alexa-tracking

Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1de01f54c07a3a178b4568/stadion-papua-bangkit-untuk-pon-xx-roboh-1-pekerja-tewas-proyek-zaman-jokowi
Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)


Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas, 3 Luka-Luka
Minggu, 10 Juni 2018 - 17:00 WIB

Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)
Salah seorang korban selamat ambruknya proyek Stadion Papua dirawat di RS Dian Harapan Waena Papua. (Foto: iNews.id/Chan Andrew Suripatty

JAYAPURA, iNews.id - Stadion Papua Bangkit yang sedang dibangun di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua tiba-tiba roboh. Akibat kejadian itu, satu pekerja tewas dan tiga lainnya luka-luka akibat tertimpa reruntuhan material bangunan stadion tersebut. 

Belum diketahui pasti penyebab ambruknya bangunan stadion itu, namun dugaan sementara karena tiang pancang kolom tidak mampu menahan beban hingga menyebabkan ambruk.

Korban tewas diketahui bernama nama Sudi (30), warga Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Sedangkan korban luka masing-masing, Ahmat Efendi (42) warga Kabupaten Pasuruan Jawa Timur; Prio Septiawan (26) warga Dusun Krajan Ampel huluan Kabupaten Jember Jawa Timur, dan Ulil Absor (29) warga Tambakrejo Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Mereka kini masih dirawat di Rumah Sakit Dian Harapan Waena. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Kamal menjelaskan, kejadian robohnya tiang pancang kolom Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan sebagai lokasi utama PON XX mendatang terjadi pada hari Sabtu (9/6/2018), sekitar pukul 22.30 WIT. Kejadian itu mengakibatkan satu orang pekerja meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka.

Menurut Kamal, kejadian ini berawal saat para pekerja dari PT PP sedang mengecor tiang kolom stadion pada Sabtu malam. "Dikarenakan tiang penyangga atau penopang bangunan tidak kuat kemudian roboh dan mengakibatkan satu orang pekerja meninggal dunia dan tiga orang pekerja lainnya luka-luka,” kata Kamal, Minggu (10/6/2018). 

Mendapat informasi adanya kejadian tersebut, aparat Polsek Sentani Timur langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengolah TKP. "Kasus kecelakaan kerja tersebut, sementara dalam penanganan aparat Polres Jayapura,” ujar Kamal.

https://www.inews.id/daerah/papua/14...as-3-luka-luka

Kecelakaan Kerja di Stadion Papua Bangkit, Ini Pernyataan PT. PP
MINGGU, 10 JUN 2018 22:14 

Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)
PT PP saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Minggu (10/06/2018).

Jayapura,- Satu pekerja meninggal dan tiga pekerja lainnya luka-luka atas insiden kecelakaan kerja di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/6/2018) malam.
PT.PP angkat bicara terkait insiden tersebut yang sempat viral di media sosial (medsos) bahwa lima orang meninggal dunia.

Project Manajer PT. PP Wijaksono, mengatakan pekerjaan Pembangunan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Menurutnya kejadian tersebut murni merupakan musibah yang dialami dan tidak disengaja, dimana saat sedang berlangsungnya proses pengecoran, tiang penyangga balok tidak mampu menahan beban, membuat tiang
tersebut patah dan runtuh.

“Hal ini sudah ditangani Polres dan sudah berjalan penyelidikan serta olah TKP (Tempat Kejadian Perkara), jadi kejadian ini terjadi Sabtu malam saat proses pengecoran balok.

Menurutnya, secara prosedural kita sudah jalankan mulai dari pemasangan penyangga dan lainnya. Jadi bukan kolom tapi penyangga balok,” jelasnya saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Minggu (10/06/2018).

Selain itu pihaknya membantah adanya berita yang viral di media sosial, akibat kejadian itu lima korban meninggal dunia da pembangunan stadion runtuh.

“Proses pengecoran bagian lain sudah berjalan baik dan itu bagian terakhir, namun ada musibah sehingga pekerja kami terjatuh. Jadi memang satu korban meninggal dunia dan tiga pekerja lainnya sudah pulang dari rumah sakit,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengaku para korban sudah diberikan jaminan kesehatan. “Korban dari kejadian sudah ditangani dan sudah pulangkan ke keluarga, begitu juga santunan sudah diberikan. Dari pihak keluarga sudah menerima dengan ikhlas, kami juga lakukan pengantaran jenazah sampai ke daerahnya,”katanya.

