alexa-tracking

Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1dd9869e7404c2588b4583/miring-50-derajat-kemenpupr-pastikan-jalan-kali-kenteng-aman
Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman
Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman

Jakarta, IDN Times – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) memastikan kondisi jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng aman dilalui meski sempat beredar kabar jalan ini memiliki kemiringan 50 derajat.

Dari hasil pemantauan petugas hingga Sabtu (9/6) dari pukul 06.00 sampai 16.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintasi Kali Kenteng tercatat sebanyak 5.604 kendaraan dengan kondisi lintasan terpadat pada pukul 15.00 WIB sebanyak 1.105 kendaraan.

Adapun hari ini, Minggu, 10 Juni 2018 atau H-5 jelang Lebaran, pantauan di lapangan dari pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, tercatat sebanyak 2.068 kendaraan yang melintasi jalan sementara di Kali Kenteng.


1. Salah satu titik kritis dan konsentrasi kepadatan kendaraan
Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman
Melalui keterangan persnya, KemenPUPR mengimbau masyarakat berhati-hati di jalan ini di mana terjadi konsentrasi kepadatan kendaraan yang melintas.

Baca juga: FOTO-FOTO: Suasana Mudik 2018  

“Para pemudik diharapkan tetap berhati-hati pada beberapa titik kritis, salahsatunya pada Jembatan Kali Kenteng, bagian dari ruas tol Salatiga-Kartasura. Jembatan ini belum dapat dilalui dalam masa Mudik Lebaran 2018 ini karena pembangunannya belum selesai dengan progres fisik saat ini berkisar 65 persen,” tulis KemenPUPR dalam keterangannya kepada media.


2. Ada jalan sementara di bawah jembatan untuk 1 kendaraan
Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman
Agar tetap dapat dilewati pemudik, telah dibangun dan disiapkan jalan sementara sepanjang 500 meter yang berada di sisi-bawah jembatan. Jalan ini memiliki lebar 8 hingga 10 meter dengan kondisi lean concrete (alas beton) setebal 10 cm. 

Perlu dicatat, jalan sementara ini hanya dapat dilalui untuk 1 lajur kendaraan. Kendaraan harus mengalami antrean rata-rata 30 menit akibat penyempitan dari 2 lajur menjadi 1 lajur. Kendaraan melintas perlahan satu-per-satu dengan kecepatan sekitar 20 km per jam.  

Rute alternatif untuk menghindari antrean di Kali Kenteng adalah dengan keluar ruas tol pada pintu Tingkir, kemudian melalui jalan nasional Salatiga-Boyolali hingga Solo. 


3. Tingkat kemiringan 10 persen 
Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman
Mengenai faktor keamanan jalan tersebut, PT. Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dalam laporannya menyatakan tingkat kemiringan jalur ini adalah berkisar 10%, sehingga cukup aman untuk dilintasi. 

Selain itu pada sepanjang jalan sementara tersebut telah dilengkapi pula dengan rambu-rambu, pagar dan petugas yang mengarahkan kendaraan untuk tertib melintas satu-per-satu melalui pengeras suara. 

Baca juga: 4 Hal Paling Berkesan Buat Peserta Mudik Asik IDN Times


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman Belum Dihitung Ulang, Gudang Penyimpanan Kotak Suara Irak Terbakar

- Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman Satu Orang Tewas Akibat Penyerangan di Kereta Cepat Jepang

- Miring 50 Derajat, KemenPUPR Pastikan Jalan Kali Kenteng Aman Jelang Pertemuan dengan Trump, Kim Jong-un Telah Tiba di Singapura

×