alexa-tracking

YLKI sebut penambahan cuti & pembangunan tol gagal urai kemacetan mudik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b22337eded770f67a8b4567/ylki-sebut-penambahan-cuti-amp-pembangunan-tol-gagal-urai-kemacetan-mudik
YLKI sebut penambahan cuti & pembangunan tol gagal urai kemacetan mudik
Merdeka.com - Tahun ini pemerintah mengeluarkan keputusan menambah hari libur Lebaran. Hal tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan saat puncak arus mudik dengan asumsi akan banyak pemudik yang berangkat lebih awal.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyebutkan bahwa sampai H minus 4 arus mudik Lebaran memang relatif lancar tak ada kemacetan di jalan tol dan atau di jalan non tol. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

"Kondisi berbalik drastis pada H minus 3 dan H minus 2, kemacetan di jalan tol mencapai klimaksnya," kata Tulus dalam keterangan pers, Kamis (14/6).

Tulus mengungkapkan H minus 3 kemacetan di pintu tol Cikarang Utama mencapai lebih dari 28 km. Ekor kemacetannya pun terasa sampai Cawang, tol dalam kota.

"Bahkan pada H minus 2, kemacetan di tol Cikampek makin parah. Tol Cipali pun macet total hingga 42 km," ujarnya.

YLKI menggarisbawahi bahwa perpanjangan libur lebaran ternyata tidak efektif untuk mendorong pemudik melakukan perjalanan mudik lebih awal. "Terbukti para pemudik masih menyerbu untuk mudik Lebaran pada H minus 3 dan H minus 2. Bahkan mungkin H minus 1. Bisa juga dikatakan perpanjangan libur Lebaran tidak dipatuhi oleh sektor pelaku usaha."

Selain itu, tersambungnya tol Trans Jawa juga dinilai tidak mampu menampung lonjakan kendaraan pribadi roda empat yang melewati jalan tol, terutama tol Cikampek, dan Cipali.

"Peningkatan pemudik roda empat cukup signifikan. Menurut Kemenhub pada 2017 sebanyak 3,3 juta unit dan pada 2018 mencapai 3,7 juta unit. Bisa dipastikan lebih dari 40 persennya adalah pengguna tol. Bisa dibayangkan jika jumlah pemudik di Jabodetabek mencapai 11 juta."

Dengan demikian, YLKI menilai bahwa perpanjangan libur Lebaran dan atau tersambungnya tol Trans Jawa gagal sebagai pemecah kemacetan arus lalu lintas mudik Lebaran.

Pemerintah juga dinilai tidak konsisten dengan janjinya."Yang katanya jika kemacetan mencapai 2 km tarif tol akan digratiskan. Buktinya, kemacetan sudah mencapai 28-42 km pun tidak digratiskan."

Ke depan, Tulus menyebutkan bahwa solusi efektif untuk memecah kemacetan arus mudik adalah menambah akses dan kapasitas angkutan umum masal, dan angkutan umum di daerah tujuan.

"Bukan memperpanjang libur Lebaran dan atau bahkan akses jalan tol. Jalan tol justru karpet merah untuk merangsang mudik dengan kendaraan pribadi, dan endingnya adalah neraka kemacetan."

https://m.merdeka.com/uang/ylki-sebut-penambahan-cuti-pembangunan-tol-gagal-urai-kemacetan-mudik.html

Turut prihatin
Gagal gimana sih...lancar jaya kan.
jadi gini... ada yg lancar jaya kok

ntap
goyang puting item
YLKI sebut penambahan cuti & pembangunan tol gagal urai kemacetan mudik
Mudik di h-4 artinya uang yg dikeluarkan lbh banyak.
Makin lama dikampung makin byk keluar duit.
YLKI sebut penambahan cuti & pembangunan tol gagal urai kemacetan mudik
Yang penting sampai tujuan sebelum malam takbiranemoticon-Om Telolet Om!
Nastak udah cabut2in spanduk yang kemaren belum?

emoticon-Traveller
Quote:


Betul tuh nastak hrusnya prihatin bukan senang lihat macet
h-7 yg sia sia
emoticon-Big Grin jadi intinya usaha pemerintah harus gagal ?








banyak amat ya bsh , apa pada kena pangkas penghasilannya sama pemerintah sekarang ? emoticon-Big Grin
Kmaren kasih libur panjang panjang juga gagal dong emoticon-Big Grin
Quote:


ylki seharus kalo fair cuma singgung masalah tol kalo macet berapa km gratis tpi kenyataan berbeda di lapangan skrg


klo buat tol di singgung juga menurut ane agak berlebihan toh tol digunakan ga cuma pas mudik lebaran doank
Quote:


makanya itu gan, bikin heran
orang baru berusaha bangun jalan buat anak cucu
kenapa gak dibandingkan dengan pembangunan presiden2 sebelumnya ? berapa duit masuk infrastruktur, berapa yang sukses, berapa yang lancar bisa terpakai, berapa yang mangkrak, bla bla bla, banyak fakta & presiden saat ini bisa dibilang presiden pembangunan

tetapi karena banyak orang yang tidak sepaham, sependapat, atau tidak satu kelompok, merasa terpangkas pendapatannya, cuma asal ngomong jelek & sering keluar konteks atau bahkan gak nyambung

yang penting auto salah / auto gagal / auto cina dll emoticon-Big Grin
jangan harap dah indonesia maju kalau orang2 yang masuk berita aja kebanyakan pada asbun
apalagi kalau misal warga di bp ini dijadikan representasi rakyat indonesia emoticon-Wakaka
lah..itu klaim tahun ini ga macet malah makin lancar gmana ceritanya tuh? klaim yang terlalu cepat kah?
hari ini lancar tuh..... gas poooolll...
Selain itu, tersambungnya tol Trans Jawa juga dinilai tidak mampu menampung lonjakan kendaraan pribadi roda empat yang melewati jalan tol, terutama tol Cikampek, dan Cipali.

ini orang kelewatan satu parameter : kapasitas.
kalau kapasitas terlewati ya otomatis macet.

YLKI sebut penambahan cuti & pembangunan tol gagal urai kemacetan mudik

mau dibangun skala godzila cuma untuk keperluan 1-2 minggu ?
kalau mau kelihatan pintar ya kasih analisa dan prediksi sebelum keputusan, jadi masukan yang membangun..
kalo cuma nyalah2in mestinya gini mestinya gitu di ujung, kok kayaknya gimana gitu...
terus bagaimana solusinya???
Quote:


emoticon-Recommended Seller
jadi gini...
pas sebelumnya lancar dibilang itu krn jumlah pemudik turun akibat kesulitan ekonomi jadi ga mampu mudik... ga ada duit...

pas ruame sampe membludak yang disalahin jokowi...

jadi ini sebenernya ekonomi susah apa gimana... emoticon-Leh Uga