alexa-tracking

Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b373d825a516338568b456a/ini-dia-10-srikandi-pemimpin-jawa-timur
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur

Surabaya, IDN Times - Pesta demokrasi 2018 di Jawa Timur memunculkan wajah-wajah birokrat baru. Uniknya, sebagian dari mereka merupakan perempuan. Mereka pun menambah panjang daftar pemimpin perempuan di Jatim. Berikut 10 perempuan yang menjadi pemimpin di provinsi tersebut.


1. Khofifah Indar Parawansa
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Terpilih dengan selisih suara sebanyak 7 persen dari Gus Ipul-Mbak Puti versi hitung cepat Pilkada 2018, Khofifah menjadi gubernur wanita pertama di Jawa Timur. Wanita yang sempat menjabat sebagai Menteri Sosial RI ini sempat mencalonkan diri menjadi gubenur Jatim sebanyak 3 kali sejak tahun 2008. Setelah kalah 2 kali dengan Soekarwo, akhirnya Khofifah dapat menduduki posisi tertinggi di Provinsi Jawa Timur.


2. Puput Tantriana Sari
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Berbeda dengan Khofifah yang gagal di pilkada sebanyak 2 kali, Tantri merupakan petahana Bupati Probolinggo sejak 2013. Ia meneruskan jabatan mantan suaminya yaitu Hasan Aminuddin yang juga menjabat selama dua kali. Pada Pilkada 2018 ini, Tantri meraup 56 persen suara dibanding kedua tim lawannya. Tantri pun dipastikan akan menjadi Bupati Probolinggo selama 2 periode.


3. Mundjidah Wahab
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Mundjidah merupakan calon petahana yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Bupati Jombang periode 2013-2018. Saat ini, hasil hitung cepat memenangkan Mundjidah dan pasangannya Sumrambah. Karenanya, wanita berumur 70 tahun ini akan menjadi Bupati Jombang dan menambah srikandi pemimpin di Jawa Timur.


4. Ika Puspitasari
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Wanita sebagai pelanjut tonggak kepemimpinan juga dilakukan oleh Ning Ita, sapaan akrab Ika Puspitasari. Adik dari Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus ini berhasil meraup suara mayoritas di Pilkada Mojokerto 2018. Berpasangan dengan Rizal Zakaria, Ning Ita mengungguli 3 pasangan kandidat lainnya.


5. Anna Muawanah
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Perempuan satu ini juga luar biasa. Anna Muawanah mampu mengalahkan 3 lawan laki-laki pada Pilbup Bojonegoro 2018. Berpasangan dengan Budi Irawanto, Anna memperoleh 35,2 persen suara. Mantan anggota DPR RI ini pun menggantikan kepemimpinan Bupati Bojonegoro sebelumnya, Suyoto yang menjabat selama 2 periode.


6. Faida
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Wanita berusia 49 tahun ini merupakan Bupati Jember periode 2016-2021. Faida, yang berprofesi awal sebagai seorang dokter, telah mengantongi segudang prestasi terutama terkait profesinya sebagai dokter. Bersama wakilnya Abdul Muqit Arief, Faida menjadi bupati wanita pertama di Jember.


7. Haryanti Sutrisno
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Wanita kelahiran Malang ini merupakan Bupati Kediri. Ia menjabat sebagai Bupati selama 2 periode hingga 2021 nanti. Ia merupakan istri pertama dari bupati Kediri pendahulunya, Sutrisno. Dikenal sebagai dokter dan pengusaha sukses, Haryanti merupakan salah satu bupati terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai Rp 41 Miliar.


8. Dewanti Rumpoko
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Berangkat dari kalangan akademisi, Dewanti Rumpoko menjabat sebagai Walikota Batu. Ia berhasil meraih hati rakyat untuk menggantikan jabatan suaminya, Eddy Rumpoko. Eddy sendiri saat ini berada di tahanan KPK. Bersama Punjul Santoso, Dewanti akan memimpin kota Batu hingga 2022 nanti.


9. Rukmini Buchori
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Tak hanya Kabupaten Probilinggo, rupanya Kota Probolinggo pun menjatuhkan hatinya kepada wanita untuk menjadi pemimpin. Rukmini Buchori merupakan Wali Kota Probolinggo periode 2009-2014. Ia meneruskan jejak suaminya M Buchori sebagai Wali Kota Probolinggo yang telah menjabat selama dua periode. Sebelum menjadi bupati, Rukmini merupakan anggota DPR RI Komisi VIII.


10. Tri Rismaharini
Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur
Siapa yang tak kenal Risma? Wali Kota wanita pertama di Surabaya ini telah menyumbang segudang prestasi untuk Surabaya. Kala pilkada serentak 2015 silam, bersama Wisnu Sakti Buana, Risma bahkan mengantongi 86,34 persen dari total suara.

Ia menjadi wali kota selama 2 periode hingga 2021 mendatang. Bahkan, nama Risma juga berulangkali mendapati penghargaan sebagai wali kota terbaik di dunia. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur Transformasi Muhammad Fadli, Pembalap yang Jadi Atlet Paracyling

- Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur Gus Ipul Sebut Ada Kecurangan, Bawaslu Minta Segera Lapor

- Ini Dia 10 Srikandi Pemimpin Jawa Timur Begini 4 Cara Lembaga Survei Memengaruhi Pilihan Politik

×