alexa-tracking

Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b216012dcd770dc358b4571/pendakian-gunung-tertinggi-di-pulau-jawa
Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa
Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa


Halo, perkenalkan nama saya Achmad Rizal Subekhi biasa dipanggil Tejho (panggilan sejak SMP sampai sekarang), berasal dr kota dingin (menurut aku sih)emoticon-Embarrassment pastinya kota malang Jawa Timur Indonesia, saya disini mau menceritakan pengalaman saya ketika melakukan pendakian di G.Semeru yang terletak di Kota Malang Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Saya disini tidak sendirian melakukan pendakian tersebut, ditemani dengan dua teman saya Rizki Pratama (Shino) dan Aan Triyan Pratama (Kentong). InshaAllah semoga kalian pembaca tread saya tidak bosan dan betah disini. emoticon-Wowcantik


Mohon maaf jika ada salah kata atau omongan sedikit kasar ketika penulisan, maklum baru pertama kali nge-tread dimari, jika ada yg kurang yg salah tegur saya ya kawan", dan juga jika ada bahasa yg agan tidak ketahui mohon maaf, saya menggunakan bahasa sehari" saya bahasa campuran indonesia jawa dan juga bahasa khas malang yaitu bahasa walikan.

Buat agan juga sista yg baca tread saya, bila tidak mengerti boleh hanya lewat tidak dibaca, saya disinj ingin berbagi cerita pengalaman saya ketika mendaki gunung.

Mohon maaf dan juga Terima Kasih emoticon-Malu emoticon-Malu

Langsung cuss yok cekidot.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Eits hampir lupa, jangan lupa bagi cendol ya abang" eneng" yg cantik cakep juga baek hati hehe emoticon-Embarrassmentemoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik emoticon-Cendol Gan



Part One
Part Two

Part One

Part One

Dipagi hari di hari libur pastinya hari minggu saya seperti biasa bangun tidur siang sekitar jam 10.00wib, seperti biasa mata melek (terbuka) cek notif HP, ada beberapa pesan WA masuk dari teman" juga dari yg lainnya. ada satu notif yg bikin saya semangat, apa itu ? pesan dari grub Feels Good yg beranggotakan saya, Kentong, Shino dan teman yg lainnya.

Kentong : Jho, nanti habis maghrib ngopi di warung senggol yo..
Shino : gitu aja individu gak ngajak lainnya...
Kentong : yo gak gitu mboot, yo ayo semua sing free ayo ngopi di warung senggol tempat biasanya.
Shino : yo gitu, lek ajak biar teman" tidak mengira individu mbot..
Kentong : nggeh pak eko..
Tejho : Siap tong jangan lupa kaya biasane, pick me yoo wkwkwk
Kentong : pancet ae dapuranmu mbot..
Tejho : wes sing manut ambe kancane.
Kentong : Y

Setelah beberapa saat mengutak atik hp, saya melaknjutkan aktivitas seperti biasa, mandi makan dan berangkat ke konter HP milik kakak saya, biasa cuci mata liatin SPG dikonter sambil menunggu waktu jemputan Kentong buat ngopi wkowkowko...

Tak terasa jam menunjukan pukul 18.30 kemudian saya WA si Kentong agar segera menjemput saya dikonter, 15 menit kemudian Kentong sudah sampai dikonter dan saya bersamanya langsung berangkat menuju Warung Senggol, tak membutuhkan waktu lama sekitar 25 menit kami sampai di Warung Senggol dan disusul dengan Shino yg datang setelah saya dan Kentong.

Aku : buk pesen
Ibuk : yawes sampean tulis dek kertas iku...
Aku : siapp!!! lu pesen apa tong ?
Kentong : es susu melon sama nasi tahu tempe + usus 2 biji
Aku : tumben pesen makan ? gak dipakani ta ambe pak mu, hahaha
Kentong : oo raimu cuk, kangen masakan e ibuk aku, haha
Aku : awakmu opo no ?
Shino : es susu capucinno sama nasi campur
Aku : wadah pada makan semua, aku makan sisan wis, nasi goreng + es susu melon.

selang beberapa menit makanan minuman kami pun datang, dan selamat makan. setelah makan kami pun berbincang seperti biasa, ada yg cerita soal game soal kerjaan campur jadi satu deh pokoknya.

