alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b22217856e6af20718b4578/adu-harga-bawang-dan-cabai-jelang-lebaran

Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran

Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran
Aktivitas perdagangan di Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (7/6/2018).
Lebaran bagi Rahmiati (47), warga Sawangan Depok, Jawa Barat selalu sarat dengan agenda pasar. Beragam kebutuhan pokok disiapkannya untuk menjamu tamu dan keluarga selama Idulfitri 2018 ini.

Rahmiati belanja kebutuhan pokok, seperti beras, daging, cabai, bawang, dan lain-lain ke pasar Parung, Bogor. Rahmiati, seperti jutaan masyarakat Indonesia lainnya, berbondong-bondong belanja segala bahan makanan pokok.

Tak peduli harga tinggi, ibu empat anak itu harus membeli bahan makanan demi jamuan Idulfitri. "Harga kebutuhan pokok sekarang memang naik, tetapi masih wajar, tidak sampai dua kali lipat," kata Rahmiati yang dihubungi, Selasa (12/6/2018).

Dalam setiap Lebaran, harga komoditas pangan memang cenderung meningkat karena permintaan tinggi. Permintaan bahan makanan yang melimpah itu membuat harga sejumlah bahan makanan terkerek,meski kenaikan masih di ambang wajar.

Data yang diolah Lokadata Beritagar.id dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) menunjukkan, sepanjang Juni 2016 sampai Juni 2018, momentum Ramadan dan Lebaran tidak ditandai dengan drastisnya kenaikan harga-harga komoditas pangan. Harga-harga bahkan cenderung konstan sepanjang periode ini.

Rata-rata harga beberapa komoditas pangan naik tipis, beberapa komoditas malah turun pada periode Ramadan dan Lebaran pada 2017 lalu. Begitu pula yang terjadi pada Ramadan tahun 2018 ini.

Harga yang relatif naik tipis itu sejalan dengan pantauan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI).

Ketua IKAPPI, Abdullah Mansuri, mengatakan kenaikan bahan pokok menjelang Lebaran ini masih dalam tahap wajar. Kata Mansuri, kenaikan harga bahan pokok antara lain dipicu permintaan yang melonjak seiring daya beli masyarakat yang meningkat.

"Dari pantauan kami, hampir semua pasar di seluruh Indonesia penuh pada akhir pekan puasa menjelang lebaran ini," kata Mansuri saat dihubungi, Rabu (13/6/2018).
Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran
Harga rata-rata 10 komoditas pangan strategis di sebelas kota, Juni 2016-Juni 2018.
Pemerintah telah menyiapkan antisipasi terhadap kenaikan harga bahan pokok menjelang Idulfitri 2018 ini. Persiapan tersebut pernah dibahas dalam rapat Menko Perekonomian Darmin Nasution dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno serta Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti pada Februari 2018.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan fokus utama rapat itu adalah menjaga kestabilan harga beras menjelang Lebaran yang akan datang. Selain itu akan dipantau juga harga bahan kebutuhan pokok lainnya, seperti gula.

Cara menjaga kestabilan tersebut, kata Enggar adalah menyuplai pasar dengan komoditas yang dibutuhkan. Mendag berharap stabilitas harga ini dapat membuat masyarakat menjalankan ibadah puasa dengan tenang, tidak perlu terjadi kepanikan membeli.

Enggar menegaskan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok terkendali hingga Lebaran. "Secara keseluruhan semua harga stabil, tidak ada soal. Harga bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih, dan gula juga tidak ada soal," kata Enggar dalam keterangan tertulisnya.

Meski dianggap sudah terkendali, ada sorotan mengenai bawang putih. Berdasarkan data yang diolah Lokadata Beritagar.id, bawang putih menjadi satu-satunya kasus unik.

Pada momen Ramadan dan Lebaran 2017 (antara Juni-Juli 2017) harga bawang putih melambung tinggi. Pada 2018 ini harga bawang putih tetap tinggi, tetapi cenderung turun dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2017, di beberapa pasar tradisional di Jakarta Pusat, Yogyakarta, dan Semarang rata-rata harga bawang putih mencapai angka Rp70 ribu. Harga paling rendah, di antara 11 kota yang dianalisis adalah Denpasar (Rp44,8 ribu).

Jika dilihat dari sisi suplai, pada saat itu stok bawang putih memang sedang rendah. Panen raya di beberapa sentra bawang putih seperti Lombok (NTB) dan Tegal (Jawa Tengah) baru pada bulan Agustus 2017.

Pun, panen raya di Cina —pemasok bawang putih terbesar bagi Indonesia—baru dimulai pada Juni 2017. Ramadan, Lebaran atau bukan, kenyataannya pada Juni dan Juli 2017 lalu Indonesia pasokan bawang putih sedang menipis.

Indonesia memang masih tergantung pada bawang putih impor. Sampai 1996, Indonesia masih mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan bawang. Namun, pada 1996 bawang putih impor dari Cina membanjiri pasar Indonesia.

Pada 1998, luas lahan bawang putih adalah 28 ribu hektare. Saat ini, luasnya tinggal 2 ribu hektare karena para petani beralih menuju tanaman lain yang lebih menjanjikan.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, 95 persen kebutuhan bawang putih dalam negeri berasal dari impor. Komisi Pengawas Persaingan Usaha KPPU malah menyatakan 97 persen pasokan bawang putih berasal dari impor.

Untuk mengurangi ketergantunagn impor itu, Kementerian Pertanian (Kemtan) mensosialisasikan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No.16 Tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura, yang merupakan revisi Permentan No.18 Tahun 2013. Salah satu butir yang direvisi dalam Permentan ini adalah kewajiban importir bawang putih menanam minimal 5 persen dari kuota impor yang didapatkan.

Ketua IKAPPI, Abdullah Mansuri, mengatakan bawang putih di pasaran tergantung dengan bawang putih impor dari luar negeri, hanya 10 persen konsumsi bawang berasal dari hasil dalam negeri.

"Artinya harga sepenuhnya dikuasai importir, seharusnya pemerintah bisa intervensi untuk mengendalikan harga," kata Mansuri. "Harga bawang putih sudah terpantau naik sejak pertengahan puasa."
Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran
Harga bawang putih di 11 kota Juni 2016-Juni 2018Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...jelang-lebaran

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran Masih ada ribuan aduan THR jelang lebaran

- Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran MUI imbau khatib hindari tema politis pada khotbah Idulfitri

- Adu harga bawang dan cabai jelang Lebaran Meraup untung dari bunga deposito lewat APBD

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di