alexa-tracking

Kemenperin: Polytron Akan Jadi Samsung-nya Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21fda95c77981a188b4571/kemenperin-polytron-akan-jadi-samsung-nya-indonesia
Kemenperin: Polytron Akan Jadi Samsung-nya Indonesia
Polytron menjadi salah satu merek produk elektronik lokal yang bertahan hingga saat ini. Sejak didirikan oleh bos Djarum Group Budi Hartono pada 1975 silam, Polytron sudah mengeluarkan berbagai produk elektronik untuk kebutuhan sehari-hari.

Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto, mengatakan salah satu kunci yang membuat Polytron bertahan hingga saat ini adalah sudah membentuk divisi Research and Development (R&D) sejak lama. Di R&D inilah produk yang dibuat terlebih dahulu dirancang oleh desainer lokal.

“Ya yang punya fasilitas R&D itu kan mereka. Dia mengembangkan terus. Semua produk didesain di dalam negeri. Ini yang membuat kita optimistis Polytron suatu saat bisa jadi Samsung-nya Indonesia. Kita akan dorong terus,” kata Harjanto saat ditemui di Pabrik Polytron, Kudus, Jawa Tengah, Senin (4/6).

Menurut Harjanto, bukanlah hal mudah bertahan dalam era ketika perkembangan teknologi begitu cepat. Dia mencontohkan beberapa tren televisi yang muncul dan hilang. Di tengah perubahan tren tersebut, Polytron tetap bertahan hingga saat ini.

Katanya, saat tren TV Eropa masuk Indonesia, Polytron masih tetap eksis memproduksi TV buatannya. Begitu pun saat TV dari merek Jepang, Korea, dan China masuk, perusahaan bernama PT Hartono Istana Teknologi (HIT) ini masih tetap eksis.

“Sekarang masuk TV China, dia juga masih eksis. Tapi eksis saja enggak gampang. Karena kita sudah lihat ada yang muncul, hilang, muncul, hilang (tapi Polytron tetap ada). Kenapa bisa begitu? Karena inovasi. Inovasi apa yang mendukung? R&D-nya,” tegas Harjanto.
Selain Polytron, pabrik elektronik lokal lainnya sebenarnya ada. Hanya saja, menurut Harjanto R&D mereka belum semaju Polytron. Sisanya, kata dia adalah perusahaan asing seperti Panasonic yang memiliki parent company di Jepang.

Di pabrik Polytron seluas 109.000 m2 ini diproduksi berbagai alat elektronik seperti TV, Handphone, AC, Audio, Dispenser, dan DVD Player. Dua pabrik lainnya yang terletak di Kudus dan Semarang masing-masing memproduksi speaker, kulkas, dan mesin cuci.

Adapun rata-rata jumlah produksi masing-masing barang yang dibuat, antara lain alat video 2 juta unit/tahun, alat audio 1,6 juta unit/tahun, mobile phone 3 juta unit/tahun, speaker parts 19 juta unit/tahun, dan active speaker 850 ribu unit/tahun.

Sementara untuk alat elektronik dapur seperti lemari es 1,8 juta unit/tahun, AC 100 ribu unit/tahun, mesin cuci 900 ribu unit/tahun, dispenser 120 ribu unit/tahun, showcase 300 ribu unit/tahun, dan rice cooker 300 ribu unit/tahun.

“Ya yang paling berkembang di lokal dia. Produknya banyak, mulai dari audio, home appliances, smartphone, smart TV. Mereka semua didesian tenaga dan insinyur sendiri. Dan dia akan bangun R&D 6 lantai karena masih kurang,” ucapnya.

Sebanyak 95% produk Polytron dijual di dalam negeri dengan jumlah 20 sales office, 64 service center, dan 2.500 dealer. Adapun sisanya dieskpor ke 52 negara, di antaranya Thailand, Myanmar, Bangladesh, Spanyol, Arab Saudi, Srilanka, dan Filipina.

https://kumparan.com/@kumparanbisnis...-nya-indonesia

hebat gan
image-url-apps
Cintailah produk2 indonesia
amiin...
KASKUS Ads
image-url-apps
Gak doyan bree emoticon-tempted
image-url-apps
Desain apaan sih, tinggal nyontek aja.
image-url-apps
dukung trus ploduk2 indonesia..
walopun gk prnah beli...
Kemenperin: Polytron Akan Jadi Samsung-nya Indonesia
image-url-apps
Baru tau polytron pabrikan lokal. Mestinya dibikin campaign produk2 asli Indonesia..
image-url-apps
boleh deh kalo hp polytron sekelas siomay
image-url-apps
Ntap emoticon-Keep Posting Gan
image-url-apps
tipi2 drmh sih pake Polytron, udh 3tahunan ini masih gak ada tanda2 rosak
image-url-apps
Klo di hp coba join ma epercos sapa tau bs gantiin dominasi hp overprice si opo ma pipo

Udah 12 Tahun pake TV Polytron sering 24 jam nonstop, sampe sekarang lancar jaya (y)

emoticon-I Love Indonesia
Quote:



image-url-apps
Quote:


Evercoss mayan sih, pernah pake yg android one nya. Awet, sampe sekarang masih lancar jaya
heran, kenapa ga daridulu digenjot terus ya? negara maju rata-rata 'core' perekonomiannya pasti dari dalam negeri, ga ada ceritanya 'core' perekonomiannya dari luar negeri tapi negara bisa maju emoticon-Ngacir Tubrukan
image-url-apps
Tv polytron gw beli thn 1993 leduk 2006
Beli tv LCD n LED mlh rusak per 3 thnnan emoticon-Ngakak (S)

Coba penamaan merek nya dibikin bih keren..

Misal kek produk apple.. iphone series
image-url-apps
Quote:


Ane jg make nih. Seri yg yang Android one. Smpe skrng ndk ada kendala . Tp ane pake yang mito wkwkwk
Polytron gua beli 2006. Taon kemaren 2017 mulai muncul penyakit layarnya agak butek sekarang. Tapi masih idup cuma ga enak banget buat nonton. OK lah umur 11 taon baru rusak masih bisa di toleran. emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Smoga bsa trus berinovasi dlam mmajukan teknologi nasional.
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
Quote:


Mantep .. cuman minus di baterai aja sih, terlalu kecil
×