alexa-tracking

Pengalaman buruk memesan tiket bus di bustiket.com

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21f1151ee5dff0248b4567/pengalaman-buruk-memesan-tiket-bus-di-bustiketcom
Pengalaman buruk memesan tiket bus di bustiket.com
Pengalaman ini di awali oleh rencana mendadak kita semua yang dahulu pernah kuliah di jogja untuk mengadakan reuni kecil dan bukber di Jogja. Alhasil saya yang dapat infonya hari Selasa langsung hunting tiket untuk mencari pemberangkatan di hari Jumat 08.06.2018. Berhubung ini tanggal akhir pekan menjelang lebaran tiket pun susah di dapatkan, awalnya saya mencari tiket kereta dari tiga statsiun pemberangkatan ke Jogja tapi semua penuh.


Kemudian akhirnya perburuan di alihkan ke tiket bus melalui pencarian online di berbagai website namun semua juga susah didapatkan  hingga akhirnya ketemulah satu web yakni bustiket.com. Di website tersebut akhirnya saya dapat tiket dengan nomor booking, nomor seat dan waktu pemberangkatan. Awalnya saya sudah tenang karena tiket sudah di amankan namun Disinilah masalah di mulai, Hari H  pemberangkatan pihak bus tiket tiba tiba WA bahwa nomor booking di ganti namun jam pemberangkatan dan nomor tempat duduk tetap.


Berikut wa nya dan tiketnya
Spoiler for tiket:


Responnya “sangat lambat” hingga waktu pemberangkatan (jam berangkat 15.30, nomor booking baru dikirim jam 17.05) belum ada balasan nomor booking, Akhirnya saya menuju terminal dan menuju po yang di tuju karena memang sudah deket waktunya berangkat, disini masalah kedua timbul nomor booking yang sudah saya dapatkan dari bus tiket tidak ditemukan di server po alias not found. Lucu sekali di jam pemberangkatan nomor booking yang sudah di transfer dan diberikan ke pembeli sejak 4 hari sebelumnya tiba-tiba gak ada dalam sistem po. Sementara nomor booking pengganti pun tidak ada pemberitahuan hingga jam pemberangkatan.


Akhirnya saya tertahan di po karena pihak po tidak mengizinkan orang tanpa kode booking masuk bis (hal yang tidak dapat disalahkan karena pihak po hanya menaikan penumpang yang memiliki nomor booking agar database tiket keluar, kalau tidak ada nomor booking otomatis tiket gak keluar). Saya dan pihak po kemudian berusaha menghubungi bus tiket, 2 jam lamanya wa dan telpon saya gak di respon.


Hingga akhirnya telpon saya diangkat dan setelah di tanyakan katanya nomor booking sudah di kirimkan ke pegawai po yang lain melalui wa. Kenapa gak di kirim ke wa saya agar segera di proses mengingat saya sudah menunggu di po cukup lama. Akhirnya setelah di input nomor bookingnya dapet saya sheat dan kebohongan selanjutnya terjadi yang diawalnya di beritahu bahwa seat tidak berubah ternyata nomor sheat saya berubah dari awalnya 5d menjadi 9d. 


Posisi duduk 9d ini ada di samping toilet paling belakang. Berikut kira2 denahnya tempat duduknya.
Spoiler for tiket:


Berikut poin-poin yang saya rangkum hasil dari membeli tiket di bustiket.com
1. Kordinasi
Tidak ada kordinasi yang jelas antara pihak bus tiket dengan pihak po sehingga pihak po kebingungan nomor booking berapa dan seat berapa yang sudah di booking oleh bustiket.


2. Komunikasi
Komunikasi yang buruk antara po dengan bustiket, untuk sebuah nomor booking yang sangat penting yang ditunggu berjam-jam oleh costumer, bustiket mengirim melalui wa ke pegawai lain yang bukan checker. Sehingga costumer menunggu tanpa kejelasan. Padahal bustiket punya nomor wa saya dan aktif harusnya bisa langsung kirim ke wa saya agar segera di proses dan tidak menunggu lebih lama. Kalau alasannya sibuk maka itu sudah jadi konswekuensi untuk tetap memberikan support maksimal, gas mungkin kan costumer yang sudah transfer 4 hari sebelumnya gagal berangkat gara2 cs sibuk.


3. Online yang tidak berasa online
Jika selama ini kita sangat di mudahkan dengan sistem tiket online maka tidak halnya dengan bustiket karena nomor booking yang kita dapatkan belum tentu sudah deal jadi milik kita tapi harus di verifikasi balik di po yang bersangkutan. Padahal kan tujuan beli tiket online itu buat simpel agar datang tinggal berangkat, kalau berangkat masih direpotkan dengan nomor booking dan verivikasi ulang mending beli telpon aja pihak ponya langsung atau datang ke ponya biar pasti dapat tiket.


4. Komunikasi yang sangat buruk
Beberapa kali wa email telpon ga bisa hanya untuk menanyakan nomor booking


5. Sistem transfer yang tidak auto generate
Harusnya kalau sudah trasnfer dengan kode unik harus langsung terdeteksi ke sistem seperti tiket online atau cara pembayaran lainnya sementara ini di bustiket masih harus verifikasi manual dan saat saya verifikasi manual sistem sedang trouble.


Saran dan masukan!
Setiap ada yang pesan tiket dan nomor booking sudah diberikan maka harus dipastikan ke po tiket aman untuk orang yang bersangkutan. Saya juga memesan tiket gak dadakan tapi 4 hari sebelum pergi itu artinya ada waktu sebenarnya buat kordinasi.
Sibuk dan keterbatasan tenaga cs gak bisa dijadikan alasan karena ini adalah sistem dasar yang harus dipenuhi penyedia jasa untuk memberi kenyamanan bagi penumpang.
Memang waktu itu saya lalai tidak memperhatikan kredibilitas sebuah jasa layanan karena waktu itu dikejar waktu agar dapat tiket secepatnya. Semoga masukan ini dapat memberi masukan positif untuk semuanya.
×