alexa-tracking

Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b36e67d1ee5dfd0288b4572/bandara-ngurah-rai-sudah-dibuka-lagi
Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi
Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi
Suasana di terminal keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, setelah kembali dibuka sehubungan aktivitas Gunung Agung, Jumat, (29/7/2018).
Bandar Udara (bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, kembali beroperasi setelah tutup selama lebih dari 11 jam menyusul erupsi Gunung Agung pada Kamis, (28/6/2018). Bandara dibuka kembali mulai pukul 14.30 WITA, Jumat, (29/6), karena tak ada lagi sebaran abu vulkanik Gunung Agung di ruang udara bandara.

"Evaluasi kami tetap terhadap perkembangan yang ada," kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Kelas I Ngurah Rai, Herson, Jumat, (29/6).

Adapun kedatangan domestik pertama setelah pembukaan kembali Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah Garuda Indonesia GA 7027 Labuan Bajo-Denpasar pukul 17.33 WITA. Sedangkan kedatangan internasional pertama ialah SilkAir MI 176 Singapura-Denpasar, pukul 18.11 Wita. Adapun keberangkatan pertama internasional adalah Citilink Indonesia QG 8830 Bali-Wuhan, pukul 18.30 WITA.

Penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dimulai Kamis pukul 03.00 WITA. 276 penerbangan domestik dan internasional pun mengalami pembatalan.

Peneutupan sempat akan diberlakukan selama 16 jam atau hingga Jumat pukul 19.00 WITA. "Yang kami takutkan tadi pagi (Jumat) gunung terus mengeluarkan abu vulkanik, ternyata jam 06.00 WITA sudah turun," ujar Herson. Itu sebabnya rapat evaluasi bandara memutuskan bandara dibuka kembali lebih cepat dari perencanaan.

Adapun Significant Meteorological Information (SIGMET) pada 29 Juni menunjukkan sebaran abu vulkanik dari permukaan mencapai ketinggian 16.000 dan 23.000 kaki. Namun tidak ada abu vulkanik di atas wilayah Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Arah angin pun cenderung dari timur ke barat laut dan ini pula menjadi pertimbangan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC).

"Abu vulkanik sebagian sudah turun akibat hujan. Sebagian turun ke laut," kata Herson berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan data terbaru Bandara I Gusti Ngurah Rai, pembatalan kedatangan (cancel) internasional berjumlah 59 penerbangan. Alhasil 6.344 orang penumpang pesawat (pax) terpengaruh. Adapun pembatalan keberangkatan internasional berjumlah 56 penerbangan dengan penumpang 6.560 orang.

Sedangkan kedatangan domestik berjumlah 100 penerbangan dengan jumlah penumpang 6.781 orang. Sementara cancel keberangkatan domestik mencapai 103 penerbangan dengan jumlah penumpang 7.177 orang. Jadi, jumlah keseluruhan domestik mencapai 203 penerbangan dan jumlah penumpang 13.958 orang.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika sempat meninjau situasi kala bandara masih ditutup. Ia menjelaskan ada 50 unit yang disiapkan untuk menunjang fasilitas alih moda transportasi, termasuk bus gratis. "Kami sudah mempelajari dari yang lalu, SOP untuk menangani persoalan ini," katanya.

Berdasarkan rekapitulasi pihak bandara pada Jumat pukul 17.30 sampai 18.25 WITA, ada 611 penumpang yang menggunakan bus sebagai alih moda transportasi. Untuk tujuan ke Bandar Udara Juanda, Surabaya, berjumlah 422 orang. Sedangkan untuk tujuan ke Jakarta berjumlah 131 orang.

Adapun yang menuju ke Pelabuhan Padang Bai, 57 orang. Sedangkan tujuan Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, hanya satu penumpang.

Zulpan, salah seorang penumpang maskapai penerbangan Citilink, kebingungan menentukan rencana pulang ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Zulpan enggan mengikuti anjuran menjadwal ulang pemberangkatan ke Balikpapan pada hari Selasa (3/7).

"Enggak mau tunggu empat hari, itulah yang saya pikirkan, pengeluaran (biaya menginap) lagi," katanya.

Berdasarkan jadwal penerbangan, seharusnya ia sudah berangkat Jumat pukul 16.05 WITA dari Bali menuju Balikpapan. Namun, sampai pukul 17.15 WITA, Zulpan dan istrinya masih menunggu di sisi pintu masuk keberangkatan.

"Saya minta carikan (jadwal) yang cepat Sabtu atau Minggu, tapi sudah penuh," kata Zulpan. Ia masih memikirkan rencana selanjutnya, tapi Zulpan masih mempertimbangkan naik bus menuju Surabaya.

"Perjalanan (darat) jauh sekali," katanya.
Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ah-dibuka-lagi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi Suku bunga BI naik lagi, KPR dilonggarkan

- Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi Siti Aisyah dan nego perlindungan TKI di Malaysia

- Bandara Ngurah Rai sudah dibuka lagi Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham