alexa-tracking

[Aku dan Koleksiku] Uang Rupiah dan sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b37435c582b2e65238b4568/aku-dan-koleksiku-uang-rupiah-dan-sejarah-yang-tersimpan-di-dalamnya
[Aku dan Koleksiku] Uang Rupiah dan sejarah yang tersimpan di dalamnya.
[Aku dan Koleksiku] Uang Rupiah dan sejarah yang tersimpan di dalamnya.


Jujur saja, TS kalau baca atau diceritakan hal-hal yang berbau sejarah, pasti betah untuk menyimaknya. Entah kenapa, kalau mendengar sejarah-sejarah kaya ada rasa semangat yang muncul tiba-tiba. Tetapi kalau urusan belajar dan menghafal sejarah, TS angkat tangan. emoticon-Hammer (S)

Terus kenapa bisa jadi koleksi uang Rupiah? Mungkin awalnya TS waktu SD pernah menemukan uang 5 Rupiah di kebun deket rumah. Dari situlah rasa ingin memiliki (yaelah emoticon-Ngakak (S)) dan mengoleksi uang-uang Rupiah kuno atau jadul muncul.

Bukan hidup namanya kalau tidak ada tantangannya. Rasa ingin mengoleksi pun akhirnya sirna karena kalau beli di pedagang “katanya” harganya mahal, dan buat kolektor sejati saja yang bisa beli. Akhirnya hanya bisa memendam rasa. emoticon-Frown

Lalu, setelah bekerja, TS tidak sengaja menemukan ada yang menjual uang-uang Rupiah kuno ini di internet. Waktu itu di situs lelang. Biasalah, niat cari barang apa, muter-muter terus tertarik jadinya nyoba-nyoba menyimpan tawaran. Maklum lelang itu tidak bisa beli langsung. Ada yang bisa, hanya harganya bisa menguras kantong.

Nah, yang uniknya, TS bisa ngoleksi uang-uang ini bukan beli di Indonesia, tetapi waktu TS lagi tinggal di Jepang. Jauh-jauh ke Jepang cuma buat beli uang Rupiah, di emperan juga banyak di Indonesia. emoticon-Hammer (S)

Uang yang TS pertama beli sudah lupa yang mana, karena TS ngg beli sekali-dua kali, hampir tiap bulan waktu gajian pasti nyisihin buat beli. Untuk yang paling murah, TS pernah beli uang Rupiah logam satu kilo dan dimahar 2.000 yen. Dapatnya macam-macam, mulai dari 1 Rupiah, sampai 100 rupiah yang biasa dipakai kerokan. emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Untuk yang termahal, bisa sampai 10.000 yen kalau tidak salah TS pernah beli. Sekitar 1 juta Rupiah dan hanya dapat 1 lembar. emoticon-Frown Untuk yang paling mahal yang pernah TS lihat adalah uang logam pecahan 100.000 yang ada gambar komodonya. Coba tebak berapa harganya! Waktu itu penjualnya memasang harga 350.000 yen atau sekitar 35 juta Rupiah. Dalam hati cuma bisa bilang: sialan, penjualnya tahu aja barang bagus. emoticon-Ngakak (S)

Walau begitu, sebenarnya uang Rupiah kuno itu tidak ternilai harganya. Uang-uang itu pernah menjadi bagian dari tumbuhnya bangsa Indonesia, semangat nasionalisme dan menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Koleksi ini juga semoga bisa TS ceritakan pada anak cucu, agar mereka bisa lebih menghargai Rupiah yang bukan hanya sekedar uang, tapi identitas bangsa yang harus dijaga. Selain itu, jangan sampai Rupiah punah dan menjadi uang “cendera mata” seperti yang terjadi dengan mata uang negara Zimbabwe.

Di bawah ini TS lampirkan beberapa gambar uang koleksi TS. emoticon-Big Grin
Tanda air TS semangatkan untuk menghindari penyalahgunaan gambar untuk berbagai modus.


Spoiler for Kumpulan semua koleksi TS:

Spoiler for Uang Rupiah Gambar Soekarno:

Spoiler for Uang Rupiah gambar Jenderal Soedirman:

Spoiler for Uang Rupiah 2 setengah:

Spoiler for Uang Rupiah (?) dalam bentuk sen:


fadw.crtv

2018/6/30
reserved
image-url-apps
wuih mantab bray emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
keren dagh lu TS wkwkwkwk
kemarin ada yang majang koleksi kaya ts
tapi versi rombeng emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:

emoticon-Betty (S)

Quote:

Masih dikit emoticon-Berduka (S)

Quote:

Maklum gan, ada yg masih bagus ada yg udah agak lusuh. Namanya barang lama emoticon-Big Grin
image-url-apps
wah keren nih ada 1 rupiah
image-url-apps
punya uang soekarno yg bisa melengkung sendiri ga gan?
image-url-apps
Baru tau kalo jaman dulu ada uang 2 ½ . kok sekarang gak ada ya uang 2500
×