alexa-tracking

Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2231dd98e31b2e188b4578/seberapa-jauh-jarak-yang-ditempuh-tim-favoritmu-di-piala-dunia-2018
Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?

Jakarta, IDN Times – Beberapa jam menjelang tendangan pertama pertandingan laga perdana di World Cup 2018 Russia, semua tim sudah tiba di Moskow, ibukota Rusia. 

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, negeri yang dipimpin Vladimir Putin itu menyediakan 12 stadion sepakbola di 11 kota. Jarak antara satu stadion dan kamp pelatihan satu dengan lainnya lumayan jauh.

Mengingat Rusia adalah salah satu negara terluas di dunia, bisa dipastikan, sewa pesawat adalah moda transportasi paling efektif dan efisien bagi 32 tim yang bertanding. Soalnya, penggunaan pesawat komersial jadwal regular berisiko terlambat, dan mengganggu kesiagaan tim. Ya, jadwal pesawat terlambat bisa bikin bete, kan.

Chapman Freeborn, sebuah perusahaan sewa pesawat, membuat kalkulasi berapa jauh jarak yang harus ditempuh masing-masing tim dalam pertandingan babak penyisihan Piala Dunia 2018 ini.  

Baca juga: INFOGRAFIS panduan lengkap mengenali 12 stadion Piala Dunia 2018


1.Tim Kolumbia bakal menempuh perjalanan paling singkat di Piala Dunia 2018   
Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
James Rodriguez dan skuat Kolumbia yang berada di Grup H akan melangsungkan pertandingan di stadion Mordovia Arena di Saransk untuk laga perdananya. Lokasinya gak terlalu jauh dari kamp latihan. Laga kedua dilangsungkan di Kazan Arena, Kazan dan laga ketiga di Cosmos Arena, Samara. 

Skuat Kolumbia memilih markas latihan di Kazan, Republik Tatarstan. Selama babak penyisihan mereka akan menempuh perjalanan total berjarak 1.864 kilometer. Mereka harus melalui total 26 jam perjalanan darat dan tiga jam penerbangan. Lumayan enteng ya.

Baca juga: Daftar lengkap skuat resmi Piala Dunia 2018


2. Bagaimana dengan jarak dan waktu perjalanan skuat Piala Dunia 2018 lainnya?
Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Argentina memilih markas di Moskow. Lionel Messi dan Sergio Aguero akan melakukan pertandingan di Otkritie Arena, Moskow, Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod dan Kestovsky Stadium, Saint Petersburg. Mereka akan menempuh perjalanan 2.292 kilometer, yang dilakukan dengan 32 jam jalan darat dan 4 jam penerbangan.

Australia bermarkas di Kazan. Anak-anak asuhan pelatih Bert Van Marwijk akan menjajal kemampuan di pertandingan perdananya di Kazan Arena, Kazan. Laga kedua akan berlangsung di Cosmos Arena, Samara. Pertandingan ketiga di Fisht Olympic Stadium, Sochi. Total perjalanan bagi skuat Negeri Kanguru adalah 4.834 kilometer. Enam puluh delapan jam jalan darat dan 8 jam via udara.

Belgia memilih markas di Moskow. Romelo Lukaku dan Diable Rouges alias Tim Setan Merah akan melakukan pertandingan perdana selama Piala Dunia, di Fisht Olympic Stadium di Sochi. Pertandingan kedua mereka bertandang ke Otkritie Arena, Moskow, lalu ke Kaliningrad Stadium di Kaliningrad untuk laga ketiga. Jarak yanf ditempuh sejauh 5.803 kilometer, bakal dilalui 81 jam dengan perjalanan darat dan 10 jam penerbangan.

Brasil berlatih di Sochi selama Piala Dunia 2018. Dani Alvez dan skuat Negeri Samba bakal melawan skuat Swis di laga pertama di Rostov Arena, Rostov-on-Don. Pertandingan kedua dilakukan di Krestovsky Stadium di Saint Petersburg dan selanjutnya di Otkritie Arena di Moskow. Tim Brasil akan menempuh perjalanan 9.048 kilometer, 127 jam via jalan darat dan 15 jam via udara.

Denmark, bermarkas di Kamp Anapa. Christian Eriksen dan kawan-kawan bakal berlaga melawan skuat Peru di Mordovia Arena, Saransk pada hari ketiga Piala Dunia 2018. Pertandingan kedua akan mereka lakukan di Cosmos Arena, Samara dan yang ketiga di Luzhniki Stadium, Moskow. Tim Dinamit akan menempuh jarak 9.325 kilometer, melewatkan 131 jam jalan darat dan 16 jam di udara.