Kendati adanya kejadian tersebut, PT.PP selaku project pembangunan stadion tetap berjalan sesuai dengan target stadion akan rampung pada 28 Desember 2018 tahun ini.

“Pekerjaan tetap berjalan kedepan, karena bagaimanapun ini harus selesai sampai akhir Desember. Kami sadari secara prosedur sudah penuhi, K3 juga tidak ada masalah semua pekerja pakai pengaman diri

dan memenuhi standar, namun namanya musibah mungkin ini kami tidak inginkan tapi bisa terjadi,” harapnya.

Diharapkan kedepan insiden kecelakaan tersebut tidak lagi terjadi, sehingga pembangunan tetap berjalan dengan dukungan juga kerjasama insan pers, agar tidak terjadi hambatan dan tetap fokus bersama menyelesaikan stadion tepat waktu.

“Kami harap tidak ada pemberitaan yang berbeda dan simpang siur. Seperti itu adalah fakta yang terjadi. Karena ini progres pembangunan dilapangan hampir 60 persen dan kita masih terus bekerja keras untuk mengejar waktu. Tentunya dengan doa semua pihak pekerjaan ini akan selesai tepat waktu,” harapnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo meminta pimpinan proyek pembangunan stadion Papua Bangkit, melakukan evaluasi, pasca runtuhnya tiang penyangga yang mengakibatkan satu pekerja tewas dan tiga orang lainnya luka-luka.

"Harus ada evaluasi dari pimpinan proyek," kata Soedarmo kepada wartawan usai meresmikan gedung aula GKI Petra, di Jayapura, Minggu (10/6/2018).

Dengan kasus ini, Soedarmo meminta pihak-pihak terkait harus melakukan pengecekan lebih jauh apakah ini murni kecelakaan yang diakibatkan dari keteledorang pekerja, atau ada hal yang lain.

"Tentunya ini menjadi tanggung jawab penuh pimpinan proyek. Saya harap kecelakaan seperti ini kedepan tidak terjadi lagi," ujarnya.

Sebelumnya dalam rilis Polda Papua kepada pers, membenarkan runtuhnya tiang penyangga Stadion Papua Bangkit.

Dimana, sabtu tanggal 09 Juni 2018 Pukul 22.30 WIT, bertempat di lokasi pembangunan Stadion Papua bangkit Kampung Harapan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, telah terjadi kasus Laka Kerja yang mengakibatkan 1 (satu) orang meninggal dunia (MD) dan 3 (tiga) orang luka-luka.

Runtuhnya tiang penyangga stadion ini berawal saat para pekerja di lokasi pembangunan melakukan pengecoran tiang kolom Stadion Papua bangkit. Karena tiang penyangga atau penopang bangunan tidak kuat, tiang kemudian rubuh dan mengakibatkan korban jiwa dan terluka.

"Korban meninggal dunia atas nama Sudi langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua. Sedangkan tiga korban luka yang bernama Ahmat Efendi, Prio Septiawan dan Ulil Absor di bawa ke Rumah Sakit Dian Harapan Waena untuk mendapatkan perawatan medis. Kasus kecelakaan kerja tersebut, sementara dalam penanganan aparat Polres Jayapura.

https://www.pasificpos.com/item/2649...rnyataan-pt-pp

Tiang Penyangga Stadion Papua Bangkit Roboh, 1 Pekerja Tewas
 MINGGU, 10 JUNI 2018 , 21:16:00 WIB 


Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)

RMOL. Pekerja asal Pasuruan tewas tertimpa reruntuhan penyangga atap stadion di lokasi pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Jenazah Sudi, 30 tahun, langsung dievakuasi ke rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan otopsi. Sementara 3 pekerja lainnya yang mengalami luka ringan, menjalani perawatan di Rumah Sakit Dian Harapan Waena.

"Kasus laka kerja di lokasi pembangunan stadion Papua Bangkit mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan tiga orang luka-luka," kata Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz, melalui pesan elektronik kepada RMOL Papua, Minggu (10/6). 

Dijelaskan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (9/6) sekira Pukul 22.30 Wit, saat para pekerja dari PT. PP melakukan pengecoran tiang kolom stadion. Dikarenakan tiang penyangga bangunan tidak kuat, bangunan di atasnya pun roboh.

Aparat Polsek Sentani Timur langsung mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP.

Adapun tiga korban luka atas nama Ahmat Efendi, Ulil Absor dan Prio Septiawan. Masing-masing berasal dari Pasuruan, dan Jember.

