alexa-tracking

#CerpenReligi Keteguhan Hati Para Santri Dalam Mencari Setitik Ilmu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b221bc5dcd770065c8b456a/cerpenreligi-keteguhan-hati-para-santri-dalam-mencari-setitik-ilmu
#CerpenReligi Keteguhan Hati Para Santri Dalam Mencari Setitik Ilmu
#CerpenReligi Keteguhan Hati Para Santri Dalam Mencari Setitik Ilmu

#CerpenReligi Keteguhan Hati Para Santri Dalam Mencari Setitik Ilmu


Suatu ketika sekumpulan pemuda yang berada di pondok pesantren di pasuruan jawa timur ingin sekali mengikuti pengajian akbar yang diadakan oleh ustadz favorit mereka dari Jakarta, Kebetulan saat itu pengajian diadakan didaerah tentangga yang jaraknya lumayan dekat yakni kabupaten malang yang jaraknya +/- 50km.

Walaupun sebagai seorang santri yang tentu terbatas masalah keuangan namun hal itu tidak menyurutkan tekadnya dalam mengikuti pengajian akbar yang kaya akan manfaat dan ilmu agama. Mereka berlima akhirnya pun bertekad untuk berangkat bermodalkan uang 20ribu yang dikumpulkan dari kelima santri itu.

Sehabis sholat ashar mereka pun berangkat dengan berjalan kaki dari pondok pesantren mereka sembari mencari tumpangan di dalam perjalanan. Kira-kira 15 Km mereka berjalan kaki namun belum ada satupun kendaraan yang mau memberi mereka tumpangan dan tetap melanjutkan perjalanan. Mereka sengaja tidak naik bus karena tentu saja uang 20 ribu tak akan cukup untuk ongkos mereka berlima.

Karena kelelahan saat dalam perjalanan mereka akhirnya memutuskan menggunakan uang 20 ribu itu untuk membeli air minum untuk menghilangkan haus mereka, namun saat hendak membayar uang tersebut hilang dan tidak ada dikantong celana salah satu santri. Bukannya mereka marah terhadap salah satu santri justru mereka malah cekikikan saat mengalami kejadian tersebut. Mereka menganggap keteledoran temennya adalah keteledoran seluruh kelima santri. Dan merekapun tidak jadi beli air minum.

Hingga masuk sholat magrib mereka memutuskan untuk sholat berjamaah di sebuah masjid sambil sejenak beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Saat selesai sholat tiba-tiba terjadi hujan deras, merekapun akhirnya sepakat untuk menunggu sampai hujan reda. Hingga menjelang sholat isya hujan pun belum berhenti.

Merekapun berdoa dan terus bersholawat agar hujan segera usai dan bisa kembali melanjutkan perjalanannya.

Saat mereka menunggu di hujan reda disamping masjid mereka di datangi seorang pemuda yang juga selesai melaksanakan sholat, pemuda itu bertanya kepada para santri tentang tujuan mereka? Dan ternyata tujuan para santri dan pemuda itupun sama yaitu pergi ke malang untuk mengikuti pengajian akbar ustadz hamid.

Setelah mengetahui perjuangan para santri akhirnya pemuda tersebut mengajak mereka untuk ikut dalam mobilnya, karena pemuda tersebut berangkat hanya berdua dengan sahabatnya, sehingga banyak bangku kosong yang cukup untuk diisi ke lima santri tersebut.

Rasa bahagia yang dirasakan para santri membuat perjalanan makin menyenangkan. Tak henti-hentinya para santri mengucap syukur serta sholawat. Dalam tengah perjalanan pemuda tersebut berhenti di depan minimarket dan membeli banyak makanan untuk para santri. Rasa haus dan laparpun hilang saat dalam perjalanan.

Tak berhenti sampai disitu, semua jalan dan doa para santri di jawab oleh Allah. Saat sampai tujuan sang pemuda tersebut memberikan uang 500 ribu sebagai bekal para kelima santri untuk transport pulang saat acara pengajian selesai. Rasa senang atas segala nikmat dan rejeki yang dilimpahkan olehnya-Nya membuat mereka tak henti hentinya memanjatkan doa serta sholawat.

Para santripun penasaran dengan pemuda yang baik hati tersebut. "Kakak siapa kok baik banget dengan kami?"
Sang pemuda itupun menjawab dengan santai "saya hanya pemuda yang juga ingin mencari ilmu dan berusaha untuk selalu berada di jalan Allah" emoticon-Smilie

Quote:


Kiranya, bukan hanya jalan ke surga yang dimudahkan oleh Allah. Percayalah, Allah juga akan memudahkan jalan kita saat akan berangkat menuju tempat mencari ilmu.