alexa-tracking

Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1fa1abc0cb1762678b4579/kemenhub-jaga-peningkatan-kualitas-mudik-lebaran-2018
Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018
Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018

JPP, MERAK-BANTEN - Mudik Lebaran 2018, Pemerintah Indonesia melalui K/L dan khususnya Kemenhub berusaha menjaga terjadinya peningkatan kualitas pelayanannya. Demikian disampaikan Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo dalam Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema "Puncak Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman" di Kantor ASDP, Merak-Banten, Selasa (12/6/2018).

Menurut Syafrin, awalnya Kemenhub melakukan survei terhadap keinginan masyaraat terhadapa angkutan mudik lebaran."Terlihat bahwa puncak arus mudik terjadi pada H-3 arus balik pada H+7. Tetapi kemudian dengan danya kebijakan pemerintah untuk meperpanjang libur, maka kami adakan survei lagi dan hasilnya dampak libur untuk mudik itu berpengaruh signifikan. Puncaknya arus mudik itu terjadi pada H-7 sampai H-5. Lalu arus balik mudik sekitar tanggal 19 atau 20 Juni 2018," papar Syafrin lagi.

Ia menambahkan, untuk angkutan Lebaran 2018 Kemenhub memang menyiapkan untuk angkutan darat (bus), laut, udara, dankereta api jumlah kapastisnya tersedia lebih kurang 42.880.000 tempat duduk. 

Terkait dengan penyelanggaraan pengaturan lalu lintas selama Lebaran, menurut Syafrin, Kemenhub melakukan pembatasn pada operasional mobil barang."Untuk 9 ruas jalan tol kita lakukan pembataan dan ruas jalan nasional. Ini membantu secara signifikan kelancaran lalu lintas mudik lebaran. 

Selain itu, untuk mengantisipasi angkutan umum yang mengalami gangguan teknik, tahun ini Kemenhub harus dilakukan pemeriksaan rem seluruh armada selama lebaran.

"Peningkatan kualitas layanan juga dilakukan operator angkutan umum dengan menyediakan layana e-ticketing. Masyarakt bisa pesan tiket jauh jauh hari. Sehingga tidak terjadi penumpuakan di terminal umum. Sehingga ketikaterjadi lonjakan jumlah penumpang dapat diantisipasi karena adanya layanan e-ticketing tadi," tukas Syafrin lagi. 

Selanjutnya, ada hal strategis yang kemudian ini berdampak kepada kelancaran dan kenyamanan mudik lebaran 2018. Diantaranya, Kemenhub sudah menetapkan untuk penyelenggaraan arus mudik di lapangan itu sepenuhnya dilakukan oleh kepolisian. Dalam konteks manajema dan rekayasa lalu lintas. 

Sedangkan untuk jalan tol di bawah koordinasi BPJT (badan Pengelola Jalan Tol). Sementara untuk kesiapan BBM dan pengadaan BBM kemasan telah disiapkan oleh Pertamina."Hal ini amat sangat membantu kendaraan yang kehabisan BBM di tengah perjalanan panjang. Sehingga kemacetan panjang akibat kehabisan BBM dapat diantisipasi," tegas Syafril.

Lalu menyangkut kesehatan pemudik, ada koordinasi dengan Kemenkes untuk aktifkan seluruh Puskesmas dan rumah sakit aktif 1 x 24 jam juga cukup membantu kenyamanan mudik ini.

Peningkatan Dan Penurunan  Pemudik  

Berdasarkan data Kemenhub, hingga H-5 untuk angkutan jalan terjadi peningkatan 10,70% ketimbang tahun 2017. Sedangkan jumlah penumpang kereta api pada H-5 justru terjadi penurunan sebesar 5%. Begitu juga untuk penumpang angkutan laut terjadi penurunan."Khusus penumpang angkutan udara malah naik sebesar 10%. Ini salah satu indikasi peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Syafrin.Syafrin juga menegaskan bahwa dengan adanya  pembangunan infrastuktur dan sarana yang memadai serta korrdinasi pemerintah di lapangan dengan baik sehingga ada efektifitas di masyarakat.

"Jumlah kecelakan lalu lintas sampai posisi H-4 terjadi penurunan angka kecelakaan di tahun 2018 jadi 581 kejadian atau turun 32% dari tahun lalu. Sedangkan korban luka berat turun 45%, dan luka ringan 48 % penurunannya," tambah Syafrin.

Sedangkan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas mudik Lebaran 2018, Kemenhub juga menyediakan layanan mudik gratis. Masih ditambah oleh layanan sejenis dari BUMN maupun perusahaan swasta yang secara rutin menyediakannya bagi masyarakat.

Turut hadir sebagai narasumber FMB 9 kali ini antara lain Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Dharmawan Prasodjo, Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo, Kepala Biro Operasi Polda Banten Kombes Hemansyah, GM Marketing Operation Region III Pertamina Erry Widiastono, dan Direktur Utama Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ira Puspadewi.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...k-lebaran-2018

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018 Arus Mudik Lancar Memudahkan Distribusi BBM

- Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018 All Out Amankan Mudik, Polda Banten: Ingin Masyarakat Bahagia 

- Kemenhub Jaga Peningkatan Kualitas Mudik Lebaran 2018 Dirjen IKP: Pemerintah Serius Mempersiapkan Pelayanan Mudik 2018