alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ombudsman Soroti Pembayaran THR PNS, Berpotensi Maladministrasi
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1e3be6ded770d5788b4567/ombudsman-soroti-pembayaran-thr-pns-berpotensi-maladministrasi

Ombudsman Soroti Pembayaran THR PNS, Berpotensi Maladministrasi

TEMPO.CO, Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menilai ada indikasi maladministrasi dari kebijakan pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR oleh pemerintah. Anggota Ombudsman Alvin Lie mengatakan indikasi pertama bisa dilihat dari tidak ada koordinasinya antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (Pemda).

"Kebijakannya sepihak. Pemerintah daerah terlihat tidak ada persiapan, tergagap-gagap," kata dia saat dihubungi, Rabu, 6 Juni 2018.

Baca: Anies Baswedan: Segera Laporkan Jika Ada Ormas Memaksa Minta THR

Menurut dia, kebingungan atau keberatan Pemda ihwal pembayaran THR yang dibebankan ke anggaran daerah merupakan indikasi tidak adanya persiapan. Padahal, kata Alvin, pembayaran THR bisa disiapkan jauh-jauh hari karena sudah jelas waktunya dan merupakan hal rutin.

Baca juga: THR Ditanggung Daerah, Tri Rismaharini: Mosok Nggawe APBD?

Kebijakan THR menimbulkan polemik di tingkat Pemerintah Daerah. Beberapa Pemerintah Daerah disebut-sebut merasa keberatan bila THR pegawai negeri sipil di daerah dibebankan ke APBD. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut salah satu kepala daerah yang keberatan anggaran THR dibayar dari kantong Pemda.

Ihwal status non-aparatur sipil negara (pegawai sipil negara/PNS) yang tidak menerima THR, menurut Alvin, merupakan bentuk diskriminatif. Pasalnya, tidak sedikit pegawai tetap di pemerintahan yang tidak masuk kategori PNS tapi mendapatkan beban kerja dan penilaian yang sama. Salah satunya ialah pegawai non-PNS yang ada di lembaga atau komisi, seperti Komisi Pemilihan Umum misalnya.

Lebih lanjut, Alvin mengingatkan pemerintah agar berhati-hati menyarankan Pemda mengubah kebijakan penggunaan anggaran. Sebab, mantan anggota DPR RI periode 2004-2009 itu menyatakan perubahan penggunaan anggaran harus diketahui DPRD. "Bisa jadi temuan BPK (kalau tidak dilaporkan)," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah harus mengutamakan good governance dalam kebijakan pembayaran THR. Pasalnya, kata Alvin, anggaran yang dipakai berasal dari rakyat. "Ini bukan uang perusahaan yang bisa digunakan fleksibel," ucapnya.

https://bisnis.tempo.co/read/1096100/ombudsman-soroti-pembayaran-thr-pns-berpotensi-maladministrasi

Berpotensi bre
kakak ane yang guru pns istri guru honorer ane tanya "seneng ni dapat thr dobel?"
kakak ane "boro-boro thr gaji pokok pns aja belum cair "
Diubah oleh nyongnyongan
apa sih yg ga maladministrasi dari pns?
kek baru jadi wni aj nih
pas rakor iya2 aja.. akhirnya pada kelabakan..
yang penтιng adιl jangan deмo вυrυн aja тang dιaĸoмodιr ĸeѕejaнтraanya...... !!
тanaмaĸan ѕιĸap мelayanι dι pnѕ darι pada dιlayanι,вagaιan drι revolυѕι мenтal!
тιggal dιaтυr pnѕ yang тιdaĸ prodυĸтιғ ĸorυpѕι waĸтυ dιperιngaтι мaѕιн ngeyel pecaт.... gιтυ aja repoт jangan мaĸan gajι вυтa !emoticon-Traveller
abis ini ombudsman dicari boroknya ama nastak emoticon-Wkwkwk


padahal kemaren dukung ombudsman waktu ngejar asu emoticon-Ngakak


Diubah oleh ion01
Quote:


Mustahil kalo gaji pokok sampe belom cair. Ente dikibulin tu
Jelas maladministration
Thr aja gak diadakan saat penyusunan RAPBD. Kok tiba tiba ada intruksi dari pusat thr pake apbd

Kalo ada daerah sampe belom rapat anggaran perubahan, thr sudah cair. Siap siap aja diciduk kpk emoticon-Ngakak
Quote:


Bisa jadi, temen ane PNS Banten jg blm cair gajinya 1bln
Quote:


Pemprov ato pemkab/kota?
Dinas mana?


Quote:


Gw quote ini aj

Mw liat reaksi nastak
Quote:


serius gan,tagl 9 kemarin masih ngeluh nggak punya duit mungkin efek gubernur dicokok kpk nggak tau sekarang untung tinggal dirumah mertua,kalo thr guru honorer doi udah pesimis bakal keluar
apakah ombudsman akan diserang oleh nastak emoticon-Mewek
Quote:


Ngeluh gak punya duit terus ente mengambil kesimpulan gara gara gak gajian? emoticon-Ngakak
Tergagap-gagap, terplongak-plongok, terasu-asu..
Quote:


diatas ane udah singgung soal thr gan ✌
Pengalaman waktu tugas di kalimantan... pernah juga dipanggil sama ombudsman... manggilnya kayaknya gagah banget, tapi kenyataanya waktu diajak perang data mereka ngahngoh aja... padahal sebelum konferensi sudah diajak turun ke lapangan... harusnya kalo amu manggil instansi... pelajari dulu....
Diubah oleh YogieWP


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di