alexa-tracking

Petugas China Diduga Rampas Tangkapan Nelayan Filipina di LCS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1df688d44f9f1d388b4574/petugas-china-diduga-rampas-tangkapan-nelayan-filipina-di-lcs
Petugas China Diduga Rampas Tangkapan Nelayan Filipina di LCS
Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas penjaga pantai atau coast guard China (CCG) diduga mengambil hasil tangkapan nelayan Filipina di Dangkalan Scarborough, salah satu perairan sengketa di Laut China Selatan.
Dugaan itu muncul setelah stasiun televisi GMA-7 menayangkan video telepon genggam yang menunjukkan sejumlah penjaga pantai China memasuki kapal nelayan untuk mengambil hasil tangkapan mereka.

"Mereka datang, kemudian mengambil yang mereka inginkan. Mereka masukkan ke dalam plastik. Mereka mengambil yang terbaik," ujar seorang nelayan, Ernie Egana, sebagaimana dikutip Inquirer.

Dalam video tersebut, para penjaga pantai itu juga terlihat menghampiri nelayan lainnya untuk meminta ikan. Namun, nelayan itu mengatakan bahwa mereka belum berhasil menangkap ikan.
Menanggapi video ini, juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque, mengatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan protes resmi jika peristiwa tersebut benar terjadi.
"Jika ada bukti, akan menjadi dasar untuk protes. Kami sudah meminta GMA untuk memastikan keaslian video yang saya lihat belum ada kesimpulannya. Saya tak benar-benar melihat ada perundungan," katanya.

Sementara itu, seorang ahli maritim, Jay Batongbacal, menganggap video itu sebagai salah satu bukti bahwa China mengontrol dan mengokupasi wilayah penangkapan ikan.
Senada, analis keamanan dari RAND Corporation, Lyle Morris, juga menganggap insiden tersebut sebagai "kejahatan di laut."

"Petugas CCG itu bahkan tidak memakai seragam, hanya memakai kaus hijau. Itu bukan hanya tidak profesional, tapi juga seperti penjahat di laut," ucap Morris, seperti dilansir Inquirer.

Dangkalan Scarborough sendiri adalah daerah tangkapan ikan yang terletak 142 mil laut dari Provinsi Zambales, Filipina.
Pada 2012, Pengadilan Tetap Arbitrase menetapkan bahwa dangkalan itu adalah daerah tangkapan ikan bersama untuk Filipina, China, dan nelayan lainnya meski masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Manila.

Namun, China mengambil alih daerah tersebut setelah bersitegang dengan Angkatan Laut Filipina pada 2012 lalu.

Nelayan Filipina dapat kembali berlayar di Dangkalan Scarborough sejak 2017 lalu, setelah hubungan Beijing dan Manila di bawah Presiden Rodrigo Duterte mulai kuat. (has)

Bagikan :

https://www.cnnindonesia.com/interna...ilipina-di-lcs
TS anti sinitic, anti cokinemoticon-DP emoticon-DP
image-url-apps
Quote:


Jgn kayak drunkard deh,setiap berita macam ini dibilang anti china lah,sinophobia lah emoticon-fuck2
KASKUS Ads
Quote:


udah cek semua trit bikinan TS blom? mayoritas thread tentang keburukan chinaemoticon-Tai emoticon-Tai
image-url-apps
bangsa serakah..taik itu
Quote:


nama laut nya laut china selatan, china berhak merebut kembali apa yg menjadi milik china, termasuk ikan yg di curi nelayan pinoyemoticon-Jempol emoticon-Toast
image-url-apps
Quote:


Duterte yg katanya keras pada bandar narkoba ,di kasus LCS mau bikin gebrakan apa dia?
itu kan wilayah laut natuna utara. harusnya nelayan natuna ikut tangkap ikan disana

cungkok mana berani sama indo, mongol aja ditampol apalagi cuma cungkok emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


Lalu kenapa ?

Bebas aja lah disini mau posting berita apaan,selama gak menyalahi rules
Mending situ bantuin si ahyan bikin berita2 bagus ttg china
image-url-apps
Quote:


Kenyataannya kita pernah udah nangkep kapal nelayan China, tapi dilepaskan karena ada 2 kapal perang China ikut masuk ke perairan Indonesia buat nyelametin kapal ikan China

Intinya tuh negara emang Sickmen of Asia

9 Dash Line? WTF emoticon-fuck
Quote:


oh yg itu, mereka berani masuk krn tahu yg nangkep kapal punya KKP bukan KRI punya AL.
makanya habis kejadian itu patroli KRI di natuna jadi lebih ditangkatkan, hasilnya ada kapal nelayan cungkok kena ciduk KRI TNI AL dan cuma bisa ditontonin sama kapal CG cungkok dari jauh

emang bener" sickmen of asia, beraninya sama kapal sipil, didatengin TNI AL ga berani emoticon-fuck2
image-url-apps
Quote:


bukan. itu bukan Laut Cina Selatan, itu Laut Natuna Utara. Berarti itu adalah hak milik bangsa Indonesia, nelayan Indonesia berhak ikut mancing di sana.
image-url-apps
DIDUGA ???? trus jadi bahan coli...
image-url-apps
Klo china yg satu ini (bkn yg diindo) emang rusuh banget mainnya, gak ama india, jepang, vietnam semua dia resekin . emoticon-Marah
×