alexa-tracking

Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1e2e5d902cfed64e8b4573/wacana-amien-rais-maju-sebagai-calon-presiden
Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden
Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden
Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) mengangkat tangan bersama Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kiri), Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (ketiga kanan) dan tokoh reformasi Amien Rais (tengah) dalam acara peringatan 20 tahun reformasi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018).
Dalam beberapa pekan ini, sosok Amien Rais selalu menjadi sorotan publik. Setelah berbagai pernyataan kontroversialnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN ini menjadi perbincangan karena menyatakan siap menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

Amien berbicara soal kesiapan dia menjadi capres saat menghadiri buka puasa bersama di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6/2016) . Amien merasa siap jadi calon presiden meski sudah berusia 74 tahun.

"Nah Mbah Amien Rais ini walaupun tua ya nggak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang. Biarlah nanti rakyat yang buat penilaian," kata Amien melalui Detikcom.

Selain mantan Amien, PAN juga mengusung tiga calon lain yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan Ketua Dewan Penasehat PAN Sutrisno Bachir.

PAN akan memutuskan sikap politik Pilpres 2019 pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN setelah Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa partainya serius mencalonkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai calon presiden di Pemilu Presiden 2019 karena merupakan figur yang cocok menduduki posisi tersebut.

"PAN serius mencalonkan Amien Rais running for President 2019 dan kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan tersebut," kata Viva Yoga dikutip Antaranews.

Dia menilai Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan cinta rakyat Indonesia.

Menurut Viva, Amien memiliki konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya NKRI.

"Amien Rais masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," ujar Viva.

Amien pernah menjadi calon presiden pada Pilpres 2004 berpasangan dengan Siswono Yudo Husodo. Amien-Siswono hanya meraih 14,66 persen suara dan tak mengikuti putaran kedua. Pada pemilihan putaran kedua, Amien merapat ke kubu Susilo Bambang Yudhoyono.

PAN menjadi partai pemerintah selama 10 tahun era Presiden Yudhoyono. Pada Pilpres 2014, PAN mengusung Prabowo Subianto-Hatta Radjasa dan kalah. PAN menjadi partai oposisi ketika Joko Widodo-Jusuf Kalla terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Di tengah jalan, PAN berbelok arah dan keluar dari koalisi partai oposisi pada 2015. PAN pun mendapat jatah di kabinet, yaitu Menpan-RB Asman Abnu dan Kepala Komite Ekonomi dan Industri Nasional Sutrisno Bachir.

Pada 2017, Amien sempat meminta kader PAN mundur dan tak membantu pemerintahan Jokowi. Nyatanya, PAN tetap mempertahankan dua kadernya di pemerintahan hingga sekarang.

Di antara partai oposisi dan partai pemerintah

Meski PAN bukan lagi merupakan koalisi partai oposisi, tetapi kiprah Amien Rais dianggap selalu sejalan dengan partai di luar pemerintahan.

Ihwal pencapresan ini, PKS mengapresiasi niatan Amien. Meski begitu, PKS menyarankan supaya figur muda yang lebih didorong untuk memimpin bangsa. Figur muda ini termasuk 9 capres/cawapres yang dimiliki PKS.

"Apresiasi niat mengusung Pak Amien. Usia 74 tahun tentu lebih muda dari usia Dr Mahathir Mohammad yang jadi PM usia 92 tahun. Tapi akan jauh lebih baik jika kita mulai memberikan kesempatan pada yang muda untuk memimpin bangsa," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, dikutip Detikcom.

PKS sendiri memiliki 9 nama capres/cawapres. Menurut Mardani, kesembilan nama capres/cawapres PKS termasuk ke dalam kategori calon pemimpin muda tersebut.

Gerindra menjelaskan, Amien masih memiliki hak untuk maju sebagai capres secara konstitusional. Namun apakah Gerindra siap menyorongkan Amien sebagai capres/cawapres akan dibahas seusai Pilkada Serentak 2018.

"Kalau bicara siapa pendamping Pak Prabowo, semua harus dirundingkan. Tak hanya Pak Amien, mau Bang Zul, 9 nama PKS, Mas AHY, Mas Anies, Pak Gatot, siapa pun," ujar Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade.

Di kubu partai pemerintah, manuver Amien Rais itu tetap menjadi hak politiknya. PDIP menyebut, niat Amien maju sebagai capres dilindungi konstitusi.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan nama Amien juga sudah diantisipasi PDIP jika benar-benar maju Pilpres dan berduet dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Bagus. Demokrasi kita semakin membuka banyak pilihan. Salah satu yang sudah kami antisipasi dalam simulasi Pilpres memang paslon Prabowo-Amien Rais," ujar Hendrawan.

Lain lagi tanggapan dari Partai Nasdem. NasDem menanggapi santai soal kesiapan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais maju jadi calon presiden 2019. Sekjen NasDem Johnny G Plate, menganggapnya sebagai lelucon.

"Itu semua pernyataan lucu-lucuan. Kenapa? Karena itu menambah rumitnya dan menambah bingung situasi koalisi itu sendiri. Koalisi belum terbentuk, membuat tambah rumitnya koalisi sebelah," ujar Sekjen NasDem Johnny G Plate.

Hal senada diungkapkan Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir. Kapasitas Amien, kata Inas, sangat jauh berbeda jauh dengan Mahathir Mohammad sebagai PM Malaysia. Inas menyarankan Amien mengurungkan niat nyapres. "Saran saya kepada Amien Rais agar jangan berfiksi pengen nyapres deh lebih baik berzikir aja," kata Inas.


Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...calon-presiden

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden Mudik berpotensi menggerakkan ekonomi daerah

- Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden Jelang pertemuan Kim dan Trump di Singapura

- Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden Tol termurah dan termahal di Jawa

×