alexa-tracking

Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b36cffdc0d7708a6b8b456a/gaet-investor-kecil-bursa-akan-turunkan-satuan-lot-saham
Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham
Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham
Sejumlah pengunjung di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/6/2018). Jumlah investor lokal Indonesia masih rendah.
Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menurunkan jumlah saham dalam satu lot menjadi hanya 20-50 saham. Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widito Widodo, saat ini tiap satu lot saham berisi 100 saham. Lot adalah satuan minimal dalam perdagangan saham.

Artinya, jika perubahan satuan lot saham benar-benar diubah, maka akan mengurangi jumlah biaya yang dikeluarkan pelaku pasar dalam membeli satu lot saham. Dengan penurunan satuan lot saham, maka diharapkan jumlah pelaku pasar ritel alias investor dengan kecil semakin bertambah.

"Jadi, harga saham lebih terjangkau, buat orang dengan modal kecil bisa mainin saham," terang Laksono Jumat (29/6/2018) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Dulu, satu lot setara dengan 500 lembar saham. Satuan ini diperkecil pada November 2013 lalu, menjadi 100 lembar untuk tiap lot saham.

Di beberapa negara, jumlah lot berbeda beda. Singapura, Malaysia, dan Tiongkok juga menetapkan satu lot setara 100 lembar saham.

Menurut Laksono, pengkajian perubahan jumlah satuan lot saham baru akan dilakukan pada tahun depan. Tahun ini, regulator BEI akan fokus merealisasikan sistem penyelesaian transaksi jual dan beli saham di pasar modal menjadi dua hari (T+2) dari saat ini tiga hari (T+3).

Kamis (28/6/2018) lalu, BEI mengumumkan penyelesaian transaksi selama tiga hari akan diterapkan terakhir pada 23 November 2018. Dua hari berikutnya, mereka akan memulai dan beradaptasi dengan model penyelesaian transaksi dua hari. Nah, pada 26 November 2018 dan seterusnya, perdagangan saham akan dilakukan dengan sistem penyelesaian T+2.

Selama ini jumlah investor lokal di pasar modal Indonesia terhitung rendah. Belum ada 1 persen dibanding jumlah penduduknya.

Menurut data BEI yang dikutip dari Bisnis.com, investor saham ritel berdasarkan single investor identification (SID) sudah mencapai 710 ribu SID per Jumat (22/6/2018).

“Sekarang 710 ribu, sampai akhir tahun bisa 800 ribu, lebih optimis lagi dan tahun depan rasanya bisa 1 juta investor, apalagi ada SPM (sekolah pasar modal) online,” katanya, Nicky Hogan, Direktur Pengembangan Bursa, Bursa Efek Indonesia, Senin (25/6/2018).

Pada 22 Mei 2018 lalu, menurut Bisnis.com jumlah investor sudah mencapai 701.151 investor. Artinya, dalam sebulan jumlah investor naik hampir 10 ribu investor baru.

Bila dibandingkan jumlah SID per akhir 2017 yang sebanyak 628.491 investor, pertumbuhan jumlah investor dari akhir tahun lalu hingga akhir pekan lalu mencapai 13 persen.

Keberadaan investor lokal ini penting karena bisa menjaga stabilitas pasar dan mengurangi larinya dana pasar ke luar negeri. Selama ini, dana di pasar modal mudah keluar. Sebab, mayoritas dana itu dimiliki investor asing.

Investor asing masih mendominasi pasar modal. Per September 2017, porsi kepemilikan asing di pasar saham masih lebih dari separuh, 52,23 persen.

Alfred Nainggolan, Kepala Riset Koneksi Kapital kepada Tirto menjelaskan kenapa investor lokal lambat berkembang.

Pertama, kondisi makro ekonomi. Sebagian masyarakat menilai investasi belum menjadi hal yang wajib. Mereka baru akan berinvestasi jika seluruh konsumsi sudah tertutup. Dengan kata lain, apabila kondisi makro ekonomi sedang tidak baik, maka kemampuan untuk berinvestasi juga bakal tergerus.

Kedua, lambatnya proses literasi mengenai pasar modal secara merata. Tidak bisa dibantah, pemahaman masyarakat mengenai pasar modal memang masih rendah.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan dua tahun lalu, masyarakat yang sudah tahu soal pasar modal mencapai 4,4 persen. Tapi yang memanfaatkannya baru 1,25 persen.
Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tuan-lot-saham

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham Bawang, Fredrich Yunadi, Erdogan di tengah Pilkada dan Pilpres

- Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham Dua pilihan pengangkatan KM Sinar Bangun

- Gaet investor kecil, Bursa akan turunkan satuan lot saham Tiga bandara bersiap sambut para atlet top Asia

×