"Kasus ini sementara dalam penanganan aparat Polres Jayapura," tukas AKBP Suryadi

http://nusantara.rmol.co/read/2018/06/10/343588/Tiang-Penyangga-Stadion-Papua-Bangkit-Roboh,-1-Pekerja-Tewas-

Target 2018 rampung, Stadion Papua Bangkit jadi terbesar kedua setelah GBK
Kamis, 23 November 2017 11:04



Stadion Papua Bangkit untuk PON XX Roboh, 1 Pekerja Tewas (Proyek Zaman Jokowi)
Stadion Papua Bangkit. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Provinsi Papua bakal mempunyai stadion terbesar kedua setelah Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Stadion tersebut diberi nama Stadion Papua Bangkit.

Project Manager PT PP (Persero) Dwi Aji Wicaksono mengatakan pembangunan sudah dimulai sejak akhir 2016 dan ditargetkan rampung pada 2018. Saat ini proses pembangunan mencapai 29 persen.

"Progres sudah 29 persen, kita lebih cepat dari rencana. Jadi rencana hanya sekitar 20 persen," ujar Dwi di Jayapura, Papua, Kamis (23/11).


Dwi menambahkan stadion dibangun di atas lahan seluas 13,7 hektare dan mempunyai nilai kontrak proyek sebesar Rp 1,3 triliun.


"Luas stadion utama 71.697 meter persegi. Kompleks stadion ini dilengkapi lapangan latihan seluas 13.000 meter persegi dan bangunan utility seluas 450 meter persegi," jelas Dwi.


Untuk kapasitas penonton sendiri, Stadion Papua Bangkit yang berlokasi di Nolokla, Sentani, Jayapura ini mampu menampung sekitar 40.000 penonton.


"Jadi memang ini stadion terbesar kedua setelah GBK. Kalau GBK kan kapasitas penontonnya 80.000," tuturnya.
Stadion ini juga dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, Papua menjadi tuan rumah pada pesta olahraga terbesar di Indonesia.


"Target selesai di Desember 2018. Ini disiapkan untuk PON 2020, jadi memang penyelenggaraan PON di 2020 tapi di Desember 2018 harus selesai, sesuai kontrak," tandasnya

https://www.merdeka.com/peristiwa/ta...telah-gbk.html

------------------------

Dikebut sebelum tiba 2019, sih!

emoticon-Sorry
ini karena material mereka yg kualiti rendah

atau keburu2 jd serampangan casting nya?
Syukurlah..cuma 1 yg tewas..dan engga rubuh semua juga.. emoticon-Big Grin

Namanya musibah, siapa yg tau.

Sampah
kecelakaan kerja siapa yg tw gan....
Salah jokuwi neh emoticon-Blue Guy Bata (L)
Alon-alon wae seng penting klakon, sak madyo wae.
kalau ada kecelakaan salah jokowi
kalau proyek dah jadi bilangnya pake duit rakyat
emoticon-Wakaka

Uang rakyat kok dihambur hamburin ke proyek yang ga penting, uda gitu roboh pula
Susah bre, mau digoreng gmanapun indonesia timur udah dipegang jokowi emoticon-Big Grin
Turut berdukacita untuk korban.
Dan mirisnya, hal ginian akan dilupakan nanti setelah si Petruk cekrek upload.
Ditunggu 2019 ya! Jangan lupa pose nya yg paling dramatis.
Salah Jokowi lagi emoticon-Blue Guy Bata (L)
nasbung silahkan coli yg rapi..
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kirang sajen babi masak bakar batu brow
Kok gini2 amat yah. Ini sbenarnya bukan kerja kerja kerja, tapi ceroboh ceroboh ceroboh.
Semoga segera sembuh kembali para korban.
emoticon-Turut Berduka
goreng terus bre emoticon-Cool
mumpung tahun politik
Salah Jokowi!!!

Coba PON nya ditiadakan pasti tidak akan ada korban!!

Coba jalan tol nya tidak dibangun, pasti tidak akan ada kecelakaan lalulintas!!!

Coba duit negara nya dibagi bagi, pasti tidak akan ada yang teriak2 #2019gantipresiden
Quote:


emoticon-Wakaka nasbung dongo mana paham beginian
Pokoknya ini salah struktural, salah kontraktor, salah wowo, pks, gerandong, beye, 32+10 tahun yang sia2.

Kalau ada tol yang dibikin dari dulu setengah jadi: Ini tol joko, selain pendukung joko dilarang masukkk
Kecelakaan kerja
Turut berduka cita

emoticon-Turut Berduka