alexa-tracking

Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ddc5d5c779878198b4570/membeludak-pemudik-harap-ruang-tunggu-stasiun-senen-ditambah
Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah
Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah

Jakarta, IDN Times - Ribuan pemudik membanjiri Stasiun Pasar Senen, Minggu (10/6). Jumlah pemudik kian bertambah saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. 


1. Mandi keringat duduk seadanya
Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah
Pantauan IDN Times, para pemudik tumpah ruah di trotoar, di depan toko, di musala, hingga di depan pintu masuk peron. Mereka duduk menggerombol sembari menunggu panggilan keberangkatan kereta dari petugas.

Salah satu pemudik, Vian, mengaku sudah biasa 'mandi keringat' di antara pemudik lain. Pria berusia 25 tahun tersebut rela duduk berjam-jam demi bertemu keluarga di kampung halaman, Yogyakarta.

"Gak papa, sudah biasa. Aku berangkat lebih awal biar gak ketinggalan kereta. Tahun lalu aku hampir ketinggalan gara-gara desak-desakan antre masuk. Lihat aja nih, manusianya banyak begini," ungkap Vian saat ditemui IDN Times.

Baca juga: Antrean Pemudik di Tol Cipali Arah Palimanan Mengular Akbat Kecelakaan

Dia pun berharap, pemerintah dapat menambah fasilitas ruang tunggu agar calon penumpang tidak tercecer di semua tempat. Vian juga mengaku enggan menunggu di ruang tunggu dekat pintu masuk peron. Pasalnya, ruangan tersebut terasa panas meski ber-AC.

"Ya saking banyaknya orang. Mending di luar gini aja deh, adem masih kena angin," tuturnya.


2. Gubernur DKI akan koordinasi penataan
Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memberikan tanggapan saat meninjau pemudik di Stasiun Pasar Senen.

"Tentunya bagi PT Kereta Api ini sesuatu yang rutin ya (lonjakan penumpang). Mereka itu sudah tiap tahun, mereka terbiasa mengalami siatuasi ini. Saya tahu persis mereka bisa menanganinya," ungkap Anies.

Dia pun berjanji akan berbicara dengan PT Kereta Api tentang penataan area sekitar. Dengan demikian, warga yang datang bisa parkir lebih nyaman. Kemudian menata ruang untuk perpindahan moda tranportasi agar bisa lebih leluasa.

"Ya gini, saya ingin memastikan bahwa warga bisa menggunakan kereta api dengan baik. Alhamdulillah sejauh ini jika pengembangan stasiun dan lain-lain kami percayakan pada PT KAI," ujarnya.


3. Pemprov DKI sediakan tempat parkir kendaraan
Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah
Anies menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan tempat-tempat untuk parkir kendaraan.

"Utamanya adalah motor di kelurahan, kecamatan maupun kantor wali kota yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Ada 44 kecamatan, 267 kantor kelurahan yang semua bisa dipakai," kata Anies.

Menurut Anies, fasilitas parkir Pemprov DKI dapat membantu warga yang pulang dengan menggunakan angkutan massal, tidak bisa membawa motornya lalu kesulitan untuk memarkir selama mereka mudik.

"Ya kami siap. Pasti aman-lah, kan ada penjaganya," tandasnya.

Berdasarkan data dari Humas PT KAI, jumlah pemudik kian melonjak mendekati hari lebaran.

Jumlah pemudik pada hari Minggu tercatat 25.485 penumpang, sementara hari Sabtu tercatat 25.282 penumpang.

Sebanyak 8 kereta tambahan juga disediakan untuk penumpang. Di antaranya adalah Sawunggalih Lebaran, Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, Matamarja Lebaran, Tawangjaya Lebaran, Mataram Premium, Kutojaya Utara Lebaran, dan Fajar Utama Cirebon.

Baca juga: 7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah 5 Artis Ini Akan Rayain Lebaran di Luar Negeri, Ada yang ke Tanah Suci

- Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah Setelah Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Semangat Bekerja

- Membeludak, Pemudik Harap Ruang Tunggu Stasiun Senen Ditambah 5 Wisata Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran

×