alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b34732dd44f9f701f8b4583/6-trik-sukses-bisnis-jasa-titip-buat-kamu-yang-doyan-belanja

6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja

6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja

Siapa bilang bisnis bikin mumet? Di zaman serba modern ini, apa saja bisa jadi peluang, asalkan cermat mencari celah dan tepat mengeksekusinya. 

Salah satu bisnis yang lagi nge-tren sekarang adalah jasa titip beli atau personal shopper. Bisnis ini memungkinkan kamu untuk belanja sepuasnya tapi gak bikin kantong kering, justru malah untung. Nilai plusnya lagi, kamu bisa menjalankannya nyaris tanpa modal, lho. Gimana caranya?


1. Mengenal sistem kerja personal shopper atau jasa titip beli
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Sesuai namanya, pekerjaan ini menawarkan jasa untuk menitipkan belanjaan. Bukan belanja random sesuai request seperti kebanyakan jasa transportasi online, tapi kamu sendiri yang menentukan katalog produk. 

Misalnya tas, aksesoris wanita, atau apapun yang akan kamu beli langsung ke tempat jualnya. Orang bisa tinggal pilih barang dari katalog kamu. Lalu, membayar sesuai harga barang plus jasa pembelian.

Tentu saja menguntungkan. Banyak orang doyan belanja online, tapi ragu karena takut kondisi barang tak sesuai foto. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Banyak yang lebih tertarik belanja lewat personal shopper daripada ke online shop pada umumnya. Sebab, ongkir yang harus mereka bayar biasanya lebih murah, atau risiko barang rusak saat pengiriman lebih kecil.

Kelebihan lain? Kamu bisa sekalian jalan-jalan dan belanja sepuasnya. Refreshing kecil yang bikin bahagia, kan?


2. Tentukan jenis barang yang akan kamu jual
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Jenis barang yang kamu jual bisa menentukan ramai tidaknya bisnismu. Pastikan produk tersebut tak tersedia di kotamu, jadi kamu punya nilai eksklusivitas.

Perhatikan harga barang sesuai dengan target pasarmu. Jangan sampai kamu menjual barang harganya jutaan rupiah ke anak-anak SMA atau kuliahan.


3. Tentukan tempat kamu membeli barang
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Kalau bisa, barang-barang tersebut dibeli dalam satu lokasi. Seperti di mall yang hampir semua jenis produk ada. Selain itu, pilih kota yang tak terlalu jauh dari tempat tinggalmu agar mudah menjangkaunya. Kedua tips tersebut bisa menekan biaya akomodasimu.

Datanglah ke tempat jual merk atau brand asli barang, bukan ke gerai retail yang belum pasti keasliannya. Percaya deh, para pembeli pasti tambah yakin untuk belanja di kamu.


4. Buat katalog produk di media sosial
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Tentukan dulu media sosial yang ingin kamu jadikan lapak berjualan. Apakah Instagram, Facebook, Line, dan sebagainya.

Datang dan foto langsung produknya di tempat. Jangan lupa tunjukkan label harga barang. Unggah katalog ke sosmed kamu, jangan lupa beri deskripsi barang sebagai caption.

Soal katalog dan sistem pesanan, kamu bisa mengolahnya sesuai keinginan. Misal sistem pre-order sepekan sekali, dua pekan sekali, dan sebagainya.


5. Kalkulasi biaya dan tentukan tarif
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Ini juga perlu kamu pikirkan dengan matang. Jangan sampai perhitunganmu meleset dan malah rugi. Catat dengan teliti berapa biaya akomodasi dari tempat tinggal ke kota tujuanmu. Mulai dari bensin, tol, tenagamu, hingga konsumsi satu kali perjalanan.

Biasanya, para personal shopper mematok harga Rp 15-25 ribu per barang, tergantung jauh dekatnya tempat pembelian.


6. Bagaimana cara mendapat kepercayaan pelanggan?
6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja
Penting sekali untuk menjadi online shop yang bisa dipercaya. Karena ketika servis yang diberikan baik, nama baikmu akan menyebar dari mulut ke mulut, begitu juga saat kamu mengecewakan.

Kekhawatiran pertama para calon buyer pasti soal valid atau tidaknya bisnis kamu. Sebab, online shop sangat rawan penipuan. Untuk meyakinkan, kamu bisa memberlakukan sistem DP dan pelunasan, serta jaminan uang kembali ketika barang tak sesuai atau rusak.

Kamu bisa juga memiliki beberapa platform berjualan. Misalnya punya akun di website e-commerce yang lebih terjamin sekuritasnya dari penipuan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memulai jasa titip beli. Apapun bidangnya, pastikan kamu mengelolanya dengan penuh tanggung jawab, ya. Good luck!


Sumber : https://www.idntimes.com/business/ec...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja 7 Profesi Hits Zaman Dulu yang Kini Hampir Punah, Kamu Pernah Tahu?

- 6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja Wow, 7 Aplikasi Android Ini Bisa Jadi Ladang Uang Lho!

- 6 Trik Sukses Bisnis Jasa Titip, buat Kamu yang Doyan Belanja Tips Jitu Berbisnis dari Wapres Jusuf Kalla



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di