alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tol termurah dan termahal di Jawa
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ddfa698e31ba5418b4583/tol-termurah-dan-termahal-di-jawa

Tol termurah dan termahal di Jawa

Tol termurah dan termahal di Jawa
Tarif termahal adalah Suramadu, penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura sepanjang 5.4 km.
Tentang perjalanan mudik via jalan tol -- kadang cuma disingkat menjadi tol -- Anda yang mudik sudah membuktikan. Dengan catatan: sesuai waktu melintas dan lokasi. Kesimpulan sementara: relatif lancar. Lalu manakah jalan tol yang tarifnya termurah, jika dihitung per kilometer?

Mungkin Anda mengira jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Maklumlah, jalan tol pertama ini resmi beroperasi 40 tahun silam, pada 1978. Jasa Marga, pengelolanya, sudah balik modal.

Padahal dalam catatan Lokadata Beritagar.id, rerata tarif paling cekak adalah jalan tol di Semarang, Jawa Tengah, ruas Jatingaleh-Srondol: Rp101/km. Tarif sekian itu, untuk kendaraan golongan satu, menempuh jalan sepanjang 24,7 km. Golongan satu itu sedan dan mobil penumpang.

Sedangkan rerata tarif tol Jagorawi, untuk golongan satu, adalah Rp130/km. Panjang jalan tol 50 km. Rp29 lebih mahal daripada Jatingaleh-Srondol.

Lalu tarif termahal adalah jalan tol Surabaya-Madura (Suramadu) di Jawa Timur. Panjang jalan yang mengangkangi laut itu 5,4 km, dengan rerata tarif Rp2.778/km.

Kalau peringkat kedua di bawah rerata tarif Suramadu, untuk golongan satu, adalah ruas Cipinang-Jakasampurna, dari Jakarta Timur ke Bekasi (Jawa Barat): Rp1.667/km. Panjang ruas jalan kelolaan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga itu 8,4 km. Ruas itu adalah bagian dari jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Kemudian peringkat ketiga dijaga oleh ruas Rorotan-Kebon Bawang di Jakarta Utara: Rp1.316/km. Panjang jalan kelolaan Satker Tanjung Priok itu 11,4 km, beroperasi tahun lalu. Nama lengkap pengelolanya panjang: Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Tanjung Priok.

Adapun nomor empat rerata termahal jalan tol Cimanggis-Cisalak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat: Rp1.286/km. Panjang jalan tol kelolaan PT. Trans Lingkar Kita Jaya itu 3,5 km. Ruas termaksud adalah bagian dari jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang beroperasi tahun lalu.

Untuk tarif setiap ruas jalan tol, bukan rerata rupiah per kilometer, sila lihat infografik.
Tol termurah dan termahal di Jawa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rmahal-di-jawa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tol termurah dan termahal di Jawa Kekuatan militer Indonesia masih nomor satu di Asia Tenggara

- Tol termurah dan termahal di Jawa Puncak mudik kondusif, nyaris sejuta orang keluar Jakarta

- Tol termurah dan termahal di Jawa Libur Lebaran Jakarta-Tangerang bebas ganjil genap

Halaman 1 dari 7
jauh dekat sama saja
harganya berbeda beda ternyata. ane kira sama aja soalnya belum pernah bawa mobil sendiri lewat tol
emoticon-Hammer
Diubah oleh gimmefive
wah semoga cepat balik modal
Tol jagorawi sebaiknya digratiskan saja.

Kan yang punya jalan tol sudah balik modal. emoticon-Big Grin
Investasi mahal jadi wajar juga tarifnya. Jika tidak ingin lewat tol sekarang jalur pansela dan jalur tengah jga bisa di gunakan
Quote:


Kan perlu duit buat maintenis juga bos, emang mau nanti jalannya kalau ada lubang-lubang atau lampu penerangan jalannya ada yang mati gak ada yang ngurus ? emoticon-Big Grin
Tol termurah dan termahal di Jawa


NYUSU DULU SEBELUM MUDIK BIAR STAMINA TETAP PRIMA
ane cuma bikers jadi gabisa lewat tol emoticon-Matabelo
tol tol. .. ikan kon...... emoticon-Ngakak
Quote:


tongkol gan emoticon-Embarrassment
pinter.. ente dapet sepeda gan emoticon-Cool
ane inget2 deh kalau ke jawa
becakayu sepi tuh abisnye mehong njir cuman berapa kilo aja emoticon-Ngakak
Itu apaan maksud suramadu termahal

jadi begitu ya
Ga ngrasain tarif juga ana gan..
Ana motoran wae
bayar tol kaya byar kencing ,2500
bikin tol dgn cara berhutang, makanya mahal biar cepet bayar hutang + bunga nya
GEMBOKED sekalian
Tol Becakayu tuh .. Bentaran doang 14/15 rb gitu emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di