Inggris, bakal berlatih dari Saint Petersburg selama Piala Dunia 2018. Pertandingan pertama di babak penyisihan akan dilakukan di Volgograd Arena, Volgograd. The Three Lions  bakal melakukan pertandingan kedua di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod, dan yang ketiga di Kaliningrad Stadium di Kaliningrad. Kapten Harry Kane dan kawan-kawannya akan menempuh jarak 7.561 kilometer, 105 jam via darat dan 13 jam via udara.

Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Iran, bermarkas di Moskow. Masoud Shojaei dan timnya akan bertanding melawan Maroko di Krestovsky Stadium di Saint Petersburg untuk laga perdana. Pertandingan kedua di Kazan Arena dan yang ketiga di Mordovia Arena, Saransk. Total perjalanan Team Melli atau Tim Nasional dalam bahasa Persianya, adalah 4.352 jam, dilalui dengan jalan darat 61 jam dan naik pesawat 7 jam.

Islandia, negeri mini yang bikin iri pecinta sepakbola Indonesia. Ya, karena biar mini tapi lolos ke Piala Dunia 2018. Skuat asuhan Heimir Hallgrimsson itu bakal bertanding di Otkritie Arena di Moskow pada laga pertama, lalu di Volgograd Arena dan Rostov Arena. Jarak yang bakal ditempuh mondar-mandir dari kamp pelatihan mereka di Gelendzhik adalah 5.423 kilometer, yang mencakup 74 jam jalan darat dan 9 jam via udara.

Jepang. Skuat Negara Matahari Terbit bermarkas di Kazan. Tim Samurai Biru akan bertanding di Mordovia Arena, Saransk, Central Stadium Yekaterinburg dan Volvograd Arena. Shinji Kagawa dan teman-teman bakal menempuh jarak 4.767 kilometer menjelajah Rusia, dengan 66 jam jalan darat dan 8 jam via udara.

Baca juga: Begini cara legal tonton Piala Dunia 2018 dari smartphone-mu

Jerman. Der Panzer bermarkas di Moskow selama Piala Dunia 2018. Juara Piala Dunia 2014 yang kini ada di Grup F itu bakal melangsungkan pertandingan perdananya di Luzhniki Stadium Moskow. Pasti banyak yang menonton. Laga kedua di Fisht Olympic Stadium di Sochi, dan laga ketiganya di Kazan Arena. Berapa jarak yang ditempuh Toni Kroos dan kawan-kawannya? 4.876 kilometer, yang dijalani via 68 jam jalan darat dan 8 jam sewa

Korea Selatan, bermarkas di Saint Petersburg. Taegeuk Warriors bakal merumput di Nizhny Novgorod Stadium, kemudian Rostov Arena dan Kazan Arena. Skuat yang juga dijuluki Macan Asia itu bakal menempuh perjalanan sejauh 7.770 kilometer selama babak penyisihan grup di Piala Dunia 2018. Mereka bakal jalan darat 107 jam dan naik pesawat 13 jam. 

Kostarika bermarkas di kota indah Saint Petersburg. Skuat asuhan pelatih Oscar Ramirez akan melakukan pertandingan pertama di Cosmos Arena, Samara, dilanjutkan yang kedua Krestovsky Stadium di Saint Petersburg dan Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod. Mereka akan menempuh sekitar 5.787 kilometer selama babak penyisihan grup , 81 jam perjalanan darat dan 10 jam penerbangan.

Kroasia, berbagi markas latihan di Saint Petersburg. Ivan Rakitic dan skuat dengan seragam merah-putih kotak-kotak bagaikan taplak ini bakal berlaga melawan Nigeria di pertandingan perdananya di Grup D, di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad. Kemudian, Kroasia akan menjajal pertandingan kedua di Nizhny Novgorod Stadium di Nizhny Novgorod dan ketiga di Rostov Arena, Rostov-on-Don. Jarak yang akan mereka tempuh untuk 3 laga itu adalah 7.783 kilometer, di mana 108 jam bakal ditempuh lewat jalan darat dan 13 jam via penerbangan.

Maroko, yang baru saja gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 bermarkas di Voronezh. Mereka bakal bertanding di Krestovsky Stadium Saint Petersburg, Luzhniki Stadium Moskow dan Kaliningrad Stadium. Tim Singa Atlas bakal menempuh jarak 5.720 kilometer mondar-mandir markas ke stadion. Menempuh 60 jam jalan darat dan 10 jam lewat udara.

Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Meksiko. Les Tricolores bakal bergantung kepada Javier Hernandez, pemain yang sempat dikenal dengan panggilan sayang, Chicarito alias si Kacang Polong. Mereka akan bermain di Luzhniki Stadium, Rostov Arena dan Central Stadium Yekaterinburg selama babak penyisihan Piala Dunia 2018. Dari kamp pelatihan di Moskow, pelatih Juan Carlos Osorio akan menempuh perjalanan sejauh 5.720 kilometer, via darat 60 jam dan naik pesawat 10 jam.

