alexa-tracking

Doa Tidur 3 (Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ea2fe582b2e965b8b456d/doa-tidur-3-dua-ayat-terakhir-surat-al-baqarah
Doa Tidur 3 (Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah)
Doa Tidur 3 (Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah)

ءَامَنَ الرسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن ربهِۦ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُل ءَامَنَ بِاللهِ وَمَلَآئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرقُ بَيْنَ أَحَدٍ من رسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ ﴿٢٨٥﴾ لَا يُكَلفُ اللهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى الذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبنَا وَلَا تُحَملْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَاعْفُ عَنا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ ﴿٢٨٦﴾

(285) Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami ta'at." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
(286) Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
(Al-Baqarah [2]: 285-286).

HR. Bukhari 4008 dan Muslim 807.

Keterangan:

Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, sarat dengan kandungan makna iman, islam, bergantung kepada Allah, memohon pertolongan-Nya, tawakkal kepada-Nya, diakhiri dengan permohonan ampunan dan rahmat.Makna "dua ayat ini cukup bagi pembacanya": dua ayat ini akan menjaganya dari segala keburukan, dan melindunginya dari segala yang dibenci. Ada sebagian ulama yang mengatakan: dua ayat ini menjadi sebab baginya untuk bangun malam. Sehingga dia bisa mudah melakukan tahajud.

(Keterangan Dr. Dib Bagha dalam Ta'liq Shahih Bukhari, 5/84).

Hadis Selengkapnya:
Dari Abu Mas'ud Al-Badri radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Dua ayat di akhir surat Al-Baqarah, siapa yang membacanya di suatu malam, itu sudah cukup baginya."
×