alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Badan Nuklir PBB Siap Dukung Denuklirisasi Korea Utara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f729062088198578b4569/badan-nuklir-pbb-siap-dukung-denuklirisasi-korea-utara

Badan Nuklir PBB Siap Dukung Denuklirisasi Korea Utara

Badan Nuklir PBB Siap Dukung Denuklirisasi Korea Utara
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres.(Foto: Reuters)

New York  – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mengapresiasi pertemuan antara pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dan Amerika Serikat (AS), Donald Trump di Singapura, Selasa (12/6/2018). Ia juga berujar Badan Nuklir PBB akan mendukung jika Korut akhirnya setuju untuk menjalankan denuklirisasi.
Pernyataan ini dikeluarkan beberapa saat sebelum pertemuan puncak keduanya di Singapura.


“Dunia sedang mengamati dengan seksama apa yang akan terjadi di Singapura dalam beberapa jam,” kata Guterres, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (12/6/2018).


Berbicara pada pertemuan pers, Sekjen PBB menekankan bahwa perdamaian dan perombakan denuklirisasi harus tetap jelas dan tujuan bersama.


Ia juga menekankan bahwa proses ini membutuhkan kerja sama, kompromi dan penyebab umum.


Guterres memuji Trump dan Kim atas upaya mereka menuju solusi diplomatik.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk menciptakan kondisi untuk pertemuan puncak tersebut.

Menutup pidatonya, Guterres berharap semua pihak akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendukung Semenanjung Korea yang tenang, makmur, dan aman

Peran Badan Nuklir PBB

Antonio Guterres mengatakan jika kedua pihak meminta, badan PBB yang relevan siap membantu proses denuklirisasi – termasuk verifikasi di Korea Utara.

“Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memiliki mandat menerapkan keamanan pada semua penggunaan materi nuklir untuk tujuan damai, termasuk semua materi yang diambil dari program militer,” ujarnya seperti dikutip VOA, Selasa (12/6/2018).

“Organisasi Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif juga bisa memainkan peran penting dalam memantau moratorium yang diumumkan Korea Utara pada uji coba bahan peledak nuklir,” tambahnya.

“Dewan Keamanan telah secara konsisten menggarisbawahi keinginannya untuk solusi damai, diplomatik dan politik terhadap situasi, serta mendesak kerja lebih lanjut untuk mengurangi ketegangan,” lanjutnya.

Direktur Jenderal IAEA, Yukiya Amano pekan lalu mengatakan, badannya siap memulai lagi verifikasi nuklir di Korut jika ada kesepakatan.

IAEA selama ini menjadi pemain kunci dalam memantau dan memverifikasi kepatuhan Iran pada kesepakatan tahun 2015.

Pada tahun 2003, IAEA mengirim inspektur ke Irak, di mana mereka menyimpulkan, pemerintah tidak melakukan kegiatan nuklir yang terlarang.

Sumber
Urutan Terlama
UN Secretary of General, Antonio Guterres emoticon-Jempol

emoticon-Angkat Beer


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di