alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
H-1, volume lalu lintas cenderung menurun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2241cd14088df62b8b457b/h-1-volume-lalu-lintas-cenderung-menurun

H-1, volume lalu lintas cenderung menurun

H-1, volume lalu lintas cenderung menurun
Sejumlah kendaraan melintasi Tol Semarang-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/6/2018). Pada H-1 Lebaran 2018 ini arus lalu lintas di ruas tol tersebut terpantau ramai lancar dan mengalami kepadatan ketika akan keluar di Exit Tol Salatiga dan memasuki tol fungsional Salatiga-Kartasura.
PT Jasa Marga mencatat volume lalu lintas mudik Lebaran 2018 melalui gerbang tol (GT) Jakarta-Cikampek menurun jumlahnya mulai Rabu dini hari (13/6/2018).

"Pada shift satu jumlah pemudik yang melintasi GT Cikarang Utama mencapai 14.838 unit dari prediksi 19.007 unit," kata Irwansyah, Humas PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek, dalam Wartaekonomi.co.id (14/6).

Jumlah tersebut, sambung Irwansyah, tercatat lebih sedikit dari situasi normal, yakni sebanyak 26.883 unit kendaraan, sehingga ada penurunan. Sekitar 44,8 persen jumlah kendaraan terhadap situasi normal.

Sementara pada shift kedua, transaksi di gardu gerbang tol Cikarang Utama tercatat jumlah pemudik dari Jakarta yang mengarah ke Cikampek dan Cipali hanya 13.998 unit kendaraan dari angka prediksi 17.502 unit kendaraan.

"Jumlah kendaraan pada sore hari hingga menjelang malam tadi turun sekitar 43,5 persen dari situasi normal sebanyak 24.754 kendaraan," imbuhnya.

Menurut Irwansyah, seperti ditulis Kumparan, lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek kembali normal pada Rabu (13/6) pukul 21.25 WIB.

Padahal skema lalu lintas satu arah (Contraflow) sempat diberlakukan kurang lebih 1 jam dari KM 53 hingga Dawuan (KM 61), kemudian diperpanjang hingga KM 69 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena arus mudik makin padat.

Puncak arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek telah terjadi pada Selasa malam (12/6) dengan jumlah kendaraan dari Jakarta ke arah Cipali dan Cikampek lebih dari 92.000 unit.

Sementara itu, kondisi lalu lintas tol menuju Palimanan terpantau padat-merayap. Tampak kendaraan melaju dengan lancar di ruas jalan tersebut.

Hal ini dibenarkan petugas call center NTMC Polri. "Contraflow sudah diakhiri sejak--Rabu-- pukul 20.00 WIB. Saat ini lalu lintas sudah kembali normal. Tak ada kepadatan baik ke arah Jakarta maupun arah Cirebon," tutur petugas call center NTMC Polri, Rio, saat dihubungi detikcom.

Kemacetan panjang di Tol Cipali sempat terjadi sejak Rabu (13/6) dini hari. Penyebab utama kemacetan tersebut, menurut PikiranRakyat, adalah banyaknya mobil yang parkir di bahu jalan dekat kawasan istirahat (rest area) KM 86 dan KM 102. Akibatnya pada siang hari polisi mengalihkan sebagian kendaraan menuju jalur pantura.

Sejak pukul 17.00 WIB, polisi juga memberlakukan contraflow menuju Palimanan. Kendaraan yang mengarah ke Jakarta dialihkan ke pintu keluar Indramayu.

Di daerah lain, Merdeka.com mencatat puncak arus mudik di jalur selatan wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terjadi pada Rabu (13/6). Lalu lintas sudah kembali lancar pada Kamis (14/6).

"Puncak arus mudik sudah terjadi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa.

Erik menyatakan arus lalu lintas kendaraan dua hari H-2 jelang Lebaran atau Rabu (13/6) memang cukup ramai, bahkan terjadi kepadatan di beberapa titik di kawasan itu.

Hingga H-2 arus lalu lintas kendaraan pemudik yang melintasi jalur Nagreg, sambung Erik, mencapai 148 ribu kendaraan. Jumlah tersebut relatif menurun ketimbang tahun sebelumnya pada H-2 kendaraan mencapai 150 ribu lebih kendaraan.

"Data (jumlah kendaraan) tahun ini menurun dibandingkan 2017 karena ada euforia penggunaan tol dari Jakarta-Surabaya. Kemudian masyarakat tahun ini bebas memilih kapan akan cuti karena pemerintah memberikan waktu cuti lebih lama," papar Erik dalam Republika.co.id.

Polres Garut beberapa kali memberlakukan skema lalu lintas satu arah (one way) dari Bandung menuju Tasikmalaya untuk mengurai kepadatan di jalur Limbangan hingga Malangbong.

Erik menambahkan, Dishub akan terus mengantisipasi kepadatan kendaraan khususnya saat arus balik mendatang. Sebab, arus kendaraan tidak hanya didominasi oleh pemudik yang kembali, tapi juga bercampur dengan masyarakat lokal yang hendak berwisata ke sejumlah objek wisata di kawasan itu.

Sementara Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan bahwa angka kecelakaan lalu lintas pada H-1 Lebaran 2018 mengalami penurunan dibandingkan H-1 Lebaran 2017.

Berdasarkan hasil laporan harian situasi Kamtibmas Operasi Ketupat 2018, Kamis (14/6), telah terjadi 899 kejadian, merosot tajam ketimbang tahun 2017 yang tercatat 1.319 kejadian.

Dari 899 kejadian itu, Polri mencatat korban meninggal dunia sebanyak 193 orang. Sementara tahun lalu mencapai 478 orang.

Sementara untuk pelanggaran lalu lintas, hingga H-1 telah terjadi sebanyak 79.981 kasus.
H-1, volume lalu lintas cenderung menurun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...derung-menurun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- H-1, volume lalu lintas cenderung menurun KTT Donald Trump-Kim Jong Un dan agenda terselubung

- H-1, volume lalu lintas cenderung menurun Terduga teroris Blitar berencana serang polsek dan bank

- H-1, volume lalu lintas cenderung menurun Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di