alexa-tracking

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ed105c0d770627c8b456e/ringkasan-dan-hasil-klasemen-pekan-ke-13-liga-1-2018
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018

Pekan ke-13 rampung sudah. Sebagai pekan terakhir sebelum kompetisi memasuki masa jeda selama hampir sebulan, banyak tim yang membidik kemenangan sebagai 'hadiah Lebaran' untuk para suporternya. Pada masa libur ini pula, tim-tim sudah mengambil ancang-ancang akan melakukan evaluasi menyeluruh demi memperbaiki performa.

Beberapa hasil penting dipetik oleh beberapa tim. Beberapa mulai menemukan konsistensi, mengawali usaha keluar dari zona degradasi, kemenangan tandang yang berharga serta keberhasilan bertahan di puncak klasemen.

Sembilan partai yang diadakan pada Selasa (5/6/2018) hingga Sabtu (9/6/2018) lalu di Medan hingga Gianyar berlangsung sengit. Total ada 22 gol yang berhasil dikreasikan, membuat pekan ini cukup menghibur bagi pecinta sepakbola Indonesia.


1. PSMS Medan 0-3 Persib Bandung, Maung runtuhkan keramatnya Teladan
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Partai klasik PSMS versus Persib mengawali pekan ke-13 pada hari Selasa (5/6/2018). Sempat dibuat was-was dengan status keramat yang selimuti Stadion Teladan kandang PSMS, sang tamu di luar dugaan ternyata berhasil meruntuhkan perkiraan banyak orang dengan menang meyakinkan.

Meski tuan rumah menguasai jalannya permainan, Maung Bandung sanggup memaksimalkan skema serangan balik dan bola mati. Ezechiel N'Douassel jadi pahlawan Persib di laga ini. Sepasang golnya di menit ke-22 dan ke-81 tercipta dari situasi sepak pojok serta tendangan bebas. Satu angka lain disumbang oleh Oh In-kyun pada menit ke-38.

Mario Gomez, pelatih Persib, berujar bahwa kemenangan tandang pertama ini menjadi awal perjuangan mereka kembali ke papan atas. Sementara Laskar Ayam Kinantan harus membenahi sektor depannya jika masih ingin bersaing di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.


2. Perseru Serui 0-1 Arema FC, tamu maksimalkan keuntungan
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Dua laga diadakan pada hari Rabu (6/6/2018) di Malang dan Magelang. Di Stadion Gajayana Malang, Perseru mendapat kunjungan dari penguasa kota Malang yakni Arema FC. Benar saja, suasana kandang rasa tandang amat terasa. Sang tamu datang dengan membawa puluhan ribu Aremania. Ini pun menjadi keuntungan tersendiri bagi Singo Edan.

Cendrawasih Jingga berusaha bermain terbuka sepanjang pertandingan, namun gol penalti Thiago Furtuoso di menit ke-55 buyarkan usaha Perseru merepotkan sang tamu. Meski meningkatkan serangan pada duapuluh menit akhir, tidak ada yang sanggup menjebol gawang Singo Edan.

Raihan tiga poin ini membuat Arema FC untuk sementara lepas dari zona degradasi, Arthur Cunha dan kawan-kawan kini bertengger di posisi 15. Perseru sendiri terpaksa menutup masa "musafir" di kota Malang dengan raihan negatif alias kembali turun ke "wilayah merah".

I Putu Gede Dwi Santoso, arsitek Perseru, mengaku akan memanfaatkan masa libur untuk mengevaluasi ketajaman para penyerangnya. Di saat koleksi gol tim-tim Liga 1 lain sudah mencapai dua digit angka, mereka malah baru 5 kali membobol gawang lawan.


3. PSIS Semarang 1-0 Borneo FC, kembali kecewa kepada wasit
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
PSIS bersua Borneo FC di Stadion Mochammad Soebroto Magelang pada Rabu malam. Laskar Mahesa Jenar hendak meraih tiga poin sebelum masuk masa libur demi modal keluar dari zona relegasi. Namun, sang tamu rupanya tak mau kalah begitu saja dari PSIS.

Satu-satunya gol dalam laga tersebut datang dari kaki penyerang PSIS, Hari Nur Yulianto, di menit ke-33. Namun, gol tersebut berbau offside sebab sang pemain sudah berdiri cukup jauh dari garis terakhir barisan pertahanan Pesut Etam. Di sisa laga, kiper Borneo yakni Nadeo Argawinata mempertontonkan kelihaiannya dalam membaca arah bola sekaligus halangi usaha tuan rumah mendapat angka tambahan.

Dalam jumpa pers pasca pertandingan, Dejan Antonic selaku pelatih Borneo FC kembali menyuarakan kritiknya terhadap kepemimpinan wasit. Sementara arsitek PSIS, Vincenzo Annese, mengaku bahwa sang tamu juga bermain bagus dan sanggup merepotkan Haudi Abdillah dan kawan-kawan meski sudah terapkan skema bertahan 5-4-1.


