alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21cf731cbfaa285f8b457d/perubahan-tren-mudik-terjadi-di-bandara-juanda

Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda

Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda

Sidoarjo, IDN Times - Perubahan tren mudik terjadi di bandara Juanda, Sidoarjo Jawa Timur. Hal ini dapat dilihat dari selisih pertumbuhan penumpang dari tahun 2018 dan 2017 yang ditampilkan pada posko terpadu bandara Juanda. Communication and Legal Section Head Bandara Juanda Yuristo Ardhi membenarkan jika terjadi perubahan tren tersebut. "Memang benar puncaknya berbeda, tapi itu kan belum fix sampai H+. Kita tunggu saja nanti," ujarnya kepada IDN Times, Rabu (13/6).


1. Pada 2017, semakin mendekati hari H semakin padat
Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda
Tren mudik yang terjadi di tahun 2017 adalah naiknya jumlah penumpang ketika mendekati hari H lebaran. Bahkan pada H-3 lebaran mencapai puncak kepadatan dengan jumlah penumpang domestik 34.723 untuk kedatangan dan 26.412 penumpang yang berangkat dari bandara Juanda. Sementara 3.243 penumpang datang dan 2.903 orang berangkat melalui penerbangan internasional. "Tahun lalu puncaknya H-2," ujarnya.

Sementara untuk H-3 lebaran tahun 2018 terjadi penurunan penumpang jika dibandingkan dengan tahun lalu yaitu sebesar 4 persen untuk kedatangan dan 15 persen untuk keberangkatan penerbangan domestik.


2. Tahun ini puncak kepadatan terjadi pada H-6
Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda
Pada tahun 2018, puncak kepadatan penumpang justru terjadi pada 09 Juni yaitu H-6 lebaran. Tercatat untuk penerbangan domestik sebanyak 35.516 penumpang datang dan 26.664 penumpang berangkat dari bandara Juanda. Bahkan, kenaikan signifikan terlihat pada muatan kargo yang naik hingga 107% untuk kedatangan dan 105% untuk keberangkatan.


3. Penurunan dimulai saat H-4
Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda
Penurunan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan tahun lalu dimulai dari H-4 lebaran yaitu sebesar 5 persen untuk kedatangan dan 2 persen untuk keberangkatan domestik. Sementara untuk penerbangan internasional mengalami peningkatan sebanyak 10 persen untuk kedatangan dan 28 persen untuk keberangkatan.


4. Perubahan kepadatan disebabkan perubahan hari libur
Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda
Yuristo menyadari perubahan tren para penumpang di bandara Juanda. Ia berpendapat bahwa perubahan ini disebabkan oleh berubahnya libur hari raya. "Tahun ini kan liburnya panjang. Jadi orang-orang jauh-jauh hari sudah pada mudik," terangnya.

Berdasarkan pantauan terakhir, jumlah penumpang pada penerbangan domestik adalah 209.205 untuk kedatangan dan 152.585 untuk keberangkatan. Sedangkan 24.486 penumpang datang dan 19.800 penumpang pergi melalui penerbangan internasional Juanda.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda 10 Lagu KPop yang Cocok untuk Temani Perjalanan Mudik, Yuk Dengerin!

- Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda Hampir 50 ribu Pemudik Berlabuh di Tanjung Perak

- Perubahan Tren Mudik Terjadi di Bandara Juanda Fasilitas Mudik Kurang Ramah Terhadap Disabilitas 

Urutan Terlama
Jadi kangen sama Surabaya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di