alexa-tracking

KTT AS-DPRK, Kim Jong-un Bertolak ke Singapura

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1fe11232e2e614448b456a/ktt-as-dprk-kim-jong-un-bertolak-ke-singapura
KTT AS-DPRK, Kim Jong-un Bertolak ke Singapura
KTT AS-DPRK, Kim Jong-un Bertolak ke Singapura














Koran Sulindo – Pesawat kepresidenan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) bertolak meninggalkan Pyongyang menuju Singapura.


Diperkirakan pesawat tersebut membawa pemimpin DPRK  Kim Jong-un yang diagendakan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump, Selasa 12 Juni 2018, mendatang di Pulau Sentosa, Singapura.

Sebelum pertemuan puncak dengan Trump, Jong-un Kim diagendakan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada hari ini, Minggu, (9/6).

Lee juga diagendakan bertemu dengan Trump sehari berikutnya.
Sebuah pernyataan dari Gedung Putih menyebut, Trump dijadwalkan tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar Singapura, Minggu malam dan menginap di Shangri-La Hotel.

Di Singapura, selain Trump delegasi AS bakal diwakili Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly dan Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders.

Sementara itu, menggunakan pesawat kepresidenan Ilyushin-62M, Jong-un diperkirakan bakal transit di Guangzhou di wilayah China selatan sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke Singapura.

Menemani pesawat kepresidenan, DPRK juga mengirim pesawat kargo dari jenis Ilyushin-76 untuk mengangkut kebutuhan delegasi Pyongyang di Singapura.

Harian The Strait Times menulis, pesawat kargo itu kemungkinan membawa berbagai makanan dan mobil kenegaraan yang akan digunakan pemimpin Jong-un di Singapura.

Kedua pesawat itu berangkat dari Pyongyang hari Minggu pagi dan diperkirakan mendarat di Singapura menjelang sore.

Seandainya pertemuan antara Jong-un dan Trump di Pulau Sentosa itu akhirnya benar-benar terwujud, perjumpaan itu akan bakal menjadi pertemuan pertama antara presiden AS dan pemimpin Korut.

Sebelumnya, Bill Clinton pernah menginjakkan kaki ke Pyongyang dalam misi pembebasan dua warga AS yang ditahan otoritas keamanan Korut. Hanya saja, kunjungan Clinton itu dilakukan pada tahun 2009 delapan tahun setelah menyandang status sebagai mantan presiden.

DRPK sebelumnya dikabarkan sempat beberapa kali menjajaki pertemuan bilateral dengan AS. Namun upaya itu kandas terutama karena isu senjata nuklir Pyongyang

Sepanjang masa jabatannya, Trump terlibat ‘perang’ kata-kata yang sengit dengan Jong-un dan bahkan sempat menyebutnya sebagai ‘maniak’. Pada bulan lalu, Trump menyatakan bersedia bertemu dan bernegoisasi dengan Kim.

Sepanjang dua bulan terakhir Jong-un terlibat sangat aktif untuk memupuh statusnya sebagai figur berpengaruh secara global. Pendekatan ini sangat berbeda dibanding langkah yang ditempuh ayah dan kakeknya ketika memimpin DPRK.

Dalam dua bulan terakhir, Jong telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Seiring rencana pertemuan puncaknya dengan Trump, Kim juga diundang Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk bertamu ke Vladivostock, September mendatang.

Sementara Presiden Suriah Bashar al-Assad juga telah mengumumkan niatnya bertemu dengan Kim di Pyongyang.

Dalam pertemuannya dengan Trump, Jong-un diperkirakan bakal mengusung tiga isu utama yang menjadi perhatian Pyongyang yakni masalah keamanan, kehormatan, dan kesejahteraan.

Puluhan tahun bersusah payah membangun kekuatan nuklir, DPRK tak bakalan mungkin menghentikan begitu saja program andalan itu. Ia jelas mempunyai nilai tawar yang kuat.

Dari aspek keamanan, tampaknya Jong-un menginginkan AS mengurangi atau jika mungkin menihilkan ancamannya di Semenanjung Korea. Seperti diketahui selain memiliki pangkalan militer di Korea Selatan, AS secara rutin mengirim armada perang mereka ke perairan Korea.

Sementara dari sisi kehormatan, Jong-un jelas berkepentingan untuk membongkar citra DPRK yang selama ini dianggap menutup diri dari dunia internasional.

Sedangkan pada aspek kesejahteraan, Pyongyang jelas ingin sanksi yang selama ini dikenakan AS pada mereka dicabut. Sanksi global tersebut bagaimanapun menjadi salah satu satu faktor yang membuat roda perekonomian negara macet. (TGU)

































BACA SUMBER : https://koransulindo.com/ktt-as-dprk...-ke-singapura/


image-url-apps
dah ketemu, berita kudet
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Uda pulang malahan..wkwk
×