alexa-tracking

Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b365327582b2e867f8b4567/pentingnya-objek-dan-subjek-dalam-travel-fotografi
icon-hot-thread
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.
 Objek foto atau pembanding didalam komposisi foto adalah satu kesatuan foto yang lengkap, maksudnya begini. Jika kita memotret landscape kosong tidak ada objek maka landscape itu terasa hampa dan kosong, jika kita menambahkan objek seperti manusia didalam foto maka foto tersebut akan lengkap.

Sebuah foto travel yang baik jika lengkap, maksudnya jika disitu ada unsur alam, budaya dan arsitektur dalam sebuah foto. Sebuah foto landscape yang cantik misalnya, akan lebih baik jika ada human berada disitu sebagai pembanding betapa besar dan luasnya pantai atau gunung yang ada difoto tersebut.

Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.



untuk menunjukkan ukuran objek secara lebih detail pada sebuah gambar atau foto. Satu contoh misalnya dalam sebuah foto yang sudah di crop terlihat obyek berupa susunan beberapa batu bertumpuk. Disitu mungkin kita hanya bisa berkata bahwa batu tersebut sangat besar. Dan sebesar apakah itu kalau kita tidak bisa menunjukkan pembanding.
Kedua foto tersebut adalah satu, artinya tanpa ada perubahan posisi lensa atau perubahan angle. Hanya saja pada foto pertama (tanpa gambar manusia dan mobil) di crop di bagian kiri dan kanan. Nah, tanpa gambar manusia dan mobil, foto terlihat biasa-biasa saja namun setelah kita melihat gambar secara utuh, maka kita akan sadar dengan ukuran susunan batu yang sesungguhnya.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa manusia dan mobil dalam satu foto yang utuh adalah obyek pembanding, dimana kita bisa mengetahui ukuran susunan batu secara lebih spesifik. Obyek pembanding dalam sebuah foto tentu saja dapat memberi perspektif pada siapapun yang melihat foto. Adapun obyek pembanding yang umumnya sering digunakan oleh fotografer adalah orang, mobil, hewan, dan lain sebagainya.

Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.



Dengan adanya obyek pembanding maka kita bisa menyimpulkan ukuran sebuah obyek utama apakah sangat besar atau justru sebaliknya sangat kecil. Obyek yang terlihat sangat besar padahal ukuran aslinya sangat kecil atau sebaliknya, bisa dibilang tipuan perspektif terutama jika subyek diambil dari angle dan posisi lensa yang berbeda.

Dari sini dapat kita tarik benang merah bahwa kita bisa saja menggunakan teknik pembanding untuk menunjukkan betapa besar atau betapa kecil subyek yang kita ambil. Tentu saja dengan menghadirkan benda-benda tertentu sebagai pembanding kemudian dijadikan satu frame. Namun untuk memainkan emosional orang yang melihatnya, kita bisa menyembunyikan benda pembanding bahwa seolah-olah subyek yang terdapat dalam foto kita terlihat sangat besar atau sangat kecil dengan perspektif tertentu.

Setelah membahas definisi obyek pembanding untuk mengetahui ukuran subyek utama sebuah karya fotografi, kini kita akan mempelajari teknik kreatif untuk memotret subyek yang bergerak. Perlu diketahui, tidak selamanya subyek foto yang terlihat tajam itu baik, sebaliknya foto yang terlihat blur itu belum tentu jelek. Dalam hal ini kadang menunjukkan subyek foto yang dinamis, misalnya blur dibuat secara sengaja untuk memperlihatkan kecepatan pergerakan subyek. Contohnya saat kita memotret panning sebuah motor yang sedang berjalan dan lain-lain. Dengan tampilan blur akhirnya orang tahu bahwa subyek dalam foto tersebut bergerak.
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.



Ada 3 teknik yang perlu kita pelajari terkait pemotretan subyek yang bergerak yaitu: Panning, long exposure, maupun teknik zooming blur. Berikut definisinya satu-persatu.