Nigeria, memilih kamp latihan di Essentuki. Lolos atau tidak ke babak berikutnya, Super Eagles sudah memenangkan sebutan sebagai skuat paling bergaya, karena seragam yang paling keren. John Obi Mikel bakal berlaga di Kaliningrad Stadium untuk pertandingan pertama di babak penyisihan Piala Dunia 2018, dilanjutkan di Volvograd Arena dan Krestovsky Stadium Saint Peterseburg.  Mereka akan menempuh jarak 10.528 kilometer, 147 jam jalan darat dan 18 jam naik pesawat. Lumayan jauh.

Panama. Los Calaneros alias orang-orang kanal, sebutan untuk tim ini, bakal mencicipi bertanding di Fisht Olympic Stadium, Sochi, lantas ke Nizhny Novgorod, dan Mordovia Arena di Saransk yang sekaligus menjadi markas latihannya. Mereka akan menempuh jarak 3.834 kilometer, 54 jam perjalanan darat dan 6 jam di udara. Lumayan jauh, apalagi harus puasa seks selama Piala Dunia 2018.

Perancis, markas latihannya di Moskow. Kazan Arena di Kazan akan menjadi lokasi pertandingan tim Si Biru. Pertandingan ke-2 dilakukan di Central Stadium Yekaterinburg dan yang ketiga di Luzhniki Stadium Moskow. Tim yang berlaga di Grup C ini harus menempuh perjalanan sepanjang 5.166 kilometer, lewat darat 72 jam dan naik pesawat terbang 8 jam.

Peru, bermukim di Moskow untuk latihan. Paulo Guerrero dan teman-temannya bakal berlaga di Mordovia Arena, lalu Cetral Stadium Yekaterinburg dan Fisht Olympic Stadium di Sochi. Los Incas akan menempuh perjalanan sepanjang 8.079 kilometer dengan 113 jam jalan darat dan 13 jam via udara. Bikin lelah hayati pastinya ya.

Polandia memilih Sochi sebagai markasnya selama Piala Dunia 2018. Trio Robert Lewandowski, Kamil Glik, Lukasz Piszczek bakal merumput di Mordovia Arena, Central Stadium dan Volgograd Arena. Tim yang sempat puasa ikutan Piala Dunia 12 tahun ini bakal menempuh jarak 9.263 kilometer, dengan 130 jam jalan darat dan 15 jam naik pesawat. Berat juga nih perjuangan Bialo-czerwoni alias tim merah putih ini.

Portugal. Pastinya semua kenal Cristiano Ronaldo ya, pemain bintang dan kapten tim nasionalnya. El Commandante, bakal menjajal ketangguhannya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia di Fisht Olympic Stadium Sochi, lalu ke Luzhniki Stadium Moskow dan menggiring bola di Mordovia Arena, Saransk. Seleccao das Quinas akan menempuh jarak 4.545 kilometer selama babak penyisihan Piala Dunia 2018, dicapai jalan darat 64 jam dan naik pesawat 8 jam. 

Rusia, sang tuan rumah Piala Dunia 2018. Bukan yang terpendek jarak tempuh perjalanan, tapi lumayan lebih dekat. Fedor Smolov, pemain pencetak gol terbanyak di tim sejauh ini, memiliki beban besar saat bertanding Kamis malam (14 Juni) di laga perdana melawan Skuat Arab Saudi. Pertandingan bakal digelar di Luzhniki Stadium Moskow. Mereka akan melanjutkan babak penyisihan di Krestovsky Stadium, kemudian di Cosmos Arena, Samara. Total jarak yang bakal ditempuh tim dengan prestasi paling buncit di Piala Dunia kali ini adalah 3.512 kilometer, 49 jam jalan darat dan 6 jam via udara.

Saudi Arabia, bermarkas di Saint Petersburg. Selain tampil di laga perdana Piala Dunia 2018 melawan tuan rumah Rusia, di Luzhniki Stadium Moskow, Kapten Osama Hawsawi dan timnya bakal merumput di Rostov Arena dan Volgograd Arena. Green Falcons alias Elang Hijau bakal menempuh perjalanan sejauh 8.410 kilometer, 118 jam via darat dan 14 jam lewat udara. Dapat pinjaman pesawat dari kerajaan gak ya?

Senegal, bermarkas di Kaluga, 150 kilometer di barat daya Moskow. The Lions of Teranga adalah julukan bagi tim asuhan pelatih asli Senegal, Aliou Cisse. Selama Piala Dunia 2018, Sadio Mane dan skuatnya bakal berlaga di Otkritie Arena Moskow, Central Stadium Yekaterinburg dan Cosmos Arena, Samara. Jarak yang mereka tempuh adalah 6.569 kilometer, dengan 92 jam jalan darat dan 11 jam via pesawat.

