alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2273f7d89b091d1b8b458b/dari-air-beras-hingga-ampas-kelapa-ini-6-cara-jadul-bersihkan-rumah

Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah

Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah

Jika zaman sekarang banyak orang menggunakan bahan kimia untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya, maka orang zaman dulu biasanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitarnya. Meski berbahan sederhana, teknik membersihkan rumah, peralatan rumah tangga, atau memelihara tanaman menjadi hal yang cukup efektif untuk dilakukan. Tak perlu harus repot mencari bahan-bahannya di luar rumah, bahan-bahan sederhana tersebut bisa didapatkan di dapur kita sendiri.

Nah, berikut ini beberapa cara ‘jadul’ ketika harus melakukan pekerjaan sederhana rumah tangga dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar rumah. Beberapa di antaranya bahkan merupakan bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi untuk digunakan.


1. Cangkang telur untuk menghilangkan bau termos
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Karena terlalu lama sering digunakan, terkadang termos mengeluarkan bau tak sedap yang cukup mengganggu. Untuk menyiasati bau tersebut, orang-orang zaman dulu biasanya menggunakan cangkang telur dan cuka, lho. Caranya, hancurkan cangkang telur dan masukkan ke dalam termos berbarengan bersama cuka, kocok-kocok termos perlahan, dan diamkan beberapa jam.

Cangkang telur berfungsi sebagai penghilang kerak dasar termos, sementara cuka sebagai penghilang bakteri alami. Hanya dengan cangkang telur dan cuka, termos sudah bisa digunakan kembali tanpa terganggu dengan aroma yang mengesalkan.


2. Kentang parut untuk menghilangkan noda di karpet
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Ada kalanya karpet yang ada di rumah terkena noda membandel yang sulit sekali diberishkan. Eits, orang zaman dulu punya trik jitu untuk mengatasinya, lho. Dengan hanya menggunakan kentang, noda di permukaan karpet bisa dengan mudah dibersihkan.

Parut kentang dan campurkan dengan air dalam wadah dan diamkan selama beberapa waktu. Air bekas rendaman kentang tersebut bisa digunakan untuk membersihkan noda yang melekat pada karpet. Kandungan asam oxallic yang terdapat pada kentang bisa membuat noda menjadi terurai sehingga mudah dibersihkan.


3. Kertas koran untuk membersihkan kaca
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Di sekolah, kamu pasti sering disuruh guru membersihkan kaca jendela dengan menggunakan kertas koran (basah dan kering). Sebagai langkah pertama, semprotkan air dengan campuran cuka ke permukaan kaca jendela atau lemari hingga setengah basah.

Cuka yang berfungsi untuk menghilangkan lemak pada kaca bisa membuat kotoran luntur setelah dilap menggunakan remasa kertas koran. Setelah agak kering, lap kembali kaca jendela dengan kertas koran kering sehingga kaca jendela benar-benar terlihat kinclong.


4. Air bekas cucian beras untuk pertumbuhan tanaman
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Eits, jangan buang dulu air bekas cucian beras ke saluran air. Sudah sejak dulu, kamu pasti sudah sering mendengar bahwa air bekas cucian beras biasa digunakan untuk menyiram tanaman di halaman depan. Air bekas cucian beras dipercaya bisa menyuburkan tanaman dan hal tersebut biasa dilakukan oleh orang-orang di zaman dulu.


5. Roti tawar untuk membersihkan debu
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Menjelang Lebaran, biasanya orang akan membersihkan rumah hingga bagian-bagian yang tidak bisa dijangkau, seperti pojok lemari, ujung jendela, kolong kasur, dan sebagainya. Orang zaman dulu biasanya mengakalinya dengan menggunakan roti tawar untuk menghilangkan debu di tempat-tempat tersembunyi.

Hanya dengan membentuk roti menjadi bulatan kecil-kecil, letakkan roti di tempat-tempat yang sulit dijangkau tempat bersarangnya debu. Kandungan air di dalam roti dipercaya bisa membuat debu-debu menempel di bulatan roti kecil-kecil tersebut.


6. Ampas kelapa untuk membersihkan lantai
Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah
Kamu masih ingat gak ketika ibu atau nenekmu menyebar ampas kelapa yang habis dipakai membuat santan di permukaan lantai rumah? Yup, hal tersebut bukan tanpa maksud atau pekerjaan iseng semata, lho. Ampas kelapa yang masih mengandung minyak dipercaya bisa membersihkan debu-debu yang melekat di atas permukaan lantai setelah beberapa lama didiamkan.

Cara membersihkannya yaitu dengan cara menyebar dan menggosokkan ampas kelapa di atas lantai dan diamkan selama beberapa puluh menit. Setelahnya, bersihkan ampas kelapa dengan sapu dan lantai seketika akan terasa bersih dan mengkilat serta terasa kesat ketika diinjak.

Tak ada salahnya mencoba cara jadul tersebut di atas jika sedang ‘kepepet’ ketika bahan-bahan kimia sudah tidak tersedia lagi di rumah. Yuk jaga kebersihan, karena kebersihan itu merupakan bagian dari iman. Betul?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/throwb...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah Kini Jarang Ditemukan, 7 Hal ‘Unik’ Warnet Jadul Ini Tinggal Kenangan

- Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah Kembali ke Masa Lalu, 7 Hal 'Unik' Bis Kota Jadul yang Gak Terlupakan

- Dari Air Beras hingga Ampas Kelapa, Ini 6 Cara Jadul Bersihkan Rumah Selain F4, 6 Boyband Taiwan Ini Pernah Mengisi Masa Remajamu

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di