alexa-tracking

Saya Punya Pertanyaan Nih Mengenai Menggabungkan Kegiatan Duniawi Dan Akhirat Nih Gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2267e0c0d770852d8b456f/saya-punya-pertanyaan-nih-mengenai-menggabungkan-kegiatan-duniawi-dan-akhirat-nih-gan
Saya Punya Pertanyaan Nih Mengenai Menggabungkan Kegiatan Duniawi Dan Akhirat Nih Gan
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabrakatuh

Saya punya pertanyaan nih gan,

Nah, terkadang kalau kita lagi ingin melakukan suatu hal yang kita senangi ( urusan duniawi ), kita jadi kurang ikhlas rasanya apa bila menunda kegiatan yang kita senangi tersebut dengan melakukan ibadah" tertentu misalnya mengaji.

Nah untuk mengatasi itu saya biasanya menggabungkan kedua hal itu secara bersamaan, misalnya nih saya kan suka menggambar nah selagi menggambar saya putar lagu Mengaji atau sholawat", sehingga selagi saya menggambar saya juga ikut mengaji atau bershalawat mengikuti musik dari HP saya.

Kira" Hal Yang Saya lakukan itu, hukumnya Dalam Islam itu seperti apa ya ?

Mohon bantuannya Gan
Wa'alaikumussalam

Gpp (menurut ane),sama aja kaya anak kecil puasa,dsb (smbil dibimbing) tiap lebaran,waktu dikasih thr pd seneng+keterusan jd suka beribadah kedepan nya (bkn cuci otak/cuman buat uang),cuma ya mesti terus dibimbing meski dh remaja kadang nanem akhlak gni lebih sulit krna rasa males manusia makin berat trutama klo dh masuk tahap puber
Yg penting gk ganggu tetangga/orang sekitar,yg sulit pas beribadah cuman pikiran klo smpe kebawa jd campur aduk jd ningkatin rasa males/kurang fokus yg ada. Klo mau rajin meski bikin semangat sendiri contoh nya nggep aja klo nte beribadah (mis:shalat) bisa nyiksa iblis,segala gangguan ky gatel,dsb jangan dipeduliin krna dtng nya dr gituan,walau gk smua grgr iblis,dsb yg bikin salah tp dr diri sendiri jg makanya penting nanem rasa semangat meski denger ceramah,dsb klo gk diresapin agak percuma
Quote:


Klo buat sy, ketika suatu aktifitas dibungkus dgn Tauhid, semua bernilai penghambaan, baik itu aktifitas duniawi apalagi ukhrawi. Salam.
Quote:


Kalau menurut saya itu adalah was-was syetan.. Jangan di "turutin", karena lama kelamaan agan akan terbiasa beribadah dengan diselingi hal-hal lain yang konteksnya diluar ibadah, bagaimana akan bisa berkonsentrasi untuk beribadah?

Kemudian agan malah akan semakin sulit untuk menghadirkan ikhlas dalam beribadah.. Padahal kunci diterimanya ibadsh kita afalah perasaan ikhlas dalam melakukan ibadah..

Tidak apa-apa di awal-awal di paksakan ibadah meskipun masih terasa berat (kurang ikhlas) karena agan belum terbiasa misalnya..

Di awal-awal latihan, Allah Yang Maha Pengampun akan mengampuni ibadah agan selama agan telah berusaha dengan maksimal asalkan agan sudah sungguh-sungguh untuk menghadirkan rasa ikhlas itu..

Perbanyak hadiri majelis taklim / majelis ilmu untuk semakin memperkuat iman agan dan menambah ilmu, tentu diharapkan semakin berjalannya waktu, dan dengan semakin bertambahnya ilmu agan akan semakin yakin bahwa sebenarnya aganlah yang sangat butuh akan ibadah

Wallahu a'lam bisshowab..