alexa-tracking

Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f866c9e7404234e8b4587/jika-amerika-korea-utara-berkoalisi-begini-kekuatannya
Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya
Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, belum pernah terpikir sebelumnya ketegangan antara kedua belah pihak justru mengantarkan keduanya untuk duduk bersama di satu meja. 

Ketegangan antara kedua negara bermula dari dilema keamanan atas kepemilikan nuklir Korea Utara. Pertanyaannya adalah bagaimana jika pertemuan yang terjadi justru menjadikan keduanya sebagai aliansi? Kemudian, seberapa besar kekuatan militer yang dimiliki oleh kedua negara? Yuk simak di bawah ini. 


1. Ini jumlah personel militer kedua negara  
Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya
Berdasarkan data yang dimiliki globalfirepower.com, Amerika Serikat menempati peringkat ketiga setelah China dan India sebagai negara dengan personel militer terbanyak di dunia. Sedangkan Korea Utara menempati peringkat ke-51. 

Secara lebih detail, dari sekitar 326 juta total populasi, negeri yang dipimpin oleh Trump memiliki personel militer aktif sebanyak 1.281.900. Untuk usia aktif militer mencapai 4.220.000. 

Sedangkan, Korea Utara memiliki total populasi sekitar 25 juta. Untuk personel militer aktifnya mencapai angka 945.000. Untuk usia aktif militer mencapai 415.000.


2. Ini jumlah alutsista darat, laut, dan udara yang dimiliki kedua negara  
Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya
Alutsista udara yang dimiliki Amerika Serikat berjumlah 13.362 dan mereka menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kekuatan udara terbesar di dunia. Sedangkan Korea Utara nenempati peringkat 11 dengan alutsista udara sebanyak 944 unit. Adapun jumlah alutsista yang dimilikinya adalah 14.306 unit.

Kemudian, kuantitas alutsista angkatan darat yang dimiliki Amerika Serikat sebanyak 47.648 unit yang terdiri dari tank, peluncur roket, hingga kendaraan tempur baja. Di sisi lain, Korea Utara memiliki total alutsista angkatan darat sebanyak 26.728 unit. Sehingga total alutsista yang dimiliki dua negara adalah 74.376 unit. 

Terakhir, untuk alutsita angkatan laut yang dimiliki Amerika Serikat sebanyak 415 unit dan menempati peringkat ketiga di dunia. Dari segi angkatan laut, Amerika sangat terbantu dengan Korea Utara yang menempati peringkat pertama dengan alutsista angkatan laut sebanyak 967 unit. Adapun totalnya sebanyak 1.382 unit. 


3. Ini total anggaran militer kedua negara  
Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya
Terakhir, perihal anggaran militer yang dimiliki oleh Amerika Serikat, mereka menempati peringkat pertama dengan alokasi dana sebesar USD647 miliar. Sedangkan, anggaran militer Korea Utara, menempati peringkat ke-26 dengan alokasi dana sebesar USD7,5 miliar. 

Sehingga, total anggaran militer kedua negara mencapai USD654,5 miliar. Menurut kamu, apakah Korea Utara akan menjadi aliansi Amerika Serikat?


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya Daftar Menu Makan Siang Trump & Kim Jong-un, Ada Khas Koreanya Juga

- Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya Kim Jong-un Akui Hadapi Rintangan Sebelum Bertemu Donald Trump

- Jika Amerika-Korea Utara Berkoalisi, Begini Kekuatannya [OPINI] Trump, Kim Jong Un dan sensasionalisme