alexa-tracking

Mengapa Rokok Bisa Menyebabkan Masalah Bagi Jantung? Inilah Alasannya !

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1fa56ede2cf229118b456b/mengapa-rokok-bisa-menyebabkan-masalah-bagi-jantung-inilah-alasannya
Mengapa Rokok Bisa Menyebabkan Masalah Bagi Jantung? Inilah Alasannya !
Jika anda membeli rokok, biasanya pada kemasan bagian bawah di cantumkan peringatan akan bahaya rokok. Tetapi meskipun sudah ditulis pada bagian bawah kemasan, tetap saja banyak orang yang membeli rokok. Hal ini bukan tanpa sebab, karena rokok seperti suatu obat yang bisa memberi rasa tenang dan kepuasan bagi penikmatnya hanya melalui sebuah isapan, dan didalam rokok juga terkandung zat nikotin yang membuat penikmatnya bisa kecanduan dengan rokok. Bahkan untuk penikmat yang sudah terlalu candu dengan rokok, setiap hari bisa menghabiskan 1 kotak rokok.

Mengapa Rokok Bisa Menyebabkan Masalah Bagi Jantung? Inilah Alasannya !


    Sulit bagi penikmat rokok untuk menghentikan kebiasaan mereka, karena ketika mereka stop merokok, mereka akan mengalami gejala mulai dari gelisah, pusing, bahkan sesak nafas. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan oleh penikmat rokok. Ketika anda merokok, berusahalah untuk tidak merokok depan umum ataupun depan keluarga anda. Karena kasihan bagi seseorang yang bukan perokok, tetapi terkena dampak akibat dari asap rokok. Justru jauh lebih berbahaya bagi seorang yang bukan perokok tapi terhirup asap rokok dari orang lain, karena perokok pasif lebih rentan terserang sakit berat yang diakibatkan asap rokok.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan Di Inggris, ada sekitar 100.000 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat dari kebiasaan merokok. Kematian tersebut disebabkan oleh penyakit kanker, paru-paru, dan penyakit jantung. Di Indonesia sendiri merupakan tempat penikmat rokok terbanyak di Asia Tenggara dan terbanyak ketiga di dunia setelah China dan India pada tahun 2012.

    Tak ada satupun organ didalam tubuh yang tidak dirusak oleh asap rokok, terutama jantung. Hal ini dikarenakan didalam satu batang rokok mengandung 4000 senyawa kimia yang diantaraya 60 zat merupakan racun dan karsinogenik (penyebab kanker).

Mengapa Rokok Bisa Menyebabkan Masalah Bagi Jantung? Inilah Alasannya !

     Setiap rokok yang dihisap, bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Diperkirakan, setidaknya sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung.terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Zat didalam rokok yang menyebabkan potensi serangan jantung adalah nikotin dan karbon monoksida. Karena nikotin selain membuat para penikmatnya candu, bisa menyebabkan darah cepat membeku, merusak jaringan otak yang bisa menyebabkan stroke, dan mengeraskan dinding arteri sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner bahkan gagal jantung
     
    Sedangkan karbon monoksida bisa mengakibatkan darah kekurangan oksigen, cara kerjanya karbon monoksida akan menempel pada hemoglobin darah yang seharusnya bertugas untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Sehingga kemampuan hemoglobin akan berkurang dalam mengangkut oksigen ke jantung dan seluruh tubuh manusia dan mengakibatkan transportasi peredaran darah menjadi tidak lancar.

Mengapa Rokok Bisa Menyebabkan Masalah Bagi Jantung? Inilah Alasannya !


    Seorang penikmat rokok memiliki resiko 4 kali lebih besar terserang penyakit jantung koroner dan stroke dibandingkan orang yang tidak merokok. Alasannya karena zat kimia yang terkandung pada rokok membuat darah menjadi lebih kental yang berujung pada terjadinya penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah.


     Merokok tidak pernah dicap aman dan semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar peluang terkena serangan jantung. Memang benar bahwa zat nikotin dan karbon monoksida berkontribusi besar dalam menyebabkan penikmat rokok terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Tetapi zat-zat lain yang terkandung didalam rokok memicu kolestrol,hipertensi, dan diabetes.

      Bahkan asap rokok pun dapat menyebabkan masalah jantung bagi perokok pasif. Mereka yang secara rutin terpapar asap rokok mengalami peningkatan resiko penyakit jantung yang berkembang 30% dan hampir 40.000 orang meninggal setiap tahunnya. Oleh karena itu, jika anda berhenti merokok anda akan membantu diri anda sendiri dan juga  orang-orang sekitar anda. 

Baca juga : yang terjadi ketika anda berhenti merokok.

     Penyakit berat seperti strokediabeteshipertensi, dan penyakit jantung yang diakibatkan oleh rokok sering kali menyebabkan kerugian ekonomi yang besar sehingga keluarga harus menjual aset dan mencari pinjaman demi membiayai kesembuhan penderita. Oleh karena itu, alangkah bijaknya mempersiapkan dana darurat mulai hari ini, sebelum penyakit tidak menular ini menyerang anda.

sumber : https://penyakitjantungtips.blogspot.com/2018/06/mengapa-rokok-bisa-menyebabkan-masalah.html