alexa-tracking

Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f36bd54c07adc148b4592/manisnya-kurma-israel-tak-terpaut-sikap-diplomatik
Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik
Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik
Pedagang menata kurma yang dijajakannya di kawasan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/5/2018)
Hubungan diplomatik Indonesia dengan Israel memang tak pernah harmonis. Indonesia menganggap Israel telah merampas tanah Palestina dengan cara-cara yang melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Saat Amerika Serikat (AS) secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Indonesia berada di barisan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang membuat deklarasi tandingan, Yerusalem Timur adalah ibu kota Palestina.

Begitu juga saat AS bersiap memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Arnona, Yerusalem, awal Mei 2018.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo dengan tegas mengecam rencana itu dan mengajak negara lain untuk tidak mengikuti langkah AS. Sikap Jokowi diikuti dengan kebijakan untuk menangguhkan visa yang diajukan warga Israel ke Indonesia.

Israel tak ciut. Pemerintahnya juga membalas dengan kebijakan serupa; menangguhkan visa yang diajukan WNI ke Israel.

Akan tetapi, drama permusuhan diplomatik yang ditunjukkan kedua negara ternyata berbeda dengan hubungan perdagangan yang ternyata sudah dijalin sejak beberapa tahun belakangan.

Statistik Perdagangan Luar Negeri Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Lokadata Beritagar.id menunjukkan adanya ketibaan puluhan ribu kurma asal Israel di Indonesia.

Ketibaan itu terjadi pada 2017. Israel menjadi salah satu “tamu” baru pemasok kurma ke Indonesia, bersamaan dengan Italia, Libya, Oman, Prancis, dan Qatar.

Jumlah yang dipasok Israel memang tak melimpah, hanya sekitar 17 ribu kilogram (kg) kurma, berbeda tipis dengan Filipina yang memasok 18 ribu kg kurma (pada 2013).

Jika dibandingkan dengan negara Timur Tengah lainnya, Israel memang tak ada apa-apanya. Sejak 2012 hingga 2017, Mesir dan Uni Emirat Arab adalah dua negara yang secara bergantian menjadi pemasok kurma untuk Indonesia.

Tahun 2017, Mesir menyediakan kurma terbanyak untuk Indonesia dengan berat bersih hampir 14 juta kg.
var divElement = document.getElementById('viz1528359345532'); var vizElement = divElement.getElementsByTagName('object')[0]; vizElement.style.width='650px';vizElement.style.height='617px'; var scriptElement = document.createElement('script'); scriptElement.src = 'https://public.tableau.com/javascripts/api/viz_v1.js'; vizElement.parentNode.insertBefore(scriptElement, vizElement); Display only on mobile var divElement = document.getElementById('viz1528359364884'); var vizElement = divElement.getElementsByTagName('object')[0]; vizElement.style.width='350px';vizElement.style.height='527px'; var scriptElement = document.createElement('script'); scriptElement.src = 'https://public.tableau.com/javascripts/api/viz_v1.js'; vizElement.parentNode.insertBefore(scriptElement, vizElement);
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengatakan, hubungan dagang yang terjalin antara Israel dengan Indonesia sejatinya tak merusak sikap diplomatik yang ditunjukkan masing-masing negara.

“Secara diplomatik, kita memang tidak akan mau mengakui Israel sebagai negara. Tapi, kalau misalnya antara warga negara mau melakukan jual beli, masa tidak boleh?” ucap Hikmahanto kepada Beritagar.id, Rabu (5/6/2018).

Hikmahanto kemudian mencontohkan beberapa kasus hubungan dagang Indonesia dengan negara yang tidak memiliki kerja sama diplomatik, salah satunya Taiwan.

Meski Indonesia tidak mengakui Taiwan sebagai negara lain di luar Tiongkok, sejumlah kerja sama perdagangan tercatat terjalin di antara keduanya, mulai dari kayu hingga pengiriman buruh migran.

“Jangan kemudian dikolerasikan antara hubungan dagang dengan diplomatik. Selama pelaku usaha itu memenuhi syarat yang ditetapkan kementerian terkait, itu sah-sah saja. Jangan terlalu naif, pesawat militer dan tentara kita juga pernah dilatih di sana,” sambung Hikmahanto.

Lagipula, bukan tidak mungkin Palestina ikut masuk dalam bursa perdagangan bersama Indonesia. Apalagi, pemerintah sudah membebaskan tarif masuk untuk beberapa produk Palestina.
Kultur kurma
Pohon kurma bukan tak tumbuh di Indonesia. Sejak Januari 2017, di Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur, telah dibuka agrowisata khusus untuk tanaman Timur Tengah, seperti kurma dan zaitun.

Luasnya mencapai 3,7 hektare. Wisata yang digagas pemilik Duta Wisata Group, HM Roeslan, ini bisa dinikmati pengunjung hanya dengan harga Rp5.000 sebagai tiket masuknya.

Akan tetapi, keberadaan kebun kurma itu bukan untuk produksi massal, melainkan hanya sebatas kebutuhan senang-senang.

Bukan tanpa alasan. Cuaca dan suhu Indonesia tidak memungkinkan bagi kurma untuk bertumbuh dengan baik.

Pohon kurma bisa tumbuh sempurna dengan suhu yang stabil di antara 40 hingga 50 derajat Celsius, sementara suhu Indonesia hanya berkisar di 33 sampai 35 derajat Celsius.

Sejauh ini selain di kawasan Timur Tengah, proyek perkebunan kurma yang dianggap berhasil berkembang terjadi di California, Amerika Serikat. Oleh karenanya kurma Medjool ada juga di Indonesia.
Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik
Volume impor buah kurma, 2012-2018
Di sisi lain, popularitas kurma saban Ramadan membuat peningkatan tren impor kurma selalu terjadi sejak dua bulan sebelum musim puasa itu tiba.

Untuk tahun ini, impor tertinggi kurma terjadi pada Maret 2018, dengan volume sebanyak 9,91 juta kg. Dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya, kenaikan terjadi sebanyak 67,5 persen.
Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...kap-diplomatik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus

- Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik PDIP tuding kasus Blitar dan Tulungagung politis

- Manisnya kurma Israel tak terpaut sikap diplomatik Gambir-Pasar Turi jadi rute perdana kereta sleeper nan mewah

×