alexa-tracking

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b223e839a0951c54c8b4570/jembatan-kali-kuto-bisa-dilewati-h-2-lebaran-pengalihan-lalu-lintas-disiapkan
Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan
Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Jakarta, Pemerintah melalui Jasa Marga tengah mempercepat pembangunan jalan Tol Semarang-Batang. Ditargetkan jalur ini bisa dilalui pemudik secara fungsional pada H-7 Lebaran 2018.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Semarang sepanjang 150 km siap untuk dilewati arus mudik pada 30 Mei 2018.
Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.
Namun, sampai saat ini masih ada titik krusial yaitu Jembatan Kali Kuto yang berlokasi di Desa Sambongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Dan sampai saat ini masih dalam tahap konstruksi. Ditargetkan jembatan ini bisa dilalui fungsional pada H-2 Lebaran 2018.
Jembatan ini dibangun dengan model Swing Arch melengkung, sehingga memiliki kerumitan tersendiri dibandingkan membangun jembatan biasa. Ini menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia yang dibangun dengan model seperti ini.
jembatan Kali Kuto ini, semua perakitan dilakukan di lokasi proyek. Sehingga membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. jembatan di jalan tol Semarang-Batang ini dibangun dengan model Swing Arch. Agar ada semacam landmark di jalan tol. Dan ini menjadi landmark baru kota Kendal
Jembatan yang memiliki panjang 160 meter ini dibangun oleh insinyur dalam negeri dan mayoritas bahannya adalah produk dalam negeri. Jembatan Kali Kuto menjadi jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya tidak dilakukan di pabrik melainkan dirakit di lokasi pekerjaan.
“Beratnya 2.400 ton sehingga bila di rakit di Surabaya atau Jakarta, akan kesulitan membawa ke lokasi. Sehingga dibuat menjadi 12 bagian dan dirakit di lokasi. Ini pertama kali dilakukan secara in situ. Selain itu juga akan dikerjakan lantai jembatannya dengan target tanggal 13 Juni 2018 sudah bisa dilewati,” kata Menteri Basuki.
Tol Batang-Semarang pada saat rampung akhir 2018 konstruksi seluruhnya merupakan rigid pavement. Namun untuk bisa melayani arus mudik 2018 pada H-10, dari total panjang 75 km 57 km diantaranya dengan kondisi perkerasan beton (rigid pavement), sisanya 17 km merupakan lapisan beton setebal 10 cm (lean concrete).
Pada ruas tol ini, PT. Jasamarga Semarang Batang telah menyediakan 4 tempat istirahat. Fasilitas tempat istirahat berupa mushola, toilet portable, tenda istirahat, tenda P3K dan SPBU portable. Diantara lokasi tempat istirahat juga disediakan area parkir atau parking bay sebanyak 4 lokasi.
Pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 74,2 km terbagi menjadi 5 seksi. Seksi 1 Batang-Tulis (3,2 Kkm), Seksi 2 Tulis-Weleri (36,4 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,5 km) dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,4 km). Progres konstruksi keseluruhan Tol Batang-Semarang sudah mencapai 80%.

Spoiler for Berita:



Sumber Berita : https://www.pu.go.id/berita/view/157...ntas-disiapkan

image-url-apps
Ini menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia yang dibangun dengan model seperti ini.
jembatan Kali Kuto..

Tak pikir beneran pertama di Dunia....ternyata oh ternyata NGIBULLL,

Bong cebong... Sebelum ngibul survey dulu lah..

#Kerjakovlok
Quote:


ya kalo ga ngibul ya biasanya nyalahin rejim terdahulu, kocak emang rejim ini, udah gitu minta dua periode pula, makin aneh aja