alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Meski Hari Libur ASN Tetap Membuka Pelayanan Pengurusan e-KTP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f7f8bd44f9fa92f8b4568/meski-hari-libur-asn-tetap-membuka-pelayanan-pengurusan-e-ktp

Meski Hari Libur ASN Tetap Membuka Pelayanan Pengurusan e-KTP

Meski Hari Libur ASN Tetap Membuka Pelayanan Pengurusan e-KTP
Pelayanan pengurusan e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Foto: Kemendagri)

Jakarta – Hampir seluruh Dinas Kependudukan di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, tetap membuka pelayanan pengurusan e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya. Tentunya, ini sangat membanggakan. Di saat yang lain menikmati liburan, tapi mereka tetap berdedikasi untuk melayani warga.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arief Fakrulloh di Jakarta, Senin (11/6). Bagi Zudan, mereka para aparatur negara yang tetap melayani masyarakat di hari libur, adalah para abdi masyarakat yang penuh dedikasi. Abdi yang melayani karena ingin masyarakat bahagia.


Ini juga sekaligus bukti, bahwa pemerintah senantiasa berusaha hadir di tengah masyarakat. Dan ini sejalan dengan perintah Presiden dan juga instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang telah dituangkan dalam surat edaran tentang layanan di hari libur.

“Dan yang membanggakan, tidak hanya Dinas Kependudukan Jawa Tengah yang memberlakukan kebijakan layanan di hari libur lebaran. Tapi juga provinsi lainnya. Bahkan hampir semua daerah, baik kabupaten atau kota,” katanya.


Hampir Semua Provinsi Berikan Pelayanan Pengurusan e-KTP


Sekretaris Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Gede Suratha  menambahkan, dari laporan yang diterima, hampir semua provinsi memberlakukan hal yang sama. Yakni tetap membuka pelayanan di hari lebaran ini.

“Jadi, tidak hanya Jateng, melainkan hampir semua provinsi. Ini tentu harus diapresiasi. Sangat membanggakan. Sulawesi Tenggara misalnya,  Kepala Dinas Provinsinnya juga sudah laporan lengkap,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri Arief Mulya Eddie mengatakan, kepada dinas Dukcapil, baik itu di kabupaten atau kota oleh Dirjen Kependudukan diinstruksikan agar membuat jadwal pelayanan administrasi kependudukan selama hari libur.

Mereka juga diminta untuk memberikan laporan perekaman maupun pencetakan setiap hari.

“Ini agar tetap rutin dilaporkan seperti selama ini via Whatsapp Grup laporan Dirjen Dukcapil per wilayah,” kata Arief.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar juga menambahkan, layanan di hari libur adalah bentuk komitmen pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk melayani. Inisiatif ini harus diapresiasi. Sebab kalau merujuk pada aturan Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya ASN tersebut memiliki hak libur.

Tapi, kata Bahtiar, demi kepentingan masyarakat luas mereka rela kerja di hari libur. Hal tersebut sungguh patut diapresiasi.

“Itu iniastif pemda setempat karena mereka memiliki tanggungjawab melayani masyarakat. Saya bangga dan respek kepada teman-teman di daerah yang memiliki inisiatif dalam memberikan pelayanan maksimal dihari libur lebaran. Yang semestinya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Ini patut menjadi contoh bagi Pemda dan ASN lainnya di seluruh daerah,” tuturnya.

Menurutnya, mereka (ASN) yang tetap melayani warga di hari libur,  tegak lurus  melaksanakan arahan dan himbauan Mendagri.

“Mereka secara ikhlas bekerja di hari libur yang mestinya mereka gunakan berkumpul bersama keluarga. Demi negara mereka masuk kerja,” imbuhnya.

Sumber
Urutan Terlama
baguslah gak sia-sia dikasih THR full gaji 13 plus. semoga kinerjanya semakin baik. emoticon-Cool
Terima kasih klinik tong feng emoticon-Wakaka
Yaelah
PNS pemda mah kagak mudik mudikan
Daripada nganggur kena cuti
Mending ke kantor dapat upah lembur emoticon-Ngakak
Ya yang melayani di bidang customer service ataupun public service memang seharusnya begitu. Libur ya ikut tanggal merah. Kalau tanggal merahnya kena hari minggu ya seninnya dikasih cuti bersama saja sudah cukup.

Sungguh memalukan kalau instansi pelayanan publik seperti imigrasi, pos indonesia, samsat, BI, dll sampai ikut2an libur lebih dari seminggu. Lebih memalukan lagi bank swasta juga ikut2an. Saya yakin banyak yang dirugikan dan disusahkan dengan libur panjang seperti ini. Kalau keberatan ya jangan bekerja di bidang customer ataupun public service.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di