alexa-tracking

Pengamat: Fungsi Pergub Anies untuk Rancang Perda Reklamasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b227b77d44f9f10268b4570/pengamat-fungsi-pergub-anies-untuk-rancang-perda-reklamasi
Pengamat: Fungsi Pergub Anies untuk Rancang Perda Reklamasi
Pengamat: Fungsi Pergub Anies untuk Rancang Perda Reklamasi Guna Mengutak-Atik Kontribusi Tambahan

Pengamat: Fungsi Pergub Anies untuk Rancang Perda Reklamasi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menilai penerbitan Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 tentang badan pengelola proyek reklamasi merupakan cara Anies Baswedan membenahi persoalan reklamasi di Teluk Jakarta. Tugas utama badan itu adalah merancang peraturan daerah yang rancangan sebelumnya ditarik oleh Anies.

"Pergub yang sekarang ini terlihat Anies ingin menata (reklamasi) dari awal lagi," ucap Yayat, Kamis (14/6).

Yayat menjelaskan saat ini Pemprov DKI Jakarta tak memiliki dasar hukum apa pun terkait proyek reklamasi setelah Anies mencabut Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) serta Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantura Jakarta (RTRKS Pantura).

Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantura Jakarta, kata Yayat, berperan sebagai perpanjangan tangan Pemprov DKI untuk menangani kedua raperda tersebut. Tanpa kedua raperda itu, Yayat menganggap mustahil bagi Anies mengutak-atik keberadaan pulau buatan di Teluk Jakarta.

Ahli tata kota dari Universitas Trisakti itu memandang Pergub 58/2018 sebagai cara lain dari Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan reklamasi dengan konsep yang berbeda.

"Yang jadi pertanyaan itu kan Anies kelihatan sudah tutup buku dengan (konsep) reklamasi yang lama, tapi dengan pergub ini terlihat melanjutkan reklamasi tapi konsepnya berbeda," kata Yayat.

Meski Anies sudah membentuk BKP Pantura Jakarta, Yayat menilai keberadaannya bisa tak berguna kalau tak diimbangi dengan pembiayaan pembahasan raperda itu. Naskah akademik menjadi barang wajib yang harus dipenuhi sebagai permulaan.

Yayat menaksir waktu yang diperlukan untuk merancang peraturan itu bisa memakan waktu hingga tiga tahun. Itu pun bisa lebih lama karena politikus DPRD bakal disibukkan oleh pemilu 2019.

"Kalau tidak ada target, bangunan dan pulau-pulau itu akan terbengkalai," kata Yayat.

Yayat mengaku agak bingung dengan terbitnya pergub tersebut mengingat visi Anies yang kencang menggaungkan bakal menghentikan reklamasi.

"Kan kita tidak mengerti apa yang dimaksud dari menghentikan (reklamasi), apa arti dari melanjutkan, yang Anies janjikan berkeadilan, pro rakyat dan pro lingkungan," imbuh Yayat.

Ia menyarankan Anies tidak menjual janji besar seperti menghentikan reklamasi ketika raperda yang dibutuhkan masih kosong.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...erda-reklamasi

Sanusi jilid 2 nih mau nilep kontribusi 15% jadi 5%.. pesta lobster di rumah prabowow
KPK pun tersenyum emoticon-Smilie
image-url-apps
Jadi yang dilanjut itu cuma yang sudah jadi, yang belum ya gak dilanjutkan. Soalnya mubajir emoticon-Malu
image-url-apps

Ini pengamatnya kok malah menyudutkan anies, dimana mana pengamat itu netral dong
KASKUS Ads
image-url-apps
Anis goblok antek aseng yg sesungguhnyaemoticon-Traveller
image-url-apps
Rencana zonasi & rencana tata ruang uda jadi malah ditarik dibatalin.

Ini mau bikin rencana baru yg perlu 3 thn.

Semua uda tau, tau sama tau lah apa yg akan terjadi
Bakal renegosiasi bancakan


emoticon-Leh Uga

image-url-apps
Generasi cepirit emas beserta segenap panasbung siap bergandengan tangan dgn cukong aseng.... demi kebenaran HQQ kitak2 emoticon-Ultah
image-url-apps
Ya sekarang klo mau buat perda dah lebih enak kan.. Dah g ada yg nyoret2 gublok2in kertas lagi.. Ya bakal selesai cepet dah sepertinya.. Pengusaha senang.. Dhewan senang dan pemda ikut senang.. emoticon-Ultah
image-url-apps
Pintar menipu emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


Keturunan bani israel ya lu?
image-url-apps
Dunia hanya sementara gpp hidup sengsara yang penting nanti ada yang mandiin
image-url-apps
Quote:


bani yani
image-url-apps
biarkan la dia korupsi
relakan lah
besar biaya nyapres tu
kita iklaskan aja
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Tapi kalo nasbung ga bakalan tau, secara otaknya mini,yg penting seimin bangke ada yg mandiin udah cukup ginian mana mudeng
image-url-apps
Kebanyakan minum air taik
image-url-apps
Pesta lobster woy persetan dgn janji janjiemoticon-Ultah
image-url-apps
kumpulin dana bwt 2019...dan satu lg, generasi emas emoticon-Tai di kibulin lg... harap maklum aja, otak aja ga ada jd mudah di bodoh2in..
image-url-apps
Wan abud dr jaman penjajah selalu dekat sama taipan dan kompeni. Camkan itu
asek
semua dapat uang
panasbung kencing onta cm dpt nasi basi
generasi cepirit
image-url-apps
intinya dilanjutin apa kagak?
image-url-apps
daripada dilengserin #gantigubernur .. ngikut aja lah
×