alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b344f7d9a0951a5628b457b/kutukan-juara-bertahan-benarkah-ada-sunduldunia

Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia

Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia


Bisa dibilang, drama grup F piala dunia 2018 kini terasa lebih seru. Bukan karena oppa-oppa Korea Selatan yang membawa aura drakornya ke piala dunia, tetapi drama si juara bertahan yang mesti pulang lebih awal.

Jerman, salah satu negara yang diunggulkan di piala dunia, kini harus menelan pil pahit setelah dilumat Korea Selatan. Salah satu hal yang memalukan bagi Jerman, tersisih di fase grup untuk pertama kalinya, kalah dari negara yang diatas kertas Jerman lebih unggul, dan melanjutkan tradisi “kutukan si juara bertahan”.

Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia


Namun, apakah benar kutukan itu ada? Atau hanya sebuah shock terapy kepada juara bertahan agar tidak menjadi juara dua kali berturut-turut?

Dalam sejarahnya, hanya ada dua negara yang memenangi piala dunia secara berturut-turut, yaitu Italia (1934 dan 1938) dan Brazil (1958 dan 1962) [sumber: wikipedia]. Sudah pada lahir belum, Gan? emoticon-Big Grin

Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia



Nyatanya kutukan seperti itu memang tidak ada. Mungkin hanya sebuah “propaganda” agar laga-laga sang juara bertahan lebih terasa seru saja, bukan?

Memang mental yang dibutuhkan untuk mempertahankan sebuah gelar yang prestis. Sebagus apapun taktik yang diterapkan, tetapi jika mental sudah goyah maka hasilnya adalah nol besar.

Salah satu alasan sepak bola banyak penggemarnya adalah karena hal seperti ini. Terkadang yang bermain ngotot untuk menang, penguasaan bola lebih baik, tendangan tepat sasaran lebih banyak, bisa kalah dengan yang bermain pasrah, nothing to lose, penguasaan bola rendah dan bahkan tendangan hanya satu tetapi gol.

Kelemahan semua manusia juga mungkin seperti ini, tidak bisa maksimal jika berada di bawah tekanan. Bukan hanya pada laga juara bertahan saja hal seperti itu terjadi. Meksiko yang sudah dipastikan juara grup dengan hasil imbang saja bisa kalah menghadapi Swedia. Bermain tanpa beban pada awal laga, tapi para pemain harus menangis di ujung laga. Mungkin jika mereka bisa melihat livescore pertandingan Jerman vs Korea Selatan, mereka tidak akan menangis dan mengira sudah tersisih dari perhelatan akbar empat tahunan ini. emoticon-Big Grin


Well, drama sang juara bertahan kini sudah berakhir, tetapi drama-drama lain dalam piala dunia masih akan tersaji hingga pertengahan bulan depan. Mulai dari drama Messi vs Ronaldo sampai drama telenovela Neymar. emoticon-Ngakak (S)


Jadi siapa jagoan Agan/Wati sekarang setelah Jerman angkat koper? Move on, bro. emoticon-Big Grin

fadw.crtv

2018/6/28

Urutan Terlama
reserved
ini karena biasanya tim juara dunia sebelumnya terlalu berpuas diri gan,jadi mereka seakan-akan ga ada motivasi lagi di gelaran piala dunia berikutnya emoticon-Ngacir2
btw 2018 memang piala dunia paling aneh kayanya
dan itu berlanjut ke jejer emoticon-Leh Uga
kutukan buat negera eropa yg juara emoticon-Leh Uga
janlup prancis juga ga lolos grup 2002
berlaku buat tim2 eropa..
brazil ga kena ... emoticon-Ngakak
Bisa jadi begitu gan
Semoga muncul juara baru emoticon-Big Grin
bola itu bundar juragan
semoga setelah ini persaingan sepak bola global bisa lebih merata, sehingga gap antara negara kuat dan biasa saja bisa semakin menipis
Kutukannya khusus negara Eropa, dimulai France 2002 emoticon-Big Grin
Quote:


yg gepeng karambol

mitos buoskuh

Kutukan juara bertahan, benarkah ada? #SundulDunia


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di