- Panning

Panning adalah teknik memotret dengan cara menggerakkan kamera mengikuti arah gerakan subyek. Dengan teknik ini biasanya terlihat hasil foto dengan tampilan subyek yang cukup tajam sedangkan lingkungan disekitar subyek terlihat blur, sehingga kemudian muncul kesan gerakan (motion).

- Long Exposure

Foto atau gambar long exposure dihasilkan oleh setting kamera dengan shutter speed lambat. Biasanya waktu exposure jatuh pada 1/10 detik atau bahkan lebih lambat. Contoh dari long exposure sendiri misalnya ketika kita memotret air terjun, laut, atau sungai dengan pergerakan air, atau awan bergerak sehingga terlihat mirip serat kapas.

- Zoom Blur

Teknik zoom blur juga sering disebut zoom burst yang menghasilkan foto dengan efek yang cukup simpel. Caranya cukup dengan memutar ring zoom pada lensa sambil mengambil exposure. Hasil foto zoom blur akan muncul garis-garis (blur) sehingga subyek terlihat bergerak. Pada momen-momen tertentu teknik zoom blur bisa membuat subyek yang sebelumnya biasa-biasa saja menjadi sangat istimewa.

Ketika saya memotret landscape komposisi dan cuaca memang sangat berpengaruh besar, tetapi akan lebih berbicara ketika foto didalam foto tersebut ada human interest sebagai pembanding dan menghidupkan foto tersebut. Oleh karena itu ketika saya memotret landscape pantai atau gunung, biasanya saya menunggu lama berjam jam hanya untuk menunggu orang yang lewat agar saya taruh sebagai objek dan membuat kesan foto dinamis. Jadi anda harus sabar ya ketika memotret landscape, agar hasilnya maksimal dan bagus.

Photography by Barry Kusuma
www.BarryKusuma.com (Stock Photo & Footage Video)
www.Alambudaya.com (Blog and Travel Journey).

image-url-apps
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.
Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.
image-url-apps
Wah, om bheka lagi bagi2 elmu nih.
Nyimak dulu deh
emoticon-nyantai
KASKUS Ads
image-url-apps
Penting banget gan.
Jangan sampai salah fokus.
Keseimbangan, komposisi,
dan saturasi harus pas.

Makanya rilekskan diri
sebelum melakukan fotografi.
Bikin santai dengan goyang dulu.


Tarik mang!

Pentingnya Objek dan Subjek Dalam Travel Fotografi.
Segitigia Expouse, ISO, Shutter Speed, Aperture emoticon-cystg
image-url-apps
Nyimak breh
image-url-apps
Setuju lah om
image-url-apps
Quote:


Makasih sudah setuju, oom pabloo. emoticon-terimakasih
image-url-apps
Quote:


Anjir nih tiap trit dpt pejwan selalu ngasih gif bowo emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Makasih banget nih threadnya

Kebetulan lagi mau mulai fotografi
Banyak tehnik nya yaaa
image-url-apps
sangat bermanfaat gan bagi ane yang sedang belajar fotografi
image-url-apps
Bung Bheka, kapan2 gue diajari fotografi yak.

emoticon-Wakaka Gue tunggu kabarnya.
cameranya bagus jg tuh emoticon-Goyang
image-url-apps
Wah agan hobi potgrap juga ya..emoticon-Jempol
image-url-apps
Tengkyu buat ilmunya om TS emoticon-Shakehand2

AMANKAN PEKIWAN emoticon-Shakehand2
welehh welehh mantep yaaaemoticon-2 Jempol eh, ini ada trit bagus loh! yuk baca
image-url-apps
Secara tehnik sih sdh sedikit paham ttg human interest, landscape, dll. cuma tingkat kesabaran yg belum terlatih, pengenya buru2 selesai, nice info smg kedepan bisa lebih baik
image-url-apps
Begitu indah alam tp tak seindah keindahan tubuh perempuan🤔
image-url-apps
indah sekali
image-url-apps
pengetahuan untuk fotografi