4. Persela Lamongan 3-1 Mitra Kukar, lulus ujian mental
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Lamongan dan Jakarta Selatan jadi tuan rumah pertandingan di hari Kamis (7/6/2018). Di Stadion Surajaya Lamongan, Persela yang berusaha tetap duduk di papan atas mendapat ujian dari Mitra Kukar. Sang tamu malah berhasil unggul di babak pertama berkat eksekusi penalti sang ujung tombak andalan, Fernando Rodriguez, pada menit ke-22.

Laskar Joko Tingkir berhasil membuktikan bahwa mental bertanding mereka seiring waktu kian membaik. Mereka bangkit di babak kedua, membalas dengan tiga angka. Sundulan Loris Arnaud samakan kedudukan di menit ke-50. Saddil Ramdani genapkan derita Naga Mekes dari sepasang golnya pada menit ke-52 serta ke-88.

Padahal Persela sempat dihinggapi rasa was-was atas absennya lima bek sayap mereka. Untunglah kekhawatiran Aji Santoso tak terbukti. Bagi Rafael Berges Marin, arsitek Mitra Kukar, masalah keroposnya lini belakang dalam setiap laga tandang masih menjadi pekerjaan rumah tersulit.


5. Bhayangkara FC 1-0 Madura United, mulai tunjukkan taji
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Di Stadion PTIK Jakarta Selatan, Bhayangkara FC selaku tuan rumah ditantang oleh Madura United. The Guardian mulai tunjukkan tajinya sebagai juara Liga 1 musim lalu, mereka sukses kandaskan perlawanan sang tamu dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Herman Dzumafo Epandi pada masa injury time babak pertama. Masuknya Beto De Paula dan Fabiano Beltrame di interval kedua memang banyak berpengaruh kepada intensitas serangan Laskar Sape Kerrab, namun strategi tersebut tak berujung pada hadirnya gol penyeimbang.

Berkat hasil ini, Vladimir Vujovic dan kawan-kawan kini nangkring di posisi enam klasemen sementara. Tim asuhan Simon McMenemy tersebut mulai menunjukkan konsistensi usai keteteran selama beberapa pekan. Sementara Madura United belum juga lepas dari badai yang menerpa mereka dalam lima partai terakhir.


6. PS TIRA 0-5 Persija Jakarta, amukan Macan di Bantul
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Pada hari Jumat (8/6/2018), Bantul dan Banjarmasin jadi tuan rumah pertemuan empat tim yang dikenal sukar ditaklukkan. Persija bertamu ke Stadion Sultan Agung Bantul sebagai tamu PS TIRA. Datang dengan rasa was-was akibat reputasi tuan rumah dan absennya Marko Simic, Macan Kemayoran sukses melibas habis PS TIRA.

Tak tanggung-tanggung, lima gol yang bersarang ke gawang The Young Warriors juga datang dari lima pemain berbeda. Sundulan Vava Mario Yagalo membuka keunggulan saat laga baru berusia 49 detik. Bambang Pamungkas juga mencetak gol dengan cara yang sama lima menit berselang.

Dominasi berlanjut pada babak kedua. Tiga gol tambahan berturut-turut disumbang oleh Addison Alves ('55), Rezaldi Hehanusa ('82) dan Riko Simanjuntak ('85). Kemenangan telak ini mendongkrak Ismed Sofyan dan kawan-kawan ke papan tengah sekaligus terhindar dari zona degradasi. Sementara PS TIRA masih belum berhasil memecah masalah keroposnya tembok belakang.


7. Barito Putera 3-1 Sriwijaya FC, dominasi tanpa halangan
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Sriwijaya FC melawat ke Stadion 17 Mei Banjarmasin, homebase Barito Putera, dengan persiapan minim. Masalah internal sempat mengganggu Hamka Hamzah dan kawan-kawan. Tuan rumah sendiri tetap memandang Laskar Wong Kito sebagai lawan yang berpotensi memberi kesulitan, tak ingin terganggu dengan berita tak sedap.

Di lapangan, Laskar Antasari nyatanya berhasil mendominasi. Tiga gol berhasil mereka ciptakan melalui Samsul Arif ('34), Matias Cordoba ('61) dan penalti Rizky Pora ('71). Sang tamu hanya sanggup membalas melalui eksekusi titik putih Bero Goncalves di masa injury time babak kedua.

Selepas laga, Rahmad Darmawan selaku pelatih kepala Sriwijaya FC mengatakan bahwa ada dua faktor kekalahan timnya. Pertama, cederanya Mahamadou N'Diaye di awal-awal babak pertama menggangu keseimbangan di lini belakang. Kedua, penampilan apik kiper Barito yakni Aditya Harlan dalam menggagalkan serangkaian peluang emas.


8. PSM Makassar 1-0 Persebaya Surabaya, tiga poin yang susah payah
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Pekan ke-14 ditutup pada hari Sabtu (9/6/2018) malam dengan dua "big match". Niat PSM pertahankan singgasana puncak klasemen mendapat ujian dari sang rival lama, Persebaya. Duel yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar itu berhasil dimenangkan tuan rumah meski dengan susah payah.

