alexa-tracking

Begini Cara Melewati Tanjakan Kali Kenteng Saat Mudik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1fa1e1582b2ea0548b4576/begini-cara-melewati-tanjakan-kali-kenteng-saat-mudik
Begini Cara Melewati Tanjakan Kali Kenteng Saat Mudik
Begini Cara Melewati Tanjakan Kali Kenteng Saat Mudik
sumber : kompas.com

Kabar dari tanjakan terjal Kali Kenteng telah membuat heboh pemudik 2018. Tanjakan tersebut memiliki kemiringan 57 derajat, Kali Kenteng merupakan akses calon jalan tol Salatiga-Kartasura, Jawa Tengah, tanjakan tersebut sejatinya telah dilengkapi dengan tiang penyangga yang menjulang.

Pekerjaan jembatan kontruksi ini belum rampung, hingga mudik 2018. Supaya dapat dilalui oleh para pemudik, telah dibuatkan jalan darurat yang tepat dibawah penyangga jembatan. Konsekuensinya, ada jalan turun dan tanjakan.

Di internet pun telah beredar video yang berjudul "tanjakan 57 derajat" yang menampilkan sebuah low cost green car yang tidak kuat menanjak dan dibantu oleh petugas kepolisian.

Tanjakan tersebut sebenarnya sudah dikalrifikasi oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui akun Twitter @KemenPU. Ternyata sudut jemnatan di Kali Kenteng bukanlah 57 derajat melainkan 5,7 derajat.

Merespons informasi yg menyebutkan bahwa ruas tol fungsional di lokasi Jbt Kali Kenteng menanjak hingga 57 derajat, kami sampaikan bahwa data tsb tidak benar.

Tingkat kemiringan jalur tsb +- 10%. Dgn kata lain, naik 10 m per 100 m atau tangen-1 0.1= 5.7 derajat

cc @kominfo_jtgpic.twitter.com/NuhVg7bZlL

— Kementerian PUPR (@KemenPU) June 10, 2018

Untuk melewati tanjakan tersebut perlu keahlian yang baik, akan tetapi lebih peting memahami kondisi kendaraan yang kita gunakan.

Pengamat otomotif, yang juga founderSmartDrive Indonesia, Karman Mustamin, mengatakan kondisi mesin mobil harus prima, tidak mbrebet atau ngelitik (knocking). Pastikan juga beban muatan tidak melebih kapasitas.

Karman mengingatkan agar pengemudi memastikan roda penggerak memperoleh traksi maksimal. Misalnya, kalau penggerak roda depan, jangan sampai bobot muatan di belakang (bagasi) lebih berat karena bisa menyebabkan ban (depan) spin.

“Selanjutnya, manfaatkan momentum, mempertahankan rpm atau putaran mesin tetap konstan,” katanya saat dihubungi Tempo, Senin, 11 Juni 2018.

Untuk transmisi manual, dia melanjutkan, hindari penggunaan kopling setengah dan gunakan gear rendah. Sedangkan mobil dengan transmisi otomatis, putaran mesin konstan sekitar 2.000 rpm dan tuas transmisi di “D” (Drive). Karman menambahkan, pengemudi mesti berusaha membuat jalur lintasan zigzag untuk memaksimalkan traksi pada ban.

Terjadi dari 1 pengemudi dibanding dengan berapa pengemudi kejadian itu?

Msh aja ada yg goblok blg 57 derajat..

Soluainya kyknya jalan zigzag..bener..kayak lewatin polisi tidur yg tnggi
Pengen cepet sampai

Skill belum memadai karena hidup di lingkungan jalan yg lempeng aja

Dari sekian ratus aja cm bbrp aja yg ga kuat

Ko mnurut ane sih telat gas..telat oper gigi ama basik nyopirnya yg kurang

Klo ga pake cara truk muatan ..zigzag biar traksi. An ada

Klo iring iringan jangan nempel depan..yg depan nggelondor ya amsyong
Nyetir masih newbie nekad bawa mobil bawa mudik, ya gitu deh.. emoticon-Big Grin
Sedangkan mobil dengan transmisi otomatis, putaran mesin konstan sekitar 2.000 rpm dan tuas transmisi di “D” (Drive).

Bukannya di L yaemoticon-Bingung (S)
57 derajat gmn ngecornya? emoticon-Leh Uga
lcgc udah sering kena bully, dengan kejadian ini, makin nista dihadapan netijen

emoticon-Ngakak
57 derajat?
yang ngukur nasbung kali ni..
Supire nyubi itu
Tanjakan gitu ya butuh traksi masuk gigi 2 genjot gase.nek matic oper di d2.

Kalau masih ndak kuat nanjak pakai gigi mundur aka reverse. ...paham? pelajaran dari si mbah.
Sehat walafiat numpak Fiat cengit cepekjisi cepekjigo ...jadul amat yah emoticon-Ngakak
faktor driver ini, skill tanjakan masih amatir
lha mbek tanjakane gombel karo tanah putih kentip ndi bre emoticon-Bingung
57 derajat it segimana miringnya?

Ane liwat sono pake inova muatan penuh umpel2an pasang gigi 2 gaspol dari bawah

Sampe tengah ganti gigi aatu soalnya mobil depan mbrebet

Lancar jaya
Tinggal masukin gigi 1 aja terus gas yang kuenceng. Sebisa mungkin jangan mandeg di tengah-tengah tanjakan soalnya ntar buka-tutup kopling sama ngegasnya itu sulit menyeimbangkan. emoticon-Amazed
Mobil baru, sim nembak, jam terbang kurang. emoticon-Leh Uga
Quote:


pengalaman bwner gan.
supir AKAP pasti. hahaha
Quote:


Haha jaman simba punya truk slenger thames biyen wis paham gan, nubi sekarang kurang blajar maunya instan. .
Quote:


Kentip bandungan opo maneh PKne Rak Kathokan Gan!!!
Kalau pernah ke candi gedongsongo hampir mirip
Dan apabila pernah ke candi cetho lebih ajib tanjakannya di kali kenteng sama di bandungan yg tanjakan trakhir sampai pasar.
Kalau pernah ke candi gedongsongo hampir mirip
Dan apabila pernah ke candi cetho lebih ajib tanjakannya dari kala di kali kenteng
Quote:


juooos nek ikii...