alexa-tracking

Petani Untung Konsumen Tersenyum Menyambut Idul Fitri 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b21730e620881dc4a8b4577/petani-untung-konsumen-tersenyum-menyambut-idul-fitri-2018
Petani Untung Konsumen Tersenyum Menyambut Idul Fitri 2018
Petani Untung Konsumen Tersenyum Menyambut Idul Fitri 2018


Dalam rangka memonitor pergerakan harga komoditas sayuran khususnya bawang dan aneka cabai menjelang hari raya Idul Fitri,
Kementan melalui Ditjen Hortikultura memantau produksi dan pergerakan harga dua komoditas strategis tersebut.

Hal ini sesuai instruksi Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar jajaran Kementerian Pertanian terus memonitor pergerakan produksi dan harga kedua komoditas strategis yang berpengaruh terhadap inflasi nasional.

"Jaga agar jangan terjadi gejolak harga bawang dan aneka cabai menjelang hari Raya Idul Fitri, kita ingin masyarakat tersenyum, dan petani untung," tutur Amran.

"Koordinasi terus dilakukan dengan berbagai pihak terkait seperti Satgas Pangan, Kemendag, dan Pemerintah Daerah baik di level Propinsi dan Kabupaten", tambah Amran.

Dirjen Hortikultura Suwandi menuturkan harga bawang merah pada H-3 lebaran 2018 turun 3,7% di 43 pasar retail Jakarta dibanding tahun 2017.

Pada H-3 ini harga bawang merah terpantau rata-rata Rp. 38.277 per kilogram. Cabai rawit merah yg menjadi momok di lebaran tahun 2017 saat H-3 lebaran ini berada pada harga Rp. 38.530 per kilogram (turun 25%), dan cabai rawit hijau Rp. 33.161 (turun 9,9%).

Ada sedikit kenaikan pada komoditas cabai merah besar pada H-3 lebaran 2018 dibanding H-3 lebaran 2017. Harga saat ini Rp. 42.689 per kilogram (naik 16,6%) dan cabai merah keriting Rp. 35.253 per kilogram (naik 6,7%), namun kondisi kenaikan ini masih terjangkau masyarakat, tutur Suwandi.

Suwandi juga menambahkan bahwa pantauan posko bawang dan aneka cabai terhadap harga di level petani yang saat ini berkisar antara Rp. 21.285 per kilogram (BEP Rp. 11.036 per kilogram) untuk bawang merah, cabai rawit merah Rp. 25.130 per kilogram (BEP Rp. 12.197 per kilogram), cabai merah besar Rp. 25.319 per kilogram (BEP Rp. 10.763 per kilogram).

"Cabai merah keriting (Rp. 27.063 per kilogram (BEP Rp. 10.763 per kilogram), cabai rawit hijau Rp. 20.926 per kilogram (BEP Rp. 10.763 per kilogram), rata-rata petani mendapatkan keuntungan antara Rp. 10.200 sampai dengan Rp. 16.300 per kilogramnya, yang berarti petani bisa tersenyum menghadapi lebaran 2018," tukas Suwandi.

Menurut Suwandi, stabilisasi pasokan dan harga menyambut Idul Fitri 1439 H dapat dijaga karena beberapa hal diantaranya:

1) Kesadaran kelompok tani binaan di bawah koordinasi champion cabai dan bawang merah konsisten dalam mengawal manajemen tanam. Produksi yang ada saat ini untuk aneka cabai merupakan pengaturan manajemen tanam pada 3 bulan sebelumnya dan bawang merah merupakan hasil manajemen tanam 2 bulan sebelumnya,

2) Iklim yang mendukung dengan kondisi curah hujan sedang sehingga sangat mendukung pertumbuhan aneka cabai dan bawang merah,

3) Luas tambah tanam aneka cabai meningkat 5 -10 % dibanding bulan bulan sebelumnya,

4) Serangan OPT rendah yaitu dibawah 5 % dari luas total serangan nasional serta digalakkan gerakan pengendalian OPT ramah lingkungan,

5) Harga aneka cabai dan bawang merah 3 bulan sebelumnya posisinya stabil sehingga petani bersemangat untuk menambah luas tambah tanamnya. (*)



http://m.tribunnews.com/nasional/201...dul-fitri-2018



Tetep Aja Pengenya Cepet Cepet Tahun Depan

image-url-apps
image-url-apps
mau nanya Ama yg menggonggong ganti pleciden emoticon-Big Grin
emangnya mau diganti Ama siapa?
gw serius nanya nih emoticon-Big Grin
kasi paling kaga satu nama dah emoticon-Big Grin

kalian kan selalu bilang mewakili umat umit umat umit

umat mana? umat Petamburan? umat sapi?
umat panjing? umat gerandong?