Kentong : jho semeru wis dibuka suk tgl 4 april..
Aku : yawes a direncanakno kalo mau ndaki... tak guide i wis.
Kentong : yo ayo wes kapan ? tgl 5 a budal ?
Aku : aku manut wis terserah kapan berangkat.
Shino : aku pisan manut pokok diselangi duwik sek soale kan saiki tgl 1 beh tgl 5 wis deket celenganku belom cukup gawe mangkat.
Kentong : iyo wes tk selangi sek, tapi disaur lo yo, lek gak tak bedil ndiasmu.!! haha
Shino : kok gk peercaya men nang sahabat kentel e. hahaha
Aku : yawes kalo begitu ndang booking online di web resmi e TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)
Kentong : yo pas dek rumah tak booking online, saiki catet nomer KTP ambe jeneng lengkapmu kabeh kirim nang Whatsapp...

Aku,Shino : siapp komandan !!! hahaha

jam menunjukan pukul 22.30wib setelah serasa cukup ngopi dan ngobrol santai kami beranjak dr tempat duduk melanjutkan ke rumah tante nya Shino untuk melakukan list barang bawaan yang akan dibawa dan juga barang yg perlu disewa.

blablablabla

Akhirnya selesai list barang yg akan dibawa dan juga disewa, saya pulang sampai rumah jam 00.09wib langsung pergi ke kamar mandi dan masuk kamar langsung terlelap di pulau kapuk.
Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa salam dari mahameru -juni2016-
Quote:


salam juga bang 😊 makasih dah mampir dimari, semoga betah
ngak ngerti emoticon-Hammer2
Etdah gan, sebagai penulis jangan anggap semua pembaca itu mengerti apa yang agan tau, anggap mereka netral yang gak tau apa apa. Kalo mau pake bahasa daerah ya translate gan, gua baru buka langsung males juga bacanya karena gak ngerti. Makasih sebelumnya.
makasih saran dr temen" biar saya perbaiki untuk penulisan kata didalam cerita.

Part Two

Part Two

Sorry updatean kali ini belom bisa pake link part, ane belom paham cara ngelink part tread nya... Lanjut deh yaa
.
.
Senin pagi hari, saya sengaja bangun pagi jam 08.00wib (sudah siang yee) hehe dan melakukan aktivitas biasanya.. Karena sudah janjian guna membeli dan menyewa barang pendakian. saya langsung berangkat ke rumah Shino menjemput dia karena si Kentong tidak bisa menemani saya buat belanja dan menyewa barang. Sekitar 10 menit saya sampai dirumah Shino, ternyata dia belom siap" belum mandi.

Aku : yaelah mbot sepertinya kemarin janjian jam 9 berangkat sewa peralatan ??
Shino : biasa molor jam indonesia
Aku : edan, gak kebagian persewaan e sukur loh yo rasido mangkat.
Shino : sabar aku mandi dulu sebentar kok, sekalian sarapan hehe
Aku : cah edan...!!

Setelah beberapa menit saya menunggu Shino mandi dan makan. jam 09.50 kami pun melanjutkan rencana guna belanja dan menyewa alat camping. mulai dari ke indoma*** ke pasar dan tujuan akhir ke salah satu tempat sewa alat camping yg berada dikota malang.. Akhirnya selesai juga aku dan Shino sampe rumah Shino kembali sekitar jam 14.00wib dan melakukan packing sedikit demi sedikit karena masih ada barang yang kurang.

