alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b343c765a5163851d8b4571/kemenangan-koster-di-bali-tak-sesuai-harapan

Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan

Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan
Calon Gubernur Bali I Wayan Koster dan calon Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (tengah) menggelar jumpa pers di kantor DPD PDI Perjuangan, Denpasar, Bali, Rabu, (27/6/2018).
Hasil hitung cepat pemilihan gubernur Bali menunjukkan bahwa pasangan I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati berhasil keluar sebagai pemenang. Menurut hitung cepat (quick count) lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) hingga Rabu (27/6/2018) pukul 21.52 WIB, mereka unggul atas Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta.

Wayan Koster dan Tjokorda unggul 58,25 persen, tapi jauh di bawah harapan mereka. Wayan mencanangkan kemenangan dengan angka 70 persen atau minimal 65 persen.

"Angka ini jauh dari harapan kami," katanya dalam jumpa pers di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, Denpasar, Bali. Menurut dia target yang ia harapkan 70 persen. Atau, menurut dia minimum 65 persen.

Meski begitu, Koster sudah menyiapkan rencana kerja apabila nanti dilantik menjadi Gubernur Bali. Kerja pertamanya adalah merancang undang-undang.

"Mengganti Undang-undang Nomor 64 tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah Tingkat 1, Bali, NTB, NTT. Jadi nanti namanya adalah rancangan undang-undang tentang provinsi Bali," kata Koster.

Ia menegaskan bahwa Bali harus memiliki undang-undang terpisah sebagai satu provinsi. UU tersendiri juga untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan. "Sesuai dengan keunikan yang dimiliki Bali," tutur Koster.

Keunikan yang disebut Koster juga terlihat pada penampilan tempat pemungutan suara (TPS) meski ini juga terjadi di daerah lain. Misalnya di TPS 8 Banjar Blungbang, Desa Penarukan, Kabupaten Badung.
Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan
Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 8 Banjar Blungbang, Desa Penarukan, Kabupaten Badung, seluruhnya perempuan dan mengenakan pakaian tradisional Bali Tari Tenun dalam pilkada 2018, Rabu (27/6/2018).
Di TPS ini, seluruh petugas mengenakan pakaian tradisional Bali. Ni Kadek Enik Erawati, 38 tahun, mengenakan busana Tari Tenun.

Kadek adalah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk TPS 8 di Banjar Blungbang, Desa Penarukan, Kabupaten Badung. "Kami (perempuan) pertama kali menjadi petugas KPPS. Sebelumnya tidak pernah," katanya, Rabu, (27/6).

Semua anggota KPPS di TPS 8 adalah perempuan. Ciri khas busana Tari Tenun ini adalah hiasan untuk bagian kepala yang disebut lelunakan. Mereka mengusung tema emansipasi.

"Perasaan bangga biar tidak hanya (laki-laki) yang mengambil tugas (KPPS) ini," ujar Kadek. Adapun daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 8 berjumlah 722 orang.

Keunikan Banjar Blungbang dalam mengusung tema seni memang sudah tradisi. Saat pemilihan bupati Badung pada Desember 2015, anggota KPPS yang seluruhnya laki-laki di Banjar Blungbang menyuguhkan dandanan Arja Cupak Gerantang.

Sementara kemarin, suasana unik juga ada di TPS 5 Banjar Ubung, Desa Sempidi, Kabupaten Badung, karena mengambil tema Piala Dunia 2018. Ada 32 bendera negara peserta Piala Dunia di Rusia itu yang menghiasi TPS 5.

Ada juga bola plastik yang digambar menyerupai lambang bendera masing-masing tim Piala Dunia. Semua bendera dan bola itu digantung di beberapa sudut, antara lain di gerbang pintu masuk dan di atas kotak pemungutan suara.

"Kami kolaborasi (pemungutan suara) dan Piala Dunia supaya memberikan suasana berbeda," kata Ketua KPPS TPS 5 Banjar Ubung, Desa Sempidi, Gusti Ngurah Martana.

Gusti melanjutkan, gagasan untuk menghias TPS bernuansa Piala Dunia adalah spontanitas yang diputuskan sepekan sebelum pemungutan suara. Para anggota KPPS pun berpakaian menggunakan kostum (jersey) tim peserta Piala Dunia.

Namun, pemakaian jersey dipadukan dengan busana adat Bali madya, dilengkapi destar (udeng) dan kamen (kain sarung). Ada juga beberapa warga yang menggunakan jersey saat ke TPS itu.

Jumlah pemilih di TPS 5 terdapat total 594 orang. Gusti menuturkan, momen Piala Dunia bisa mencairkan obrolan di TPS. "Warga bisa saling bercerita tentang tim (sepak bola) jagoan mereka," tuturnya.
Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan
Nuansa Piala Dunia 2018 di TPS 5 Banjar Ubung, Desa Sempidi, Kabupaten, Badung, Rabu (27/6/2018).Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...sesuai-harapan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan Sembilan ruas tol Trans Jawa akan diresmikan hingga akhir 2018

- Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan Pilkada satu dua putaran sampai syarat baca Alquran

- Kemenangan Koster di Bali tak sesuai harapan Setelah pemilihan ya sudahlah...

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di