alexa-tracking

"Mbok, Aku Mudik Mung Gowo Roti, Durung Iso Gowo Calon Mantu"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f25d4529a45215a8b4567/quotmbok-aku-mudik-mung-gowo-roti-durung-iso-gowo-calon-mantuquot
"Mbok, Aku Mudik Mung Gowo Roti, Durung Iso Gowo Calon Mantu"
"Mbok, Aku Mudik Mung Gowo Roti, Durung Iso Gowo Calon Mantu"

Kisah menarik dan unik selalu hadir di kala musim mudik tiba. Tak terkecuali pada mudik Lebaran pada tahun ini. Sejak dua tahun terakhir, kerap tersebar foto pemudik yang menempelkan kertas dengan beragam tulisan yang menarik perhatian.

Tahun ini, pantauan Kompas.com, di media sosial tersebar foto-foto pemudik yang membuat tulisan terkait statusnya yang belum atau sudah menemukan jodoh di perantauan. Setelah ditelusuri, beberapa pemudik yang dihubungi Kompas.com bersedia berbagi kisahnya.

Dicky Wahyudi, warga Wonogiri yang merantau ke Jakarta, melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor pada akhir pekan lalu. Pada foto yang diunggah melalui Instagram pribadinya, @dickyngaco, terlihat Dicky sudah siap dengan segala perlengkapan mudik. Yang menarik, ada tulisan yang ditempel pada tas ransel yang disandangnya. Tulisan itu, "Mbok, aku mudik mung gowo roti, hurung iso gowo calon mantu" (Ibu, aku mudik hanya bawa roti, belum bisa membawa calon menantu)".

Saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/6/2018), Dicky mengaku membuat tulisan ini karena terinspirasi dari pemudik sepeda motor yang lain. Menurut dia, hal ini dilakukannya hanya sebagai penyemangat dalam perjalanan mudik.

Sepanjang jalan, kata Dicky, banyak yang tertawa melihat tulisan itu. "Yang ketawain, saya tanya, 'Kenapa ketawa?'. Jawab, 'Lucu tu mas', kemudian saya jawab, ''Ya gini yang namanya mudik itu biar asik'" kata Dicky. Sesampainya di rumah, Dicky mengatakan, orangtuanya hanya tertawa melihat tulisan yang menempel pada tas anaknya.

"Mbok, Aku Mudik Mung Gowo Roti, Durung Iso Gowo Calon Mantu"


Berbeda dengan Dicky, warga Cawas, Klaten, Jawa Tengah, Predi Saputra, membuat tulisan sebaliknya. Pada mudik Lebaran kali ini, Predi mengaku senang karena sudah membawa calon istri yang akan diperkenalkan kepada keluarganya.

Perjalanan mudik dari Cikarang ke Klaten pun dilakukan berboncengan dengan sang pujaan hati. Pada tas yang disandang calon istri Predi, ada tulisan, "Mak, anakmu mudik gowo calon mantu (Ibu, anakmu mudik membawa calon menantu)". Predi membagikan fotonya melalui akun Instagram pribadinya, @saputrapredi, pada Minggu (10/6/2018). Ia menuliskan caption, "Mulih jomblo Mulih jomblo. Tahun iki ojo jomblo mblo. Ndak ditakoni Kapan rabi? Mudik Cikarang-Klaten".

"Saya berpikir kalo orangtua senang anaknya pulang, apalagi pulang bareng jodohnya," kata Predi kepada Kompas.com, Senin siang. Perjalanan mudik yang ditempuh selama 14 jam pun menjadi lebih terasa ringan baginya. Sepanjang perjalanan, Predi mengatakan, banyak yang membaca tulisan tersebut, sehingga ia menjadi pusat perhatian orang. "Cuma waktu dikemacetan sempet denger yang ngebaca-baca gitu, ada yang bingung bahasanya juga," kata Predi.

Selain itu, ada juga pemudik sepeda motor yang memberikan acungan jempol saat melihat Predi. "Di daerah Indramayu, melihat yang bikin tulisan 'jomblo' terus saya dengan PD-nya mendahuluinya sambil mengklakson dia, biar dia baca tulisan saya. Sengaja yang ada tulisan 'jomblo' saya gituin biar tahun depan terinspirasi," kata dia.

Mudik memang harus dilakukan dengan gembira. Hal-hal unik yang dilakukan para pemudik ini, tak hanya menghibur dirinya sendiri, tetapi juga pemudik lainnya. Selamat mudik!

Otonesia

Iyo ra opo2 le, penting slamet

Pokok lek mudik ojo gowo PKS mengko mbok pakmu karo wong sakdeso iso ngenes

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
Siji punjul sak-ons

emoticon-Ketupat emoticon-Bedug
image-url-apps
wah seru banget mudik pake motor, tp jaman ane dulu belum musim pasang2 tulisan macem itu
KASKUS Ads
numpang ngakak gan....
selamat mudik buat smuanya...emoticon-Traveller
image-url-apps
Bosen ah, tiap tahun ga bawa mantu. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Yah byk2 doa minta jodoh gan
Plus tundukkan pandangan
Jgn sering2 liat cewe
Supaya klo dikasih yg kurang cantik, tetap ngerasa dapet istri cantik
Krn jarang ngeliat cewe

emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


bener juga kwkakak..
image-url-apps
Ati2 yo le

Ttd
Tonggomu
image-url-apps
sae ae
image-url-apps
Quote:


Buat mas2 abang2 yg punya bini beneran cantik, cantik nnya mutlak, ya suruh lah bini nya nutup muka, pake masker atau cadar

Kasian mas2 abang2 yg istri nya cantik nya cmn relatif emoticon-Embarrassment
image-url-apps
titi di je, semoga selamat sampai tujuan emoticon-I Love Indonesia
Quote:


Indonesia memang nomor 1 deh kalo disuruh memviralkan sesuatu..emoticon-Coblos

eh kok ono PeiKS barang wi piye toh emoticon-Ngacir

yg kocak pks sok2an mau ngintil wong jowo mudik emoticon-Embarrassment
pks gak punya akar di jawa tengah maupun jawa timur bray
gak usah sok akrab emoticon-Embarrassment
image-url-apps
enakan roti emoticon-Big Grin
image-url-apps
Awas jgn lewt tol jokowi ya.. Eh naik motor ding emoticon-Ngakak
image-url-apps
emoticon-Berduka (S) emoticon-Mewek emoticon-norose
ati2 le, yen weruh spanduk PKS kobong wae. emoticon-Kiss
image-url-apps
Kowe iso mudik mesti bersyukur..
Kader PDIP 3 curut kena ott kok ...
image-url-apps
jo lali utange dibayar sek dab emoticon-Big Grin
image-url-apps
Mantap leemoticon-thumbsup
×