alexa-tracking

Kamis ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idulfitri 1439H

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f65ea1854f73f3b8b4567/kamis-ini-kemenag-gelar-sidang-isbat-tentukan-idulfitri-1439h
Kamis ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idulfitri 1439H
Kamis ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idulfitri 1439H
Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) pada 97 titik pemantauan untuk tentukan Idulfitri 1439H

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Syawal 1439H/2018M, atau tibanya Hari Raya Idulfitri 1439H, di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6) mendatang.

“Sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, di Jakarta, Senin (11/6/2018) siang.


Adapun proses sidang isbat Idulfitri 1439H, menurut Amin, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.


“Sebagaimana biasa, sidang isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat,” sambung Amin.


Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Lalu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB). Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang Isbat Akan Pantau Hilal

Untuk menghadapi sidang isbat Idulfitri 1439H itu, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengemukakan, Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) pada 97 titik pemantauan. Yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia, Kamis (14/6/2018) mendatang.

“Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan,” terang Amin.

Sebelumnya diperkirakan pelaksanaan Idulfitri 1439H akan berlangsung serentak. Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin.

“Awal Ramadan dan Idulfitri tahun ini akan seragam. Awal puasa 17 Mei dan Idulfitri 15 Juni,” kata Thomas, sebagaimana dikutip dari laman [url]https://www.lapan.go.id.[/url]

Thomas mengemukakan untuk Idulfitri Insya Allah akan dirayakan bersama-sama pada Jumat Legi, 15 Juni 2018. “Mengingat ijtima’ akhir Ramadan akan terjadi pada Kamis Kliwon, 14 Juni 2018 pukul 2.45 WIB,” ungkapnya.

Sumber

image-url-apps
Buang buang anggaran emoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:


Kamis ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idulfitri 1439H
KASKUS Ads
image-url-apps
puasa dikit lagi selesai emoticon-Frown
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
yah.. gk jauh2 sesuai kalender lah
Nasbung mah nggak perlu sidang isbat, lha wong Tuhannya adalah Amin Rais dan nabinya rijik kok.
image-url-apps
buang duit. Jumat udah merah di kalender
image-url-apps
bodo ah
tiap tahun buang2 duit podo ar