Bajul Ijo yang turun tanpa striker murni berhasil mengimbangi permainan menyerang khas PSM. Usai berkali-kali mengirim ancaman, Juku Eja akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-72 melalui gol sundulan Rizky Pellu. Gol itu menjadi satu-satunya yang tercipta dalam laga tersebut.

Robert Rene Alberts, pelatih PSM, mengakui bahwa tim tamu berhasil meredam serangan yang digencarkan para pemainnya. Sementara kekalahan ini menjadi peringatan bagi Alfredo Vera, juru taktik Persebaya, agar segera melakukan evaluasi menyeluruh jika tak ingin berlama-lama di zona degradasi.


9. Bali United 2-0 Persipura Jayapura, akhirnya menang juga
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Meski datang dengan kekuatan penuh, Persipura harus mengakui keunggulan tuan rumah. Bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Sabtu malam, Bali United berhasil menang dengan skor meyakinkan 2-0.

Sepasang gol Serdadu Tridatu dilesakkan oleh sang kapten, Fadil Sausu, di menit ke-32 melalui cara yang spektakuler serta serangan balik Stefano Lilipaly memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan pada menit ke-85. Peluang emas Mutiara Hitam untuk memperkecil defisit gagal terlaksana sebab tendangan penalti Marcel Sacramento berhasil ditangkap oleh kiper BU, Wawan Hendrawan.

Kemenangan ini akhirnya memutus catatan buruk Bali United yang berjalan selama tiga pekan terakhir. Di sisi lain, Peter Butler selaku pelatih Persipura berujar bahwa kalahnya Ian Louis Kabes dan kawan-kawan disebabkan ketidakdisiplinan dalam menjalankan instruksi.


10. Berikut ini hasil klasemen Liga 1 pasca pekan ke-13
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Berkat dulangan poin penuh, PSM berhasil pertahankan posisi di puncak klasemen dengan koleksi 24 poin. Yang mengejutkan, posisi dua dan tiga diisi oleh para tim kuda hitam yakni Barito Putera serta Persela. Papan tengah untuk sementara diisi oleh Persib, Bali United, Persija, Borneo FC dan Mitra Kukar.

Yang menarik seluruh tim penghuni zona degradasi yakni Persebaya, Perseru dan PSIS punya nilai sama yakni 14. Menarik untuk melihat perjuangan ketiganya menjauh dari papan bawah di pekan selanjutnya.

Ada perubahan di daftar top skorer sementara. Sumbangan sepasang angka dalam kemenangan 3-0 atas PSMS melontarkan Ezechiel N'Douassel (Persib) ke pucuk berkat koleksi 11 gol. Sementara Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) harus rela menjadi runner-up dengan raihan 10 gol.

Pada peringkat ketiga ada Aleksandar Rakic (PS TIRA), Loris Arnaud (Persela) dan Stefano Lilipaly (Bali United) yang sama-sama telah menjebol gawang lawan sebanyak 8 kali. Lilipaly sendiri masih mempertahankan predikat pemain lokal tersubur.


11. Roda kompetisi baru kembali berputar usai masa libur Lebaran
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018
Gelaran Liga 1 memang baru diputar kembali pada minggu pertama bulan Juli alias setelah libur Lebaran, namun di akhir bulan ini masih ada partai tunda antara Persija kontra Persib. Berikut jadwal lengkap pekan ke-14 ditambah laga tunda seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id :

Sabtu, 30 Juni 2018 (Laga Tunda Pekan ke-6)

  • Persija Jakarta vs Persib Bandung, Stadion Sultan Agung Bantul, 18:30 WIB
Jumat, 6 Juli 2018

  • Sriwijaya FC vs PS TIRA, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 15:30 WIB
  • Mitra Kukar vs Barito Putera, Stadion Aji Imbut Tenggarong, 15:30 WIB
  • Borneo FC vs Perseru Serui, Stadion Segiri Samarinda, 18:30 WIB
  • Persija Jakarta vs PSM Makassar, Stadion Sultan Agung Bantul, 18:30 WIB
Sabtu, 7 Juli 2018

  • Persipura Jayapura vs Bhayangkara FC, Stadion Mandala, 13:30 WIB
  • Arema FC vs Persela Lamongan, Stadion Kanjuruhan Malang, 15:30 WIB
  • Persebaya Surabaya vs Bali United, Stadion Gelora Bung Tomo, 18:30 WIB
Minggu, 8 Juni 2018

  • Madura United vs PSMS Medan, Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, 15:30 WIB
  • Persib Bandung vs PSIS Semarang, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 18:30 WIB.


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018 Benamkan Sriwijaya FC, Barito Putera Tak Bergeming dari Papan Atas

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018 Hajar PS TIRA dengan 5 Gol, Persija Tetap Ganas Tanpa Simic

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018 Tundukkan Madura United, Bhayangkara FC Mulai Konsisten

×