alexa-tracking

Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21c7cca09a39cd1a8b4567/janji-tinggal-janji-anies-sandi-lanjutkan-reklamasi
Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi
Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta sebagai sinyalemen Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno melanjutkan proyek reklamasi. 

Padahal, pada masa kampanye dan awal kepemimpinanya, Anies-Sandi janji menghentikan proyek reklamasi.

"Janji penghentian reklamasi tersebut merupakan poin nomor 6 dari 23 janji politik Anies-Sandiaga. Suatu utang yang harus dibayar kepada pemilihnya yang percaya bahwa janji tersebut akan terwujud. Namun, janji sepertinya tinggal janji saja," kata Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Marthin Hadiwinata melalui pesan elektronik kepada redaksi, Selasa (12/6).

Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

KNTI yang menjadi bagian Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta memandang Pergub tersebut cacat hukum karena merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta yang sudah dinyatakan tidak berlaku oleh Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2008.

Selain itu proyek reklamasi Teluk Jakarta masih menyisakan berbagai permasalahan seperti tidak adanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) kawasan maupun regional, tidak adanya rencana zonasi (RZWP-3-K) dan rencana kawasan strategis, ketidakjelasan tentang lokasi pengambilan material pasir, hingga pembangunan rumah dan ruko di atas pulau reklamasi tanpa didahului IMB, bahkan tanpa sertifikat tanah.

Pihaknya mengecam keras keluarnya Pergub yang ditetapkan Anies tanggal 4 Juni 2018 itu. Seharusnya, kata dia, yang dilakukan Anies bukan sekedar menyegel bangunan di Pulau D tetapi melakukan pembongkaran.

"Ternyata Anies-Sandi lebih memutuskan melanjutkan proyek reklamasi," tandas Marthin

Amanah.com

Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

Kalau misalnya pulau reklamasi digunakan untuk lokasi rumah DP 0 gimana dampak lingkungannya ya akhi

emoticon-Bingung
image-url-apps
sepi euy
Dulu jaman Ahok, kata ikhwan nasbung waktu tolak reklamasi sih gini emoticon-Matabelo

Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi


A. Merusak Lingkungan Hidup

Telah dinyatakan tidak layak dan merusak lingkungan melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 14 Tahun 2003 tentang Ketidaklayakan Rencana Reklamasi dan Revitalisasi Teluk Jakarta. Putusan pengadilan membatalkan tetapi tidak menghilangkan penilaian ketidaklayakan lingkungan hidup dari Reklamasi Pantura Jakarta.

B. Menghancurkan Ekosistem Sumber Pasir Urugan

Setiap hektar pulau reklamasi akan membutuhkan 632.911 m3 pasir. Jika dikalikan luas pulau reklamasi yang direncanakan 5.153 ha (Tempo, 2015), maka akan membutuhkan sekitar 3,3 juta ton m3 pasir.

Pengambilan bahan urugan (pasir laut) dari daerah lain akan merusak ekosistem laut tempat pengambilan bahan tersebut. Juga terjadi konflik berdarah dengan nelayan lokal seperti di Lontar, Serang-Banten.


C. Tidak Ada Reklamasi Alamiah Tetapi Sebuah Proyek Rekayasa Lingkungan yang Merusak dan Menghancurkan Ekosistem

Bentang alam Jakarta terbentuk secara alamiah melalui proses akresi yang berlangsung dalam waktu yang lama. Proses tersebut terjadi dengan terbentuknya13 sungai yang mendorong sedimentasi secara alamiah yang kemudian mencapai hilir di Teluk Jakarta lalu mengeras dalam waktu ratusan hingga ribuan tahun. Proses ini sangat alamiah dan tidak merusak lingkungan. Jadi tidak pernah terjadi reklamasi alamiah di Jakarta, karena reklamasi merupakan rekayasa lingkungan yang mengabaikan kondisi Teluk Jakarta.

D. Menghancurkan Ekosistem di Kepulauan Seribu

Pertumbuhan karang di Kep. Seribu akan terganggu akibat tekanan bahan pencemar dan sedimen. Ditambah lagi dengan adanya perubahan arus yang semakin meningkat akan menghantam pulau-pulau kecil di pulau Seribu. karena Perubahan arus akan menggerus gugusan pulau kecil dari Kepulauan Seribu yang terdekat Teluk Jakarta akibatnya akan tergerus, rusak dan bahkan lenyap. Salah satu pulau kecil yang bersejarah adalah Pulau Onrust sebagai situs sejarah perkembangan VOC di Indonesia.

E. Merusak Tata Air di Wilayah Pesisir

Jika reklamasi dilakukan seluas 5.100 ha, maka sistem tata air di wilayah pesisir lama akan rusak. Kerusakan sistem tata air terjadi setidaknya pada radius 8-10 m. Karena reklamasi akan menambah beban sungai Jakarta di saat musim hujan. Jika air sungai terhambat keluar, maka akan menyebabkan penumpukan debit air di selatan.

F. Menghancurkan Mangrove Muara Angke dan Habitat Satwa yang Dilindungi

Hutan bakau sebagai tempat bertelur dan habitat ikan-ikan kecil (nursery) dan hutan mangrove penangkal abrasi akan digantikan oleh tumpukan pasir dan semen. Pada tahun 1992 Jakarta memiliki 1.140,13 Ha yang dikonversi seluas 831,63 Ha menjadi pemukiman elit, lapangan golf, kondominium dan sentra bisnis di kawasan pemukiman Pantai Indah Kapuk (PIK).

Saatini, hutan mangrove di Teluk Jakarta tersisa seluas 25,02 ha dan akan rusak secara perlahan karena sirkulasi arus yang berubah. Tanggul laut akan menambah tekanan dan mengakibatkan kerusakan suaka marga satwa tersebut. Jakarta Green Monster mencatat seluruhnya ada 91 jenis burung, yakni 28 jenis burung air dan 63 jenis burung hutan, yang hidup di wilayah ini. Sekitar 17 jenis di antaranya adalah jenis burung yang dilindungi.

emoticon-Christmas
KASKUS Ads
image-url-apps
prestasi gubernur ku dong..
image-url-apps
Nastaik dipesiiahkan segera bully anis uno😉
image-url-apps
masih ane pantau emoticon-Cool
image-url-apps
deng dong deng


aaaaaaaaaaaaaa

kena tipuuuuuuuuuuuu emoticon-Leh Uga
image-url-apps
tinggal nunggu bahasa halus nya aja emoticon-Big Grin
emoticon-Rate 5 Star
image-url-apps
Kalau Mengingkari Janji Yang disaimpaikan ke Orang banyak termasuk munafik nggak?

Harus latihan mandiin mayat sendiri nih duo ASU

emoticon-Leh Uga :leuhuga
Janji Tinggal Janji, Anies-Sandi Lanjutkan Reklamasi

emoticon-Traveller
anak soeharto masih berkuasa emoticon-Mad:
image-url-apps
ngelesnya apa ya kali ini?
image-url-apps
anies udah kenak dozer emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Di bohongi wan abud wkwkwkwkw

Berani sama taipan? Taiiii wkwkwkwk

Wan abud dr jaman bahula selalu dekat dgn taipan
image-url-apps
WAN ABUD DAFAT FROYEK......
image-url-apps
kerja gabener emoticon-Marah
image-url-apps
Siapa suruh pilih anus mah
image-url-apps
Gabenel wkwkwkwkwk emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Nasbung mana ya pada ngumpet

emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
×