Selasa, siang hari saya dan Kentong pergi ke Bank terdekat guna membayar hasil bookingan online Pendakian Gunung Semeru. Setelah itu melanjutkan belanja logistik yang kurang, sorem hari kami berkumpul dirumah Shino guna memperjelas planing pendakian juga nanti malam mengurus surat keterangan sehat (SKS) dari dokter maupun puskesmas. Setelah semua persyaratan lengkap, langsung kami masukkan surat" tersebut ke map plastik agar tidak berserakan berkas" nya. Semisal tidak di kumpulkan rapi, ketika sudah di pos ijin ternyata ada yg kurang surat" juga persyaratannya bisa mampus gak jadi ndaki nih gan..

Rabu, kita kembali berkumpul dirumah Shino guna mematangkan planing pendakian. Karena disni saya sebagai Leader dan memang suka hiking saya harus matang mempersiapkan semuanya karena Kentong dan Shino baru pertama ini melakukan pendakian.

Aku : tong, no ? gimana kondisimu aman a ?
Kentong : inshaallah aman jho, pokok aku nanti ketika jalan ndakk capek trus istirahat, aku jangan ditinggal loh ya.
Shino : jangan sok perhatian mbot kamu... haha
Aku : beneran ini gk main", kamu nggak pernah ndaki, jangan disepelekan apalagi ini gunung tertinggi di pulau jawa, jangan sembrono kamu. Berangkat ndaki gak bisa pulang mampus kamu... wkwk
Shino : iyo" mbot bercanda, jangan marah dong bos, sabarr...
Aku : raimu...!!

Ya memang kami suka bercanda berlebihan, tapi ada kala kita juga serius ketika berbincang.

Aku : yowes, no aku tidur rumahmu yo sesuk mangkat e isuk ae ben perjalan e gak siang" pas ndaki, dan juga biar gak antri ngurus ijin pas di pos Ranupani. kamu gimana tong tidur disini juga tah nggak ?
Kentong : nggak jho, lek tidur rumahe Shino gak dikasi amplopan aku nggo budal... haha
Aku,Shino : pancet ae dapuranmu mboot.
Aku : yowes kalo bisa jangan pulang malam" saiki tong, soalnya besok mangkat isuk jam 5an lek bisa yo, jaga kondisi badan juga...
Kentong : nggeh mas tejho...

Jam sudah menunjukan pukul 21.00wib Kentong berpamitan pulang kerumahnya, Shino dan saya juga istirahat lebih awal agar besok tidak kesiangan ketika berangkat ke pos ijin Ranupane, oh iya kita berangkat menggunakan sepeda motor, karena mengirit pengeluaran dana.. hehe

Kamis pukul 04.30wib saya bangun tidur langsung bersiap cuci muka gosok gigi (kaga mandi) hehe begitupula dengan shino saya bangunkan dia juga tidak mandi hanya cuci muka saja. 05.30wib Kentong baru datang.
Shino : Tetep ae kelakuanmu mesti telat..!!
Kentong : panggilan alam bos, weteng (perut) rodo gak bersahabat.
Aku : wes ayo mangkat selak kawanan (kesiangan)

Kami mulai berangkat, saya bawa motor sendiri dan si Kentong berboncengan dengan Shino. Setiap perjalanan kami sangat menikmati, butuh sekitar 2jam perjalanan dari rumah Shino menuju pos ijin desa Ranupane. Setelah sampai disana saya selaku Leader sekaligus ketua anggota melakukan pengurusan surat ijin pendakian Gunung Semeru, 10 menit selesai kami dipandu berjalan ke ruangan brefing oleh Saver Semeru guna mengikuti breving. Setelah kurang lebih 20 menit kami di brefing soal pendakian, kami lanjut berjalan ke sebuah warung yang berada di dekat pos perijinan untuk sarapan mengisi perut agar tidak kosong ketika melakukan perjalanan.
Setelah kami sarapan dan menikmati sebatang rokok bersama teh hangat. Kami bergegas bersiap melakukan perjalanan ke tempat kami buka tenda di Ranukumbolo yg jarak dari pos ijin Ranupane kurang lebih 4-5 jam waktu yang normal. Dan kami melakukan perjalanan ke Ranukumbolo selama 6jam, ada kejadian apa aja ketika mendaki ? Lanjut part selanjutnya yaa . hehehe