alexa-tracking

Ini pengertian sumpah Mubahalah yang dilontarkan Habib Rizieq

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21b3521854f7b6278b4567/ini-pengertian-sumpah-mubahalah-yang-dilontarkan-habib-rizieq
Ini pengertian sumpah Mubahalah yang dilontarkan Habib Rizieq
13 Juni 2017 08:00
Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Syihab melontarkan sumpah Mubahalah terhadap orang-orang yang dianggapnya telah memfitnah dirinya. Rizieq membantah terlibat dalam kasus chat mesum dengan Firza Husein.
Berikut isi sumpah Mubahalah yang diunggah di akun Twitter resmi Rizieq, Februari 2017 lalu:

Mubahalah
"Demi Allah, Alhamdulillah, sejak saya memasuki usia taklif hingga saat ini, saya tidak pernah mencuri, merampas, merampok, membunuh, berjudi, menenggak miras, sodomi ataupun berzina.

Jika saya berdusta maka laknat Allah SWT atas diri saya. Dan jika saya benar, maka mereka yang memfitnah saya dan tidak bertaubat akan dilaknat oleh Allah SWT di dunia dan akhirat."

Apakah arti Mubahalah?

Kata Mubahalah berasal dari kata Bahlah atau Buhlah yang berarti kutukan atau laknat. Dalam praktiknya, sumpah Mubahalah dilakukan oleh dua pihak yang berperkara sama. Mereka kemudian berdoa kepada Tuhan agar menjatuhkan laknat kepada pihak yang mengingkari kebenaran (Quraish ShihabTafsir al-Mishbah (Lentera Hati, Djuanda), Jilid 2.

Sumpah Mubahalah merujuk kepada salah satu ayat di surat Alquran.

"Kemudian sesiapa yang membantahmu (wahai Muhammad) mengenainya, sesudah engkau beroleh pengetahuan yang benar, maka katakanlah kepada mereka: "Marilah kita menyeru anak-anak kami serta anak-anak kamu, dan perempuan-perempuan kami serta perempuan-perempuan kamu, dan diri kami serta diri kamu, kemudian kita memohon kepada Allah dengan bersungguh-sungguh, serta kita meminta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang berdusta." (Surah Ali Imran ayat 61).

Ustaz Syamsul Arifin Nababan, pendiri pondok pesantren mualaf An Nabba Center menjelaskan, sumpah Mubahalah adalah sumpah atas nama Allah SWT untuk masing-masing itu membuat sebuah pernyataan dalam sebuah masalah, biasanya terkait kasus fitnah. 

Di dalam Islam ketika seseorang difitnah boleh menantang orang yang memfitnah itu melakukan sumpah Mubahalah. 

"Nah misalnya katakan dua orang bertikai, dia mengatakan 'Saya bersumpah dengan nama Allah SWT atau demi Allah SWT apabila pernyataan saya ini salah atau saya bohong si fulan yang benar maka saya siap dilaknat oleh Allah SWT, saya keluarga saya, anak saya dan keturunan saya semuanya. Tapi apabila saya yang benar dan yang memfitnah saya salah maka dia bersama anak dan keturunannya dilaknat oleh Allah SWT'," kata pria yang biasa dipanggil ustaz Nababan kepada merdeka.com, di pondok pesantren mualaf An Nabba center, Ciputat, Senin (12/6).

Jadi sumpah mubahalah itu untuk saling melaknat. Sumpah ini tingkatan sumpah yang terakhir dan paling tinggi. Kata dia, dalam sumpah itu Allah memberikan azab atau laknat secara langsung tanpa menunggu beberapa hari. Istilahnya sumpah ini adalah sumpah serapah.

"Jadi salah satu pasti ada yang dilaknat Allah tapi banyak yang meninggal atau stroke itu banyak," ucap ustaz Nababan.

Jangan saling menghujat bree
Tiada asap tanpa api bre emoticon-DP
image-url-apps
Yg mati dilaknat masuk sorga atau neraka?
KASKUS Ads
image-url-apps
Cuma dia yang boleh ngomong kasar, menghina orang, menggoblok-goblokan orang, menghina orang dengan menyamakan seperti binatang.

Padahal cuma keturunan, sementara yang diakui sebagai awal silsilahnya aja gak pernah mengajarkan dan melakukan hal itu.

Apa itu bukan penistaan terhadap Rasulullah?
image-url-apps
Muhabalah bukannya kedua belah pihak ya?

Alias saling menyumpahi kasarnya..

Kalo cuma satu pihak, maksudnya gimana ya?
image-url-apps
gua mau bikin thread lagi ni bree
biar sama2 bisa belajar agama Islam
image-url-apps
kata si aming nganunya bisa pemalu juga emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


SYARAT MUBAHALAH

Dalam bermubahalah, para ulama memberikan syarat sebagai berikut:

Ikhlas karena Allah.
Tujuan mubahalah adalah untuk menegakkan yang hak dan meruntuhkan yang batil, bukan untuk mencari kemenangan dalam berdebat dan popularitas.
Mubahalah dilakukan setelah dilakukan dialog terlebih dahulu. Dalam dialog tersebut, telah diberikan bukti nyata, namun lawan masih menentangnya. Di sini, boleh dilakukan mubahalah.
Lawan sudah ketahuan dengan jelas kesalahannya, namun ia masih inkar dengan kebenaran dan menuruti hawa nafsu.
Mubahalah harus terkait dengan perkara yang sangat penting dalam urusan agama, seperti ketika lawan meragukan keberadaan Tuhan, inkar dengan Nabi Muhammad, inkar dengan hari kiamat dan lain sebagainya.
Diyakini bahwa mubahalah akan membawa maslahat bagi umat Islam secara umum, bukan justru menambah masalah.
Tidak diperkenankan melakukan mubahalah pada perkara furuiyyah (cabang) atau perkara ijtihadiyah.

Demikian Pengertian Mubahalah dan Risikonya. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*
image-url-apps
Quote:


lu org ngomong yg bner -_-"
image-url-apps
itung aja udah berapa orang yang mati gara-gara ini
udah banyak yang tobat juga gara-gara temennya mati

image-url-apps
Quote:


kalo di jawab marah ga ??
image-url-apps
Quote:


gua mah adem2 aja bre
image-url-apps
Ini pengertian sumpah Mubahalah yang dilontarkan Habib Rizieq
image-url-apps
Quote:


nah ktemu lagi bre
Quote:


Ya elo emang ngefans sama doi mo ngomong apa mah lo bakal tetep manggut-manggut aja bre emoticon-Gila
image-url-apps
bibib sang juru selamat ya akhi
image-url-apps
Quote:


berani sumpah ga bre ?
image-url-apps
Plezwan aza deh emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


baru ini pengen buat thread di KASKUS emoticon-Ngakak
Quote:


Sumpah opo? Tuh videonya udah gue post.