alexa-tracking

MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3492132e04c8ce6c8b4568/mk-menolak-uji-materi-masa-jabatan-jk
MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK
MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK

Jakarta, IDN Times – Para pendukung Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mengajukan uji materi atas ketentuan masa jabatan presiden dan wakil presiden yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun tentang Pemilu (UU Pemilu) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, pengajuan tersebut akhirnya ditolak oleh MK. 

Penolakkan tersebut dilakukan karena para pemohon tidak memiliki legal standing atau kedudukan hukum yang ditujukan untuk mengajukan uji materi tersebut. Sehingga permohonan tersebut pun ditolak oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman. 

Perkara ini sendiri diajukan oleh Muhammad Hafidz beserta kawan-kawan. Serta terdaftar dalam nomor perkara 36/PUU-XVI/2018 dan 40/PUU-XVI/2018. Pada dasarnya, para pemohon ini menginginkan untuk ketentuan yang dalam mengatur masa jabatan presiden dan wakil presiden hanya dua kali, dan tidak ditafsirkan berturut-turut. 


1. Pemohon adalah penggemar Jusuf Kalla  
MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK
Dalam pengajuan tersebut, pemohon tersebut merupakan penggemar dari Jusuf Kalla. Dengan adanya penolakan pada MK tersebut, para pemohon merasa dirugikan hak konstitusionalnya. Terutama jika Jusuf Kalla tidak bisa lagi melenggang ke bursa Pilpres 2019. 


2. Belum ada yang mengajukan judical review  
MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK
Atas penolakan tersebut, hingga kini belum ada yang mengajukan judicial review terkait dengan pasal 7 uud 1945. Bahkan Ketua MK, Anwar Usman masih menunggu adanya ajuan tersebut. 


3. Pengajuan dilakukan agar JK bisa kembali dicalonkan sebagai wakil presiden dalam Pilpres 2019  
MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK
Adanya pengajuan tersebut ditujukan supaya Wakil Presiden Jusuf Kalla bisa kembali meraih jabatan sebagai wakil presiden dalam bursa Pilpres 2019. Adanya pembatasan masa jabatan mulai berlaku saat Soeharto lengser. Aturan itu sendiri dibuat melalui proses amandemen UU 1945 serta dikuatkan dalam UU Pemilu.

Baca juga: Jusuf Kalla Benarkan Gosip Sering Beda Pendapat dengan Jokowi


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK Pecinta Straw Bag? Yuk Intip Cara Mix and Match Tas Ikonik Ini

- MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK 10 Inspirasi Gaya Bagi Pecinta Warna Merah ala Karlie Kloss

- MK Menolak Uji Materi Masa Jabatan JK Ingin Berpenampilan Seperti Fashion Blogger? Yuk Intip Tipsnya!