alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1f1aa01cbfaa9b278b4573/mrt-jakarta-mulai-uji-integrasi-sistem-pada-agustus

MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus

MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (kanan) bersama Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar saat mengunjungi lokasi proyek MRT di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/6/2018).
Pembangunan mass rapid transit (MRT) Jakarta fase I yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran HI terus menunjukkan perkembangan. Direktur Utama PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) William Sabandar mengatakan kemajuan proyek kerja sama dengan Jepang tersebut telah mencapai 94,2 persen.

Ia mengatakan, perseroan telah rampung mendatangkan dua rangkaian kereta dari Jepang pada April lalu, dengan demikian MRT Jakarta menargetkan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi sipil dan arsitektural pada Agustus 2018.

Selanjutnya akan dilakukan integration and commissioning testing hingga November 2018 dan uji coba kereta selama tiga bulan pada Desember 2018 hingga Februari 2019, untuk menyiapkan operasi komersial pada Maret 2019.

"Agustus kita akan mulai menjalankan pengecekan seluruh sistem yang namanya integrated system and commissioning, kemudian bulan Desember kita akan melakukan trial run, atau uji coba tanpa penumpang," ujar William saat meninjau Stasiun MRT di Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/6/2018).

Perseroan masih akan terus mendatangkan sebanyak 16 rangkaian yang masing-masing berisi 6 kereta dari Jepang pada Desember nanti.

Proyek dengan total investasi mencapai Rp16 triliun ini memiliki jarak hingga 18 kilometer. Seluruh rangkaian dan pekerjaan konstruksi (termasuk pengecoran bantalan rel atau casting) rel kereta MRT Jakarta yang menghubungkan Depo Lebak Bulus dan Stasiun Bundaran Hotel Indonesia telah tersambung.

Total rel yang dipasang adalah sepanjang 37.664 meter, dengan perincian rel jalur utama sekitar 31.525 meter dan rel di dalam area Depo Lebak Bulus sepanjang 6.139 meter. Pemasangan rel untuk area Depo Lebak Bulus dimulai sejak Maret 2017 dan untuk jalur utama dimulai pada September 2017.

Rel terakhir bertemu di area transisi, yaitu jalur sepanjang sekitar 400 meter yang berada di antara Stasiun Sisingamangaraja dan Stasiun Senayan.

Pada fase I ini, MRT Jakarta menggunakan jenis rel R54 dengan gauge 1.067 mm. MRT Jakarta pun menggunakan sejumlah teknologi perkeretaapian yang baru diterapkan di Indonesia, seperti bantalan rel FFU dan anti-vibration sleeper.

Sementara untuk harga tiket, William mengatakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum menyepakati usulan tarif yang diajukan oleh perusahaan. Menurutnya besaran tarif akan disesuaikan dengan anggaran subsidi yang akan diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019.
Pembangunan fase II dimulai akhir tahun
Sementara itu, pembangunan MRT Fase II Bundaran HI-Kampung Bandan bakal dimulai secara simultan saat pekerjaan fase I Lebak Bulus-Bundaran HI hampir selesai. Pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) senilai Rp 22,5 triliun untuk pembangunan fase II pun dapat segera cair.

William Sabandar mengatakan untuk fase II ini memang cenderung lebih mahal, mengingat seluruh jalur akan berada di bawah tanah.

Menurutnya, dalam target perseroan, groundbreaking fase II diharapkan dimulai pada akhir tahun atau Desember 2018 mendatang.

"Loan Agreement sudah disetujui dan ditandatangani dengan JICA, sehingga groundbreaking akan dilakukan pada bulan Desember ini," ujarnya.

Pada saat mengunjungi proyek Stasiun MRT Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/6), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kehadiran MRT di Jakarta berpotensi meningkatkan geliat ekonomi di ibu kota.

Proyek ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi daerah lain untuk terus meningkatkan infrastruktur transportasi kota yang modern.

Pasalnya, proyek yang sudah dibangun sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo ini memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan yang sudah ada di negara-negara maju lain.

Dengan adanya moda transportasi bawah tanah, mantan Gubernur Bank Indonesia itu meyakini bisa memangkas jarak tempuh masyarakat Ibu Kota.

"Tidak akan meleset satu menit pun. [..] Kemudian, orang akan mengenal nama daerah berdasarkan stasiun. Menurut saya, ini adalah upaya atau langkah besar yang akan pengaruhi kebiasaan kita," ujar Darmin.
MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...m-pada-agustus

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus PDIP tuding kasus Blitar dan Tulungagung politis

- MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus Gambir-Pasar Turi jadi rute perdana kereta sleeper nan mewah

- MRT Jakarta mulai uji integrasi sistem pada Agustus Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di