh Uga
NAH LHO!!!!!

Belum jadi presiden aja, rencananya udah bikin kontroversi

gimana kalo jadi presiden????
KASKUS Ads
Tobat wo! tobat! gak malu sama kudamu wo!
Ini yang bikin Indonesia bubar kalo sampe jadi Pesinden emoticon-Big Grin
image-url-apps
Saya dukung pak, jangan sampe keduluan reality show "Pimp my Grave"
image-url-apps
Ajaib emang si kuda
Wkwkwk
Bayangin kalau dulu Bowo alpenlibe ini yg jadi presiden, bisa jadi tdk berhenti di wacana aja

image-url-apps
wowo emg nampol gobloknya
image-url-apps
kebanyakan maenan tik tok yah
image-url-apps
kalijodo aja pindah ke rumah lo di bogor yg luas
image-url-apps
lebih percaya dukun sih
emoticon-Big Grin
image-url-apps
Tolong biarin jasad mereka terbaring dengan tenang, pak, masa mau dipolitisasi juga?
image-url-apps
ORANG DONGOK IDENYA JG DONGOK.....

jd inget anies yg mo ganti nama jalan rasuna said sm halte Trisakti . giliran bikin infrastruktur buat warga ky rmh DP 0% gak becus ....
image-url-apps
Wowok !! Kuda napa yakkk
image-url-apps
Hadeh.

Otak buntu sudah...
image-url-apps
ga pernah belajar

JAS MERAH

neh manusia
ini bocah ngapa yak

bocah ngapa yakk emoticon-Wkwkwk
mindahin makam apalagi makam pahlawan biayanya ga sedikit, ngaku2nya ga punya duit sampai minta2....emoticon-Ngakak
image-url-apps
Kasih tau wowo fu ck itu
Makam Pangeran Diponegoro itu bukan ditengah pasar

Dasar laki2 tanpa burung, asal sebut aja
×