alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tongkat Kayu Dan Batu Jadi Tanaman? (Tread Tani)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b217bc398e31bab658b4578/tongkat-kayu-dan-batu-jadi-tanaman--tread-tani

Tongkat Kayu Dan Batu Jadi Tanaman? (Tread Tani)

Malam gan/sis

Selamat datang di Thread Tani sederhana saya., Disini saya akan berusaha untuk menjelaskan sesuatu dengan sejelas mungkin sehingga sesuatu tersebut menjadi jelas..
For note, Thread ini akan saya buat dalam bentuk seri, dan sejenis artikel pendek. Saya tidak mengharapkan cendol/bata karena tread ini saya buat semata-mata untuk menumpahkan kegundahan saya dalam bentuk tulisan, namun saya sangat terbuka terhadap masukan maupun kritikan agan-agan sekalian. Tanpa berbasa basi kita langsung cus ke tkp.

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman merupakan salah satu petikan lagu terkenal jaman behulak, sebuah lyric yang berusaha menggambarkan betapa suburnya tanah di Tanah kita Indonesia ini. Lalu apakah kenyataannya seperti itu? Kalo begitu mengapa masih banyak petani yang melarat? Mengapa produk pertanian indonesia banyak yang kalah saing dengan negara lain? Mengapa Indonesia harus mengimpor bawang, cabai, kedelai, hingga beras dari negara lain?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kembali ke dasar, sebenarnya seberapa subur sih tanah di Indonesia?
Secara umum, tanah itu memiliki kelas, mulai dari kelas 1 sampai kelas 7. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan cari di google, lengkap kok gansis. Kelas 1 adalah kelas terbaik, karena hanya memiliki sedikit faktor pembatas dan hampir dapat ditanami oleh semua jenis tanaman. Faktor pembatas sendiri adalah sebuah faktor yang menghalangi pertumbuhan tanaman, misalnya stukutur tanah dll.. dan faktor pembatas ada yang bisa diperbaiki ada yang tidak,untuk informasi lebih jelas tersedia banyak di google.. Kembali ke topik: dan faktanya, tanah kelas 1 di Indonesia itu sangat amat minim, dan kebanyakan, tanah kelas 1 di Indonesia malah dimanfaatkan untuk penanaman sawit, dan bahkan digunakan untuk pembangunan perumahaan. Miris bukan? Akibatnya? Lahan yang dapat digunakan untuk penanaman hortikultura sangat minim. Jadi jangan heran ketika Indonesia masih meng impor bahan2 makanan dari luar negeri. Tanah juga merupakan salah satu faktor yang sangat sensitif gan sis, karena hanya berbeda 500m saja, sifat tanah bisa berbeda 180drajat donk.


Penyebab kemunduran lainnya dalam Kelas tanah di Indonesia adalah penggunaan pupuk kimia secara berlebih. FYI: ketika saya PKL/KKN rata2 rekomendasi pupuk urea untuk 1 ha padi adalah 250kg tetapi petani rata2 menghabiskan sampai 300kg lebih. Akibatnya? Tentu saja hasilnya meningkat pada awal2 musim, namun kualitas tanah menurun drastis dan sangat merugikan petani juga untuk jangka panjang. Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan juga dapat menurunkan kualitas tanah deengan cepat, karena berperan aktif dalam membunuh organisme yang sangat membantu dalam penyuburan tanah seperti cacing tanah dan lain2..

Kesimpulan sederhananya adalah : Indonesia memiliki tanah subur? Itu tinggal sejarah pak/buk... kenapa? Kebanyakan tanah kelas 1 tidak dimaksimalkan potensinya dan digunakan untuk hal2 yang kurang primer, selain itu, tanah sangat gampang kehilangan kesuburannya.. Pemakaian pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan dapat menurunkan kualitas tanah secara cepat, dibantu dengan erosi yang tinggi akan mengakibatkan kelas tanah akn menurun dengan drastis.. Cara terbaik untuk menjaga kesuburan tanah adalah dengan penggunaan bahan organik, pengurangan pupuk kimia, pengolahan limbah rumah tangga dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masalah pertanian di Indonesia menurut saya pribadi adalah masalah yang rumit, dan akan saya coba paparkan dalam bentuk tread tread selanjutnya, silahkan ditunggu gan/sis..
dan saya membuka diskusi/pertanyaan gan/sis di kolom reply, yak silahkan mangga

Terimakasih
Urutan Terlama
wah kok bsa gitu ya breeee emoticon-Bingung
Isi threadnya bagus, cuman penampilan threadnya kurang menarik/biasa aja.

Quote:


Sayang banget ya.

Quote:


Apa petaninya sudah dikasih soal ini? Maksudnya kayak seminar gitu, biar para petani tahu.
Diubah oleh rausanvikri
Kek cewek bree, lama kelamaan jadi gasubur heu heuu
tanah subuh indonesia hanya sejarah emoticon-Frown
negara subur kok impor beras emoticon-Ngacir
Quote:


ini mau di jadiin pengantar ke tread2 selanjutnya gans
Quote:


sok di baca dulu gans


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di