Serbia, negeri yang sempat tercabik perang, tapi lolos ke Piala Dunia. Orlovi, alias Si Elang, bakal berlaga di Cosmos Arena, Kaliningrad Stadim dan Otkritie Arena di Moskow. Nemanja Matic, pemain andalannya, bakal menempuh perjalanan sejauh 7.168 kilometer selama babak penyisihan, yang bakal dijalani via darat selama 100 jam dan naik pesawat 12 jam. Kalau ramai-ramai mungkin gak terlalu melelahkan ya.

Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Spanyol, salah satu favorit juara baru didera drama. Pelatih Julen Lopetegui dipecat hanya sehari jelang pembukaan Piala Dunia 2018. La Furia Roja alias bermarkas di Krasnodar. Mereka bakal bertanding di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Kazan Arena dan Kaliningrad Stadium.  Jarak yang mereka jalani selama babak penyisihan adalah 8.996 kilometer, dengan 126 jam jalan darat dan 15 jam naik pesawat.

Swedia. Tim Biru Kuning bakal merumput di Nizhny Novgorod Stadium, Fisht Olympic Sochi dan Central Stadium Yekaterinburg. Penyerang Marcus Berg dan kawan-kawan bakal menempuh perjalanan sepanjang 9.331 kilometer, dengan 131 jam jalan darat dan 16 jam naik pesawat.  Mereka bermarkas di Gelendzhik.

Swiss berlatih di Togliatti, kota di bagian barat Rusia, di kawasan Samara. Skuat ini menggambarkan prinsip #DiversityisBeautiful karena pemainnya ada yang bergabung menjadi warga negara karena masuk timnas yang diwarnai para imigran. Schweizer Nati, La Nati, Rossocrociati, julukannya bakal menempuh perjalanan sejauh 8.304 kilometer dengan 116 jam jalan darat dan 14 jam via udara. Mereka akan bermain di Rostov Arena, Kaliningrad Stadium dan Nizhny Novgorod.

Tunisia. Les Aigles de Carthage alias Elang Kartago bakal menempuh perjalanan sejauh 3.241 kilometer selama babak penyisihan Piala Dunia 2018. Jarak itu ditempuh dengan jalan darat selama 43 jam dan 5 jam perjalanan udara. Lumayan pendek. Kapten Wahbi Khazri dan kawan-kawan berlatih di Moskow selama Piala Dunia ini.

Uruguay, si legenda sepakbola. Los Charruas, La Celeste, Satu Langit Biru adalah julukan pemegang dua kali juara Piala Dunia ini. Pemain asuhan pelatiha Oscar Tabarez bakal berlaga di Central Stadium Yekaterinburg, Rostov Arena dan Cosmos Arena di Samara. Jarak perjalanan mereka selama babak penyisihan Piala Dunia 2018 adalah 6.627 kilometer, dengan 93 jam jalan darat dan 11 jam naik pesawat.


3. Mesir adalah skuat Piala Dunia 2018 yang harus menempuh jarak paling panjang selama babak penyisihan
Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018?
Mohamed Salah dan skuat Mesir bermarkas pelatihan di Grozny, salah satu kota terujung di selatan Rusia. Padahal pertandingan babak penyisihan yang dilakoni Mesir bakal berlangsung di bagian utara negeri. 

Pertandingan pertama, skuat Mesir harus terbang ke bagian timur, berlaga di Central Stadium di Yekaterinburg, lalu menjajal Stadion Krestovsky di kota paling utara di Saint Petersburg. Pertandingan ketiga akan mereka lakukan di Volgograd Arena, Volgograd, gak terlalu jauh dari Grozny. 

Secara total, anak-anak Mesir ini bakal menempuh perjalanan 11.774 kilometer. Itu berarti, Salah dan teman-teman akan melewatkan 165 jam perjalanan darat dan 20 jam perjalanan udara.

Bisa dipastikan usai laga Piala Dunia 2018 para pemain dan pelatih yang terlibat butuh waktu untuk rehat dan leyeh-leyeh setelah[URL="about:blank"][UZL1][/URL] menjelajahi Rusia. Apakah kamu tertarik liburan ke sana?

Baca juga : <a href="https://www.idntimes.com/sport/soccer/dwi-agustiar/5-fakta-tentang-rusia-tuan-ruma... Baca Selengkapnya : https://www.idntimes.com/sport/arena...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018? Warga Arab Saudi Terancam Tonton Piala Dunia Secara Ilegal

- Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018? Artis Pembuka Piala Dunia 2018, Ini 10 Potret Karier Robbie Williams

- Seberapa Jauh Jarak yang Ditempuh Tim Favoritmu di Piala Dunia 2018? 'In My Blood', Lagu Shawn Mendes yang Jadi Penyemangat Timnas Portugal