gw sebagai seorang muslim
dan JUTAAN muslim lain GA PERNAH NGERASA diwakili / member umat umat diatas emoticon-Betty (S)

kalo yg gantiin Wiwi member dari 3 geng tadi
mendingan Wiwi lanjut aja emoticon-Leh Uga

amit amit jabang bayi kalo diganti Ama WOWOK emoticon-Najis
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Sebagai seorang muslim ente merekomendasikan siapa donk selain WIWI dan WOWO buat pemilu mendatang?
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
Quote:


Ane sih kalo dari kalangan PKS mending Aher atau Mardani Ali Sera. Aher udah terbukti di pemerintahan. 90% janjinya dipenuhi ketika menjabat. Banyak penghargaan. Ane yakin itu ga main2. At least secara administrasi lancar semua. emoticon-shakehand Mardani Ali Sera kebetulan tau karena beliau dari kalangan akademisi juga, karya ilmiah banyak di google scholar. Jadi percaya lah dengan kualitas beliau kalo bisa tembus sampe sana. emoticon-shakehand

Wowok? Kebanyakan udah males milih doi kok. emoticon-Big Grin Mending Gatot atau TGB kalau bukan dari kalangan PKS di atas.

Alasan ga milih jokowi? Males aja ngeliat janji2nya ga dipenuhi dan terkesan menggampangkan sesuatu. Emang jamin calon lain ga bakal gitu juga? Gw sih ga bisa jamin. Tapi setidaknya pakde udah terbukti ga sesuai dengan janjinya. Kalo 1 2 ok lah ga sesuai janji, misalkan karena emang untuk negara. Tapi kalo sampe >10 janji. Wah itu sih udah ga amanah. Dan di lingkaran pakde juga lebih banyak kalangan militer juga loh. Terlalu banyak pun ga baik menurut ane. Sudah saatnya pulkam buat beliau. emoticon-Big Grin

Yang parah sih di bumn menurut ane. BUMN makin keliatan ga jelas. dan Menteri BUMN menurut ane juga parah sih. Kok ga diganti2 itu loh. Mending pak Dahlan Iskan kemana2.

Btw, kalo Jokowi-Puan gimana menurut om?

Apa nama2 yg ane kasih yaitu Aher, Mardani Ali, Gatot, dan TGB tidak lebih baik dari Jokowi? Kenapa?
image-url-apps
Quote:


kalo ane sih setuju gan, kebanyakan PKS itu akademisi, cuman nastak kan iritasi, mereka lebih milih parte terkorup yang 3 OTT KPK dalam sepekan

daripada jokowi - puan mendingan JONRU (Jokowi & Romahurmuziy)
image-url-apps
Quote:


akademisi....khilafah..kiblat ke isis....pendukung hti yg akan ganti pancasila?

ihkwanul muslimin cabang indonesia....partai yg ngaku paling suci
...tapi ketua umum nya krna kasus korupsi?
wow.....?...????????!!!!!!!!!!!!&$&#&@$&#&%#&#£#¥#£#€#£₩ FFUU CCKK
image-url-apps
Quote:


hater, hahaha
nggak ngaca
image-url-apps
Quote:


delusi.....pkshit mau mengajukan jadi capres? ngaca.......cawapres aja kagak laku.....wkwkwkkw
image-url-apps
Quote:


hater permanen, hahaha
image-url-apps
Quote:


Ah ente kudet yus.
Wowok lagi wowok lagi.

Kan udah ada aming, the king maker, the king slayer, lone wanderer from DIY-JKT, the king banana.
image-url-apps
Quote:


nasbung permanen.....wkwkwwkw....
image-url-apps
Quote:


salah tebak, hahaha
kasihan nggak bisa liat IP ane
image-url-apps
Lebaran ini harga pangan relatif adem ya, yg mau ganti pres kaga muji nih😆
image-url-apps
Quote:


pendukung pkshit udah pasti nasbung......wkwkwkw
image-url-apps
Musim kemarau pamer Bawang merah kagak naik....
Govlok

Musim kemarau pamer Lombok 50rb....
Govlok

Panen Raya pamer harga beras tidak naik...
Govlok

Tanya tuh harga ayam sama telur
image-url-apps
Quote:


Gatot boleh, bahkan BIBIB sekalipun juga boleh,
Asal, bersumpah live bahwa TIDAK PERNAH CHAT CABUL AMA FIRZA.
selama ini sumpahnya kan via meme

kebo junior juga boleh

yg penting BUKAN DARI TRIO partai bandit tadi

tapi kalo Wiwi disandingkan Ama. puanjing,
gw GOLPUT
×