alexa-tracking

Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b226cec902cfe5d428b458c/pemerintah-klaim-tahun-ini-idul-fitri-kompak-dirayakan-15-juni
Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni
Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akhirnya mengumumkan jatuhnya 1 Syawal 1439 Hijriyah pada Jumat, 15 Juni. Artinya, hari ini menjadi hari terakhir umat Muslim berpuasa. Wah, gak terasa satu bulan udah berlalu ya. 

Informasi itu disampaikan ke publik usai digelar sidang isbat yang digelar di Kementerian Agama. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi 

Ketua Komisi VIII DPR RI, M. Ali Taher dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'aruf Amin menyampaikan informasi itu kepada publik melalui jumpa pers di Kementerian Agama pada Kamis (14/6). 

Lalu, apa aja pesan Menteri Lukman dan Ketua MUI pada Idul Fitri pada tahun ini? 


1. Sebanyak 12 orang mengaku telah melihat hilal pada hari ini
Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni
Menteri Agama, Lukman Hakim mengatakan dalam sidang isbat tersebut, mereka menempatkan orang-orang di 97 titik yang digunakan untuk melihat hilal. Sebanyak 12 orang di antaranya yang menyampaikan kesaksian di bawah sumpah menyatakan telah melihat hilal atau bulan.

"Maka dengan pertimbangan tersebut, sidang isbat memutuskan bahwa 1 Syahwal 1439 Hijriyah jatuh pada 15 Juni 2018," ujar Lukman dalam keterangan pers pada hari ini.


2. Umat Muslim bisa melakukan salat Ied dimulai hari Jumat
Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni
Lantaran sudah jelas kapan ditetapkan sebagai 1 Syawal, maka umat Muslim di seluruh Indonesia bisa menjalankan ibadah salat Ied pada Jumat esok. Walau ada juga sebagian umat yang memilih menjalankan ibadah salatnya pada hari ini.

"Dengan bersama-sama kita memasuki 1 Syawal 1439 tahun ini dengan kebersamaan dan hikmah. Besok seluruh umat muslim akan menunaikan ibadah Salat Ied," kata dia lagi.

Lukman juga berpesan agar seluruh umat Muslim di Tanah Air mampu merawat bersama energi positif dan potensi yang begitu besar yang ada pada seluruh masyarakat Indonesia.


3. Hari Raya Idul Fitri mayoritas dirayakan kompak pada Jumat esok
Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni
Sementara, Ketua MUI Ma'ruf Amin mengaku bersyukur karena pada Idul Fitri tahun ini bisa dirayakan secara kompak pada Jumat, 15 Juni. Perkara jemaah An Nadzir dan Naqsabandiyah yang lebih dulu merayakan Idul Fitri dianggap sebagai kelompok kecil dan gak menggambarkan umat Muslim secara keseluruhan.

"Tapi, yang umum untuk ormas-ormas, semuanya sama (merayakan Idul Fitri esok)," ujar Ma'aruf.

Ia pun mengajak agar umat Muslim memanfaatkan hari raya Idul Fitri untuk mempererat tali silaturahmi. Sebab, hari raya adalah hari kasih sayang.

"Sehingga, kalau ada yang sempat tidak tersambung, maka hari raya bisa dimanfaatkan untuk kembali menyambung tali silaturahmi itu," kata dia.

Selamat berlebaran ya, bagi kalian semua! Mohon maaf lahir dan batin.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni FOTO-FOTO: Suasana Moskow, Fans Arab dan Rusia Bersatu

- Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni Salah Disebut Jadi Alat "Propaganda Politik" Pemimpin Chechnya

- Pemerintah Klaim Tahun Ini Idul Fitri Kompak Dirayakan 15 Juni 3 Fakta Menarik Pertandingan Pembuka Piala Dunia Rusia vs Arab Saudi