alexa-tracking

Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b221a6fc0d770702d8b4568/jada-pinkett-smith-akui-pernah-depresi-tapi-berhasil-bangkit
Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit
Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit
Jada Pinkett Smith, New York, Amerika Serikat (18/11/2014).
Penderita gangguan mental yang mendorong dirinya untuk melakukan percobaan bunuh diri kian jadi sorotan. Pasalnya, tak sedikit korbannya dari kalangan pesohor yang akhirnya tak tertolong nyawanya. Sebut saja Chester Bennington, Kate Spade, serta Anthony Bourdain yang baru saja ditemukan tewas akibat depresi yang dialami.

Lalu, kali ini Jada Pinkett Smith, aktris sekaligus istri dari Will Smith turut buka suara soal kesehatan mentalnya. Hal itu dibeberkannya ke publik lewat acara Megyn Kelly Today di saluran NBC (h/t E!Online) di Amerika Serikat, Rabu (14/6/2018).

Selama acara berlangsung, pemeran Carla Purty dalam The Nutty Professor itu mengatakan bahwa rasa depresi mendalam pernah nyaris merenggut nyawanya.

"Saya berharap saat itu ada seseorang yang mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja," cerita ibu dua anak tersebut.

Ia juga menyampaikan, yang menyelamatkannya saat itu ialah pikiran bahwa hidup pasti akan memiliki banyak sekali rintangan, banyak masa-masa gelap. Jada Pinkett Smith pernah mengaku bahwa masa mudanya penuh dengan hal yang membuatnya trauma.

Jada muda tumbuh di lingkungan para pengedar obat-obatan terlarang di Cherry Hill, Baltimore, Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa dirinya tak akan pernah lupa bagaimana seorang temannya memanggilnya, lalu dirinya hanya memalingkan wajah sebentar, kemudian teman tersebut sudah tertembak hingga tewas di jalanan.

"Tapi mengertilah, tetap melangkah. Hidup baru saja menunjukkan dirinya kepada Anda, dan kejelasan akan datang. Tetaplah melangkah," katanya kepada sang pembawa acara, sambil memotivasi mereka yang mengalami hal yang sama dengan dirinya.

Perempuan yang akrab disapa Jada itu kemudian melanjutkan ceritanya lewat unggahan foto di akun Instagram resmi @jadapinkettsmith.

Ia melampirkan foto hitam-putih Kate Spade dan Anthony Bourdain, serta menyertakan pendapatnya soal kesehatan mental lewat kapsi.
One thing I’ve learned in my life over the years is that mental health is something we should practice daily, not just when issues arise. We should take care of our mind and spirit in the same way we do our body. With the suicides of Kate and Anthony it brought up feelings of when I was in such despair and had considered the same demise...often. In the years I spent towards my healing, many moons ago, I realized the mind and heart can be extremely delicate without the foundation of a formidable spirit. What I eat, what I watch on TV, what music I listen to, how I care for my body, my spiritual practice, what people I surround myself with, the amount of stress I allow and so on... either contribute to or deteriorate my mental health. Mental health is a daily practice for me. It’s a practice of deep self-love. May Kate and Anthony Rest In Peace. Many may not understand... but I do, and this morning I have the deepest gratitude that I pulled through. . Love.
A post shared by Jada Pinkett Smith (@jadapinkettsmith) on Jun 11, 2018 at 2:40pm PDT

Menurutnya, kesehatan mental adalah sesuatu yang harus jadi perhatian dalam keseharian, bukan hanya saat-saat tertentu, apalagi saat telah menelan korban. Orang-orang seperti Spade dan Bourdain, serta dirinya adalah pihak yang membutuhkan bantuan.

Jada menghabiskan bertahun-tahun untuk menyembuhkan dirinya. Hingga akhirnya ia tersadar bahwa pikiran dan perasaan dapat sangat rapuh tanpa pondasi yang kuat.

Ia menceritakan bahwa apa yang dimakan, tonton di televisi, musik yang didengar, bagaimana ia merawat tubuh, melatih spiritualnya, orang-orang seperti apa yang mengelilinginya, kadar stres yang diizinkan oleh tubuhnya untuk diterima, dan sebagainya, sangat berpengaruh bagi kesehatan mentalnya.

Ia juga menambahkan kalimat, "kesehatan mental adalah latihan sehari-hari bagi saya. Latihan mencintai diri sendiri sedalam-dalamnya."

Tak hanya dirinya, sang anak Willow Smith pun rupanya pernah mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini terjadi ketika ia baru saja meluncurkan lagu berjudul Whip My Hair yang dirilis pada 2010 dan langsung melejit di industri musik.

Saat itu, Willow yang masih berusia 9 tahun merasa bebannya terlalu berat. Ia mendapat tuntutan berupa kewajiban untuk menyelesaikan albumnya, hingga tur yang harus dijalaninya.

Willow bahkan mengaku rasa depresi itu membawanya ke dunia yang gelap dan ia pun mulai mencoba menyayat dirinya saat itu. Beruntung ia pun akhirnya menemukan jalan untuk melupakan rasa depresinya.
Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rhasil-bangkit

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit Masih ada ribuan aduan THR jelang lebaran

- Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit MUI imbau khatib hindari tema politis pada khotbah Idulfitri

- Jada Pinkett Smith akui pernah depresi tapi berhasil bangkit Meraup untung dari bunga deposito